4 Perbedaan Web Page dan Web Site, Kamu Wajib Tahu

Walaupun internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian kita, ternyata masih ada orang yang salah menyebut dan mengartikan sebuah ungkapan. Misalnya saja soal apa itu perbedaan web page dan web site. Banyak anggapan bahwa keduanya sama saja baik pengertian ataupun fungsinya.

Seringkali masyarakat awam menyebut website, padahal yang dimaksud adalah web page. Kerancuan ini sudah mengakar dan perlu diluruskan apabila kita hendak menjadi masyarakat digital seutuhnya.

Jadi, mari simak pembahasan berikut yang akan mengupas soal pengertian keduanya serta perbedaannya. Baca sampai habis, ya.

Apa Itu Website

apa itu website

Perumpamaan yang paling mudah untuk situs web atau website adalah sebuah buku. Dalam bentuk digital, buku akan hadir dalam tampilan halaman-halaman yang berisi konten-konten berbeda. Setiap kali orang melakukan klik pada sebuah judul berita, artikel, gambar, video, bahkan iklan, inilah yang disebut halaman.

Layaknya buku, tentu ada bab juga, dan pengguna internet bisa menemuinya pada bagian samping atau atas layar. Umumnya website mengelompokkan kontennya ke dalam berbagai menu tergantung dari jenis web nya.

Misalnya pada situs berita, akan ada menu politik, hukum, internasional, nasional, dan lain sebagainya.

Di dunia maya, website ditautkan ke sebuah alamat atau yang biasa disebut dengan domain. Contohnya adalah www.facebook.com, bagi pengguna yang ingin membuka buku berjudul Facebook harus masuk dulu ke alamat ini. Setelah di dalam, barulah bisa berselancar melihat halaman-halaman yang ada di sana.

Pengertian secara teknis yaitu website merupakan kumpulan dari URL-URL yang saling bertautan pada alamat utama. Pencarian menggunakan kata kunci di mesin pencari bisa membawa orang langsung ke URL ini namun sebenarnya tetap akan terhubung pada situs web itu sendiri.

Apa Itu Webpage

apa itu web page

Pahami dulu apa itu halaman website sebelum lebih jauh membahas perbedaan web page dan web site. Diatas sudah diulas mengenai pengertian serta analogi mudah situs web. Sekarang saatnya memahami apa itu web page.

Web page merupakan bagian dari website yang diibaratkan sebuah buku dan halaman-halamannya. Saat orang membuka sebuah situs dari alamat www.detik.com misalnya, sebenarnya orang itu sedang membuka buku. Ketika konten-konten di dalam site tadi diklik, itulah yang disebut halaman atau webpage.

Sebuah dokumen yang ditampilkan dalam bentuk online di dalam situs web adalah halaman web. Bentuknya bisa artikel/teks, video, dan juga gambar, seringkali disebut dengan konten. Karena merupakan sebuah entitas, web page memiliki URL sendiri namun tetap terhubung ke domain utama.

Kesimpulannya, web page adalah isi dari sebuah website berupa link-link konten yang ada di dalamnya. Judul-judul yang menyala ketika disorot dan bisa diklik itulah yang dinamakan halaman web.

Maka, jangan lagi salah sebut apalagi jika menuliskannya untuk sebuah referensi dalam penulisan ilmiah. Kesalahan umum adalah menuliskan link web page tapi merujuk pada website.

Perbedaan Web Page dan Web Site

inilah perbedaan web page dan web site

Setidaknya ada 4 hal yang membedakan kedua entitas ini. Masyarakat digital harus memahaminya supaya tidak terjadi bias informasi apalagi salah pengertian. Berikut ini adalah beberapa perbedaan web page dan web site:

1. Perbedaan Pengertian

Website merupakan kumpulan beberapa atau banyak halaman yang saling berkaitan (URL-URL) dan tertuju pada satu titik alamat (domain). Sedangkan web page adalah masing-masing halaman atau link konten di dalam sebuah situs website tetapi tetap terkait pada domain web.

2. Kegunaannya

Web page digunakan untuk memuat satu konten baik itu teks, gambar, suara, atau  video. Singkatnya, hanya ada satu entitas di dalam sebuah halaman web. Sedangkan website difungsikan untuk menampung banyak entitas atau halaman yang saling berkaitan. Ibarat buku, website memuat bab/chapter, sub bab, dan isi tiap-tiap bab itu.

3. Koneksi Domain

Sebuah web page memiliki alamat atau URL yang harus bergantung atau terkait pada domain website. Halaman web tidak bisa berdiri sendiri tanpa ditautkan pada domain ini. Sedangkan sebuah situs web tidak perlu atau tak tergantung pada alamat halaman website.

4. Lamanya Waktu Development

Perbedaan web page dan web site yang selanjutnya adalah waktu pembuatannya. Membuat atau pembangunan sebuah website jauh lebih lama daripada web page karena pengerjaannya juga rumit. Sedangkan, membuat web page tidak selama membangun situs web karena komponen penyusunnya lebih sedikit.

Apakah Web Page dan Website Bisa Dioptimalkan?

Jawabannya bisa. Walaupun pada akhirnya keduanya memerlukan penanganan yang berbeda ketika akan dioptimalkan. Tujuan dari optimasi ini adalah mendatangkan traffic serta bisa bertengger di urutan pertama mesin pencari. Selain itu tentu saja agar sebuah situs bisa dimonetisasi melalui AdSense.

Optimasi Web Page

Mengoptimalkan web page bisa dilakukan dengan beberapa cara antara lain optimasi URL lewat keyword, judul serta deskripsi halaman yang maksimal atau persuasif, memuat konten yang relevan serta berkualitas, menambahkan gambar, serta mengatur tata letak web page supaya nyaman ketika dibuka.

Rata-rata, orang hanya butuh sepersekian detik untuk memutuskan akan membaca konten di sebuah laman web. Judul yang menarik tetap akan ditinggalkan jika ternyata kontennya tidak memenuhi apa yang menjadi kebutuhan audience. Maka, kualitas konten tetap harus diutamakan.

Kemudian, walaupun optimasi web page didasarkan pada kata kunci, jangan juga membanjiri konten dengan keyword. Ada batas wajar sebaran kata kunci ini supaya halaman sebuah situs bisa dioptimasi. Umumnya persebaran keyword antara 0,5 – 1 persen dari jumlah kata yang ada.

Jangan juga memenuhinya dengan iklan karena akan membuat pembaca ogah membaca hingga tuntas. Boleh saja monetisasi web page namun terlalu banyak AdSense apalagi di tempat-tempat yang tidak strategis justru membuat waktu berkunjung jadi berkurang.

Optimasi Website

Mengoptimasi situs web tentu berbeda ketika menangani halaman web. Beberapa hal yang harus dilakukan ketika ingin mengoptimalkan website adalah load time yang cepat, memaksimalkan user experience, menggunakan keyword, gambar, serta konten yang berkualitas dan relevan pada tiap-tiap page.

Load time sangat penting bagi audiens ketika membuka sebuah situs. Jika untuk masuk ke home page saja lama, bagaimana membuka halaman-halaman disana. Sudah pasti website ini akan ditinggalkan dan traffic dipastikan menurun.

Supaya bisa mempercepat loading, usahakan membatasi jumlah posting pada tiap halaman. Kemudian juga jangan menginstal plugin terlalu banyak. Iklan, seberapapun menguntungkannya bisa melambatkan load time, jadi pertimbangkan berapa jumlah iklan yang ada di website.

Sedangkan untuk user experience sangat berkaitan dengan bagaimana website bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Apakah informasi-informasi yang ada didalamnya berguna bagi audience. Kemudian tentang bagaimana kemudahan pembaca mengakses web, mengunduh file, juga pengalaman berbagi apa yang mereka dapat setelah membaca website.

Baca Juga:

Itulah tadi penjelasan mengenai perbedaan web page dan web site yang sedikitnya bisa dibedakan berdasarkan 4 hal. Yaitu, berdasar pengertiannya, kegunaannya, koneksi domainnya, dan juga waktu pembuatan. Optimasinya pun berbeda sehingga bagi yang sudah memiliki website, hendaknya mengaplikasikan apa yang dijabarkan di atas.

Mau Belajar Bikin Website Sendiri dan Menghasilkan Uang dari Website Kamu? Sangat Cocok untuk Pemula yang Tidak paham pemrograman dan tidak punya background IT.

KLIK DI SINI UNTUK JOIN

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here