7 Layanan Payment Gateway Pendukung Bisnis Online Kamu

Payment gateway merupakan sebuah aplikasi yang membantu memudahkan pembayaran secara online. Dalam bahasa Indonesia, frasa ini merujuk pada ‘gerbang pembayaran digital’. Layanan aplikasi ini sangat dibutuhkan oleh pemilik bisnis online, seperti toko online atau layanan jasa lainnya.

Dalam praktiknya, memilih layanan aplikasi pembayaran juga tak boleh sembarangan. Sistem pembayaran online ini harus memiliki keamanan privasi yang tinggi.

Cara kerja payment gateway yang baik adalah mengenkripsi info rahasia, seperti nomor kartu debit atau kredit sehingga membuat Kamu ataupun pelanggan yakin bahwa datanya aman. Oleh karena itu, Kamu harus memilih layanan pembayaran online otomatis yang bagus.

8 Aplikasi Payment Gateway Indonesia

Di Indonesia ada beberapa pilihan aplikasi payment gateway. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya untuk diterapkan pada bisnis Kamu. Berikut tujuh pilihan aplikasi yang bisa Kamu simak.

1. Midtrans

midtrans payment gateway

Layanan gerbang pembayaran digital pertama yang bisa Kamu manfaatkan adalah Midtrans. Ini adalah contoh payment gateway lokal yang memiliki layanan yang cukup komplit. Midtrans cocok untuk pasar e-commerce di Indonesia.

Midtrans terkoneksi dengan berbagai sistem pembayaran, seperti transfer bank, kartu kredit, e-wallet, pulsa, hingga melalui indomaret. Ada lebih dari 20 metode pembayaran yang dilayani oleh Midtrans.

Gerbang pembayaran online ini pun sudah mempunyai sekitar 3.000 merchant online di seluruh Indonesia.

Midtrans memang menyasar pebisnis online untuk mempermudah proses pembayaran online. Jika Kamu menggunakan Midtrans, proses registrasi dan pengelolaannya bisa dibilang  mudah. Midtrans memang cocok untuk e-commerce yang mengedepankan sisi kesederhanaan dan kenyamanan.

2. DOKU

doku wallet

Layanan payment gateway kedua yang juga banyak digunakan oleh pebisnis online adalah DOKU. DOKU sudah didirikan sejak tahun 2007. Sampai saat ini, sudah ada sekitar 17.000 merchant online yang menggunakan DOKU sebagai gerbang pembayaran.

Jika dibandingkan dengan Midtrans, DOKU memang lebih berpengalaman. Sistem pembayaran digital ini sudah memiliki pengalaman lebih dari 13 tahun. DOKU juga sudah mempunyai lisensi resmi dari Bank Indonesia. Lebih dari itu, layanan DOKU pun sudah mengantongi sertifikat internasional.

Sistem DOKU sudah terkoneksi dengan 20 bank besar yang ada di Indonesia. Selain transfer bank, metode pembayaran yang dilayani adalah melalui e-wallet, kartu kredit, dan pembayaran secara offline melalui ritel modern.

Dari sisi keamanan, sistem DOKU sudah didukung dengan mesin risiko yang berbasis AI sehingga bisa mengantisipasi segala macam ancaman cybercrime. Kamu bisa mengunduh aplikasi DOKU di iOS ataupun android.

3. Firstpay

firstpay payment gateway

Kemudian, ada pula layanan gerbang pembayaran digital yang dikembangkan oleh PT Indobest Artha Kreasi. Layanan tersebut disebut dengan Firstpay.

Firstpay merupakan layanan pembayaran digital yang terotorisasi secara real time dan cepat. Layanan ini bisa membantu pemilik toko online serta pembeli agar proses pembayarannya lebih mudah, cepat, dan tentu saja aman. Dengan sistem one-stop payment, layanan Firstpay cukup unggul.

Layanan Firstpay mencakup metode transfer bank, kartu kredit, ritel modern, e-money, hingga payment code. Pembeli pun bisa menyesuaikan metode pembayaran dengan kebutuhan mereka.

Satu lagi keuntungan menggunakan Firstpay adalah tidak ada biaya tambahan. Merchant tidak akan dibebani biaya pemasangan atau maintenance.

4. TrueMoney

truemoney payment gateway

Berbeda dengan Firstpay yang merupakan layanan buatan lokal, TrueMoney merupakan layanan yang dibuat di Thailand pada tahun 2007. Layanan gerbang pembayaran digital ini pun kemudian masuk ke Indonesia pada tahun 2015 di bawah pengawasan Ascend Group.

Sebagai gerbang pembayaran digital, TrueMoney hampir mirip dengan layanan lainnya. Perbedaannya hanya ada pada sisi layanan yang lebih inovatif.

Selain menggunakan web, pembayaran menggunakan TrueMoney bisa diproses hanya dengan smartphone android dan mesin EDC agen TrueMoney.

Karena bukan buatan lokal, TrueMoney harus mendapatkan izin untuk beroperasi di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, TrueMoney sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia.

5. Winpay

winpay payment gateway

Selanjutnya, ada pula layanan payment gateway bernama Winpay yang berada di bawah naungan PT Bimasakti Multi Sinergi. Layanan ini sudah diluncurkan pada tahun 2015. Meskipun begitu, Winpay baru saja mendapatkan lisensi dari BI pada 2018 lalu.

Fitur Winpay juga mirip dengan penyedia layanan pembayaran digital lainnya. Kelebihan utama dari Winpay adalah sudah terintegrasi dengan sekitar 147 bank yang ada di Indonesia. Pembeli bisa memilih metode pembayaran melalui transfer sesuai dengan bank yang mereka miliki.

Lalu, selain transfer bank, ada juga sistem pembayaran lainnya yang sudah terintegrasi dengan Winpay, yakni melalui kartu kredit, e-money, visa, mastercard, virtual account, hingga ritel modern. Kelengkapan sistem pembayaran membuat Winpay unggul dibandingkan dengan layanan sejenis lainya.

6. iPaymu

ipaymu

Kemudian ada juga iPaymu yang bisa digunakan sebagai partner untuk memudahkan pembayaran secara online. Layanan ini tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan belanja secara online, tetapi juga untuk melakukan transfer, donasi online, hingga penarikan uang.

iPaymu sudah didirikan sejak tahun 2012. Di dunia pembayaran digital, iPaymu masuk kategori startup. Sampai saat ini, layanan pembayaran digital tersebut terus melakukan inovasi agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Pada tahun 2013 laly, iPaymu meluncurkan sebuah inovasi pembayaran yang cukup cemerlang, yakni berbasis QR Code. Sistem ini bisa menjamin keamanan selama proses transaksi online berlangsung.

QR Code juga sekaligus menjadi jawaban atas stigma masyarakat yang menganggap bahwa transaksi online tidak aman karena rentan praktik cybercrime. Dengan QR Code, transaksi semakin aman dan mudah. Pelanggan bisa melakukan pembayaran hanya dengan smartphone.

iPaymu telah melakukan kerja sama dengan 137 bank yang ada di Indonesia. Selain transfer bank, Kamu juga bisa melakukan pembayaran melalui visa, pos Indonesia, dan top up iPaymu.

7. Finpay

finpay

Satu lagi penyedia layanan payment gateway yang bisa dijadikan pilihan adalah Finpay. Layanan ini dibuat oleh PT Finnet Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia. Finpay juga memiliki layanan yang lengkap dan aman.

Bagi pebisnis online, Finpay ini bisa diibaratkan sebagai kasir. Dengan memanfaatkan aplikasi pembayaran ini, pengguna bisa melakukan pembayaran untuk berbagai transaksi.

Jadi, tidak hanya bisa untuk membayar tagihan belanja online. Pengguna juga bisa memanfaatkan Finpay untuk membayar tagihan lain, seperti internet, air, TV berbayar, dan banyak lainnya.

Finpay mempunyai dua produk utama, yakni Finpay Link serta Finpay Invoice. Untuk menggunakan produk-produk tersebut, pengguna tidak akan dibebani biaya transaksi.

Baca Juga:

Akhir Kata…

Dengan menggunakan gerbang pembayaran digital, transaksi secara online pun bisa dilakukan dengan mudah. Sebelum ada gerbang pembayaran digital, pembeli mungkin harus membayar biaya transfer jika menggunakan bank yang berbeda dengan bank penjual.

Namun, setelah adanya sistem gerbang pembayaran digital, pembeli bisa menyesuaikan metode pembayaran yang paling pas dengan mereka.

Dalam hal ini, pebisnis online pun bisa diuntungkan. Karena sistem pembayaran yang mudah, pembeli pun tidak akan ragu untuk membeli produk Kamu.  

Dari 7 pilihan payment gateway di atas, Kamu bisa memilih salah satu yang menurut Kamu paling efektif. Silakan lakukan riset yang lebih mendalam untuk menentukan pilihan, ya!

Mau Belajar Bikin Website Sendiri dan Menghasilkan Uang dari Website Kamu? Sangat Cocok untuk Pemula yang Tidak paham pemrograman dan tidak punya background IT.

KLIK DI SINI UNTUK JOIN

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Hanya seorang Santri yang terus belajar banyak hal dan berharap keberkahan Ilmu dari Guru-guru saya.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here