Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku pebisnis tentu bisa memanfaatkan potensi ini untuk mengembangkan bisnis. Lalu apa pentingnya website untuk bisnis Kamu?

Sebelum membahasnya, penting kita pahami bahwa sadar atau tidak sadar bila kita melihat data, sekarang ini pasar generasi x, y serta z yang begitu luas merupakan pangsa pasar online terbesar saat ini, ditambah lagi perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju.

Internet ialah teknologi yang perkembangannya sangat pesat saat ini. Orang yang mulai dari mereka yang tinggal di kota besar hingga pedesaan-pun gampang sekali mengakses internet.

Dengan tersedianya media online yang dapat diakses semua orang, maka setiap unit usaha mulai dari Usaha kecil, menengah ataupun besar sudah sangat perlu untuk membuat website yang berisikan di dalamnya tentang profil perusahaan ataupun menawarkan jasa/produknya.

Membuat website di saat ini bukan lagi persoalan yang sulit. Bila Kamu termasuk pebisnis yang masih berskala kecil, kamu bisa memanfaatkan web builder yang easy drag & drop editing yang bisa membantu kamu membuatnya.

Kamu bisa membaca Tutorial dari saya sebelumnya tentang cara membuat website perusahaan jika masih bingung memulainya.

Sebaliknya buat perusahaan besar, Kamu bisa merekrut tim website developer untuk membangun, mengelola hinggan melakukan maintenance terhadap website perusahaan kamu.

9 Alasan Pentingnya Website untuk Bisnis

Menurut saya, terdapat 9 alasan pentingnya website untuk bisnis, baik bisnis perseorangan hingga perusahaan, ataupun bahkan lembaga yang lain seperti organisasi, sekolah, yayasan, pesantren, lembaga pemerintah dan lain sebagainya, yaitu:

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Pentingnya Website untuk Bisnis

Saat ini, semakin banyak orang mengakses internet buat mencari data terkait produk serta jasa. Bila kamu atau bisnis kamu tidak mempunyai website, maka calon konsumen ataupun konsumen sangat memungkinkan pindah ke lain hati, alias lari ke kompetitor Kamu.

Sebaliknya, apabila kamu mempunyai website sendiri kemudian menatanya dengan baik dan mengelolanya dengan profesional untuk menjual produk ataupun jasa kamu, maka bisnis Kamu nampak akan lebih baik di mata calon konsumen ketimbang ke kompetitor kamu yang belum memiliki website.

2. Senantiasa Terhubung dengan Pelanggan

Pentingnya Website untuk Bisnis

Dengan adanya Website, Kamu bisa membangun interaksi dengan calon pembeli dan konsumen kamu tanpa batasan waktu dan tempat. Kamu juga bisa mengoptimalkan pelayanan dengan fitur live chat 24 jam apabila Kamu mempunyai tim Customer Service khusus.

Oh iya, pastikan Website Kamu terdapat Fitur blog untuk berbagi artikel atau tips- tips yang berkaitan dengan produk/jasa yang kamu jual.

Misalnya, Kamu jualan produk Busana Muslim, Kamu dapat membuat artikel berisi tips mengenai busana muslim, tips memilih bahan, tutorial hijab, dsb.

Dengan sering membagikan artikel serta adanya layanan tanya jawab seputar produk kamu, maka pelanggan Kamu akan semakin tertarik dengan produk yang Kamu jual.

3. Menghemat Biaya

Pentingnya Website untuk Bisnis

Awalnya orang beranggapan bahwa bila membuat website profesional, ia memerlukan anggaran yang besar dan mahal.

Padahal, jika ingin berpikir dan berhitung lebih baik, ini justru anggaran yang lebih menguntungkan ketimbang dengan tidak mempunyai website sama sekali.

Coba deh kamu bandingkan dengan anggaran iklan di koran, atau mencetak Brosur. Mana yang lebih mahal?

4. Menghemat Waktu

Pentingnya Website untuk Bisnis

Tahukah Kamu, membagikan informasi kepada calon konsumen dan konsumen memerlukan waktu lama, baik lewat telepon, email, ataupun saat bertatap muka.

Setelah Kamu mempunyai website sendiri, orang jadi lebih semakin gampang mengakses informasi terkait produk ataupun jasa Kamu kapan pun dan di mana pun.

Ini akan sangat menghemat waktu Kamu.

5. Menjangkau Market Lebih Luas

Pentingnya Website untuk Bisnis

Dengan jaringan internet yang sudah dapat dijangkau oleh sasaran market, baik market lokal maupun luar negeri, maka menjangkau market yang lebih luas tidak perlu diragukan lagi.

Sekali upload materi ke website, calon konsumen dari seluruh dunia bisa mengaksesnya. Oleh-oleh khas kota Makassar atau Bali tidak cuma bisa dinikmati oleh masyarakat lokal saja, tapi bisa dibeli oleh Masyarakat dunia.

6. Katalog Produk dan Jasa

Pentingnya Website untuk Bisnis

Tidak peduli apapun kategori produk bisnis Kamu, dengan mempunyai website akan jauh mempermudah Kamu memperlihatkan karya produk atau jasa Kamu.

Kamu dapat memasukkan galeri gambar hasil kerja Kamu, produk kamu, portofolio kamu dan testimoni untuk meyakinkan calon konsumen.

Bahkan kamu bisa menampilkan perbandingan bisnis Kamu dengan para pesaing Kamu.

Bila Kamu memasarkan produk ataupun jasa di koran, tentu akan sangat terbatas ruangnya serta tidak gampang merubah informasi di dalamnya.

Sebaliknya, jika Kamu mempunyai website usaha sendiri, tentunya kamu bisa bebas menyajikan informasi apa saja berkenaan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

7. Media Promosi dan Transaksi 24 Jam

Pentingnya Website untuk Bisnis

Jika website bisnis kamu kelola dengan baik, ia akan mendatangkan pelanggan baru kapan saja dengan jumlah yang lebih banyak tanpa perlu mengganggu aktivitas kamu yang lain.

Konsumen bisa mengakses informasi apapaun di website kapan pun, baik siang maupun malam.

Dengan demikian, konsumen kamu bisa dilayani setiap saat, 24 jam 1 hari. Hal ini pula yang membuat konsumen merasakan kenyamanan dan memperoleh kemudahan serta berpotensi jadi pelanggan setia.

8. Sebagai Aset Bisnis

Pentingnya Website untuk Bisnis

Segala sesuatu yang menghasilkan merupakan ASET. Begitu pula dengan website, ini berarti nilai bisnis juga sangat berharga.

Jadi butuh adanya usaha dari owner/ pengelola bisnis buat menjaga serta mengelola sebuah website supaya tetap mendatangkan pendapatan secara berkelanjutan.

9. Sumber Revenue Baru

Pentingnya Website untuk Bisnis

Yang terakhir ini mungkin masih sangat banyak yang belum tahu, tapi sekarang kamu sudah tahu bahwa website bisnis kamu selain dapat menjadi media penjualan produk kamu secara langsung, ia juga bisa jadi sumber penghasilan tambahan.

Apalagi jika website kamu memilik fitur Blog yang bisa dimanfaatkan untuk rutin mengupdate artikel seputar Bisnis kamu.

Yes, website kamu bisa menyediakan Space Iklan juga. Kamu bisa memasang iklan dari Google yang familiar disebut Google Adsense, atau kamu bisa mengajak pihak ketiga untuk beriklan.

Kamu bisa baca artikel saya tentang Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Akhir Kata…

Jasa Pembuatan Website

Sampai di sini saya percaya kamu sudah sangat paham betapa pentingnya website untuk bisnis kamu. Tinggal kamu sebagai pelaku bisnis apakah serius ingin mengembangkan bisnis kamu di era digital ini.

Baca Juga:

Untuk memenuhi kebutuhan kamu yang mau mempunyai web, terdapat banyak perusahaan jasa pembuatan website dengan harga bersaing. Kamu bisa memakai jasa tersebut untuk membangun website bisnis kamu.

Saya sendiri memilik Usaha yang bergerak di bidang Jasa pembuatan website di Makassar yang melayani pembuatan Website Company Profile dan Toko Online. Kamu bisa cek di https://galeridigital.com

Sangat penting kamu pahami bahwa walaupun harga pembuatan website saat ini dapat dibilang cukup bersaing, akan tetapi investasi tersebut akan terasa worth.

Terlebih bagi perusahaan yang sudah cukup besar, sangat disayangkan bila tidak mempunyai website sebab manfaat besar yang diperoleh bila mempunyai website.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here