Profil Singkatku

Halo, saya Om Baldan.

Nama lengkap saya sebenarnya Baldanur Baharuddin. Panggilan Om Baldan ini muncul dan menjadi sapaan akrab saat bergabung dalam suatu Komunitas Bisnis yaitu Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Sapaan yang sama di kalangan Internet Marketer atau Pebisnis Online.

Entah apa yang merasukinya kami bisa saling menyapa dan sangat akrab dengan panggilan “OM” itu, padahal kami-terutama saya-kan masih sangat muda banget. Iya gak? Hehe..

Iya dong, saat blog ini saya buat (April 2020), umur saya 34 Tahun 2 Bulan lho gaes. Saya lahir di sebuah kampung yang bernama Kampong Awo, Lajoa Kab. Soppeng.

Kampung saya ini berjarak sekitar 165km dari Pusat Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan dapat ditempuh selama 4 Jam perjalanan darat. Biasanya sih cuma 3,5 jam kalau agak kenceng. Ckckck

Saya lahir dan menikmati masa kecil, dari TK hingga tamat Sekolah Dasar (SD) di kampung itu. Lalu melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Orai, Kabupaten Soppeng selama 6 Tahun.

Bayangin sob, mondok 6 tahun itu rasanya bagaimana. Ya, dibandingkan kalau mondok di Jawa ya saya masih tergolong sebentar sih, tapi itu aja sudah bikin nyut-nyut gaes. Hahaha..

Lalu, setelah selesai mondok saya terpaksa harus melanjutkan Kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin Makassar.

profil TK om Baldan
Foto Saat TK dan SD
profil mondok kuliah om Baldan
Foto saat Mondok dan Kuliah

Lho, kok terpaksa om?

Sebenarnya, saat menjelang masa akhir di pondok, saya kepengen banget melanjutkan pendidikan di Al Azhar Kairo Mesir. Meski gak saya terlalu cerdas sih, tapi saat itu saya yakin banget bisa sukses kuliah di sana.

Namun apa daya, kala itu Ibu saya (Almh) tidak merestui. Beliau punya Impian sendiri ingin melihat saya Sukses jadi PNS, sebagaimana dirinya dan Bapak saya. Sebagai seorang anak, saya wajib menurutinya (titik).

Gimana perasaan kamu kalau di posisi saya sob?

Ya, Meskipun kemudian pada akhirnya saya beneran jadi PNS, Pencari Nafkah Serabutan atau katanya Pegawai Non Subsidi. Ya, jujur saja sih saya memang lebih memilih jadi Marketing (Makelar Everything) ketimbang menjadi pegawai atau karyawan sob.

Bukan berarti menjadi pegawai itu adalah Nista lo ya, cuma terus terang aja itu bukan gue bangeeet… hahaha

Nah, setahun setelah tamat kuliah, saya memutuskan untuk Menikah dan saat tulisan ini terbit, usia pernikahan kami menjelang 10 Tahun. Saya sudah dikaruniai 3 orang anak dan seorang Istri. Pengen nambah, tapi istri belum beri lampu Hijau. Haha…

profil sekarang om baldan
Foto setelah menikah hingga sekarang

Tentang Pribadi sudah cukup ya…
Selanjutnya sekilas tentang kerjaan..

Saya memulai menghasilkan uang sejak masih kuliah dengan berjualan Pulsa dan Aksesoris HP. Lalu kemudian setelah menikah saya berbisnis MLM. Lagi-lagi PNS alias Pekerja Network Sejati.

Memaksimalkan hasil jeri payah di MLM, saya menginvestasikannya ke Usaha Café. Namun karena sesuatu dan lain hal, usaha tersebut harus tutup dan menimbulkan masalah-masalah baru yang lebih besar.

Dalam waktu bersamaan, saya juga menjadi korban penipuan bisnis oleh kawan sendiri sehingga saya harus kehilangan duit 400jt dan kehilangan Aset. Beberapa Properti dan sekaligus Bisnis yang ada di dalamnya. Akhirnya Minus…., pusing, syediih.

aset ombaldan
Penampakan Aset yang Harus Direlakan Pergi

Berangkat dari kondisi yang terpuruk itu, tentunya untuk bangkit kembali dibutuhkan tenaga dan pikiran ekstra. Satu-satunya yang paling mudah saya bisa mulai saat itu adalah dengan jualan online.

Maka sejak saat itu pula saya Full bekerja secara Online. Mulai dari menghasilkan uang dari PTC, Paid Survey, Affiliate Contest, Online Shop, Digital Product Creator, Blog Monetizing, dan lain sebagainya. Hingga hari ini saya masih tetap Full Online.

Ya, cukup itu aja ya sekilas mengenai diri saya. Akan lebih akrab dan lebih indah jika kita bisa bersilaturrahmi di dunia nyata. Ngopi bareng sambil bercerita tentang Cinta.

Salam Cinta,

Om Baldan