Mengapa Domain Penting untuk Bisnis Kamu? Ini Alasannya!

Salah satu cara agar bisnis kamu siap menghadapi dan bisa bersaing di era digital seperti sekarang ini adalah dengan memiliki domain sendiri. Mengapa domain penting untuk Bisnis kamu?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, tentu ada pertanyaan lain sebelumnya yang butuh jawaban, yaitu seperti “memangnya gak cukup dengan subdomain seperti brandombaldan.multiply.com atau inibisnisombaldan.blogspot.com, bisnisombaldan.wordpress.com dan lain-lain?”

Saya di posisi ini mungkin tidak akan menjawabnya secara langsung..

Akan tetapi, penting kamu perhatikan bahwa beberapa nama layanan seperti Co.cc, Friendster dan Tripod ini mungkin sudah sering kamu dengar, terutama jika kamu generasi kelahiran 80-90an.

Yes, mereka adalah sejumlah layanan blog, sosial media atau penyedia situs gratisan yang sudah tutup dan bangkrut.

Pada saat nama-nama layanan tersebut berjaya, semua orang bahkan analis sekalipun tidak pernah beranggapan bahwa mereka akan bangkrut dan tutup. Tapi, toh akhirnya nama mereka sudah tidak ada lagi.

Kamu mungkin sudah lama bahkan tidak pernah mendengar nama-nama itu kan?

Jadi, hikmahnya adalah jangan sekali-kali menjadikan situs gratisan atau media sosial sebagai satu-satunya representasi bisnis kamu di internet. Bukan tidak boleh, akan tetapi akan jauh lebih baik jika kamu punya domain sendiri dan website sendiri.

Makanya pada kesempatan ini kita akan bahas Mengapa domain penting untuk Bisnis kamu?

Mari kita mulai dengan mengenali dulu beberapa hal tentang domain…

Apa Itu Domain

Apa itu domain hosting

Domain adalah alamat yang akan mengarahkan kamu ke website yang kamu tuju. Atau singkatnya, pengertian domain adalah alamat sebuah website.

Untuk memahami pengertian domain, saya lebih suka mengambil perumpamaan seperti Alamat rumah. Setiap rumah tentunya punya alamat masing-masing yang membedakan antara rumah yang satu dengan rumah yang lain.

Bayangkan jika rumah tidak punya alamat, tentu mas-mas kurir akan kesulitan menemukan rumah kamu kan. Hehehe..

Sebenarnya, domain itu adalah bentuk penyederhanaan bentuk dari alamat IP yang biasanya berupa kombinasi angka yang sangat rumit. Misal, 168.xx.xx.xxx.

Nah, dengan begitu banyaknya website yang tersedia di internet, tentunya kamu tidak akan sanggup menghafal kombinasi angka tersebut kan?

Untuk memudahkan, maka domainlah yang memegang peranan penting di sini. Kita tidak perlu lagi menghafal angka-angka tadi, karena sudah digantikan dengan nama domain yang mudah diingat dan tetap tidak akan ada nama yang sama.

Ombaldan adalah nama blog yang ingin kamu kunjungi, dan .id (red; dot aidi) adalah ekstensi domainnya. Jadi dengan mengetikkan ombaldan.id di tab browser, kamu tidak perlu lagi direpotkan mengecek alamat IP dari blog ini. Paham kan maksudnya?

Jenis dan Contoh Nama Domain

jenis dan contoh nama domain

Sebelum lanjut ke tema utama kita yaitu mengapa domain penting untuk bisnis kita, hal paling penting untuk dipahami juga adalah mengenai jenis atau tipe-tipe domain.

Domain .com (baca; dot kom) mungkin domain yang sering kamu dengar dan bisa dibilang ekstensi domain inilah yang paling banyak digunakan di dunia, yaitu sekitar 46.5% situs.

Padahal, ada banyak sekali jenis domain di dunia ini. Berikut contoh domain dan jenis penggunaannya:

1. Top Level Domain (TLD)

Sesuai dengan namanya, tipe domain ini adalah tipe top level dari sistem nama domain di internet. TLD ini secara resmi dikelola oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA). TLD juga mencakup County Code Top Level Domains (ccTLD) dan Generic Top Level Domain (gTLD).

Berikut ini beberapa contoh domain dan penggunaannya:

  • .com untuk komersial
  • .co.id untuk bisnis resmi
  • .edu untuk pendidikan dan penelitian
  • .mil untuk militer
  • .gov untuk pemerintahan (non-militer)
  • .ac.id untuk akademik
  • .net untuk penyedia layanan internet (ISPs)
  • .org untuk organisasi lain
  • .id untuk Domain Negara Indonesia
  • .cn untuk Domain Negara Cina
  • .us untuk Domain Negara Amerika
  • .sg untuk Domain Negara Singapura
  • .my untuk Domain Negara Malaysia
  • .uk untuk Domain Negara Inggris

2. Second Level Domain

Second level domain ini berada di bawah Top Level Domain (TLD). Second level domain adalah nama domain yang didaftarkan oleh seseorang atau instansi tertentu untuk website mereka.

Sebagai contoh, galeridigital.com, jika cabang bisnis ini ada di Inggris maka kemungkinan besar akan menggunakan galeridigital.co.uk.

3. Third Level Domain

Third Level Domain merupakan nama domain yang posisnya berada sebelum SLD dan TLD, atau sering disebut sebagai sub domain. Tipe domain seperti ini biasanya hanya digunakan membuat halaman baru yang terpisah dari situs utama atau keperluan tertentu.

Jika menggunakan subdomain, tentu kita tidak perlu lagi membeli nama domain tambahan.

Sebagai contoh, Blog ini menggunakan subdomain ecourse.ombaldan.id yang diperuntukkan khusus untuk program eCourse membuat website sendiri bagi kamu yang masih pemula.

Mengapa Domain Penting untuk Bisnis

Mengapa Domain Penting untuk Bisnis

Nah, sekarang saatnya kita bahas mengapa domain itu sangat penting untuk bisnis kamu?

Domain untuk bisnis adalah bagian yang cukup penting. Dengan memiliki domain sendiri, kamu telah membangun kesadaran merk dan memudahkan calon konsumen dan konsumen kamu untuk mengakses informasi tentang bisnis kamu di internet.

Berikut beberapa alasan mengapa domain penting untuk bisnis:

1. Kredibilitas

Mempunyai website dengan menggunakan nama domain sendiri dapat meningkatkan kredibilitas bisnis kamu dan tentunya akan terlihat profesional.

Jika dibandingkan dengan hanya menggunakan sub domain gratisan seperti blogspot.com atau wordpress.com, tentu dengan menggunakan domain sendiri akan menambah kepercayaan pelanggan.

Baca Juga: Cara Membuat Website Gratis di WordPress, Blogger dan Wix

2. Profesional

Sangat jelas, jika kamu memiliki domain sendiri untuk bisnis kamu, itu secara otomatis akan memberikan kesan profesional serta bisa menjadi keunikan tersendiri atau istilah kerennya Unique Selling Proposition (USP) dari bisnis kamu serta bisa meningkatkan competitive advantage terhadap kompetitor kamu.

3. Branding

Poin selanjutnya yang menjadi alasan mengapa domain penting untuk bisnis kamu adalah karena dengan mempunya website dengan nama domain sendiri, seperti yang sudah saya sebutkan diatas yaitu dapat meningkatkan kesadaran merek bisnis kamu atau istilah kerennya meningkatkan Brand perusahaan kamu.

Karena nama domain adalah bagian dari proses branding, maka tentu harus segera kamu amankan dan daftarkan sebelum orang lain terlebih dahulu menggunakannya.

4. Bisa Menarik Lebih Banyak Pelanggan

Kenapa bisa menarik lebih banyak pelanggan? Karena memiliki website dengan domain sendiri yang bisa online 24 jam dan bisa diakses dari mana saja, maka kamu punya peluang untuk memperluas jangkauan pemasaran produk dan jasa kamu ke seluruh dunia.

Itu artinya, kamu bisa dapatkan lebih banyak customer untuk bisnis kamu.

5. Memanjakan Konsumen

Jika kamu sudah punya nama domain sendiri yang mudah diingat konsumen, tentu itu akan membuat konsumen kamu lebih nyaman untuk mencari informasi tentang produk dan bisnis kamu, mulai dari promo, event, serta informasi lainnya.

Dengan demikian, pelanggan kamu yang membutuhkan informasi produk atau layanan kamu, mereka tidak perlu lagi datang langsung ke toko atau kantor kamu yang membuat mereka harus mengatur waktu untuk berkunjung atau mengeluarkan dana hanya sekedar ke toko untuk mencari informasi.

Semua akan merasa nyaman dan hemat bukan?

Nah, itulah penjelasan mengapa domain penting untuk bisnis kamu. Selanjutnya, saya mau share bagaimana tips memilih nama domain, khususnya untuk bisnis.

Tips Memilih Nama Domain

Tips Memilih Nama Domain

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa domain ini adalah bagian dari proses branding, maka tentu kamu harus segera mengklaim domain untuk bisnis kamu sesegera mungkin. Karena nantinya nama domain inilah yang akan menjadi identitas bisnis kamu di internet.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu dalam memilih dan menentukan nama domain untuk website kamu:

1. Kreatif, Brandable dan Mudah Diingat

Domain itu tak hanya unik dan bagus, tapi nama domain juga harus menarik dan kreatif. Kamu bisa memilih domain dengan membuat kata atau istilah baru yang terdengar unik dan bisa menarik perhatian namun tentunya tetap harus mudah diingat. Selain itu bisa juga memakai kata-kata yang mungkin jarang digunakan sehari-hari.

Contohnya seperti brand minuman milik anak Pak Jokowi, yang diberi nama “Goola” yang sebenarnya asli katanya adalah “gula” yang sekaligus menjadi bahan utama produknya.

Memang menemukan nama domain yang kreatif, brandable sekaligus mudah diingat sangat dituntut kreatifitas, dan Batas dari kreatifitas adalah imaginasi. Ok?

2. Nama Domain Singkat

Kalau kamu memilih nama domain yang panjang, mungkin tidak banyak pelanggan kamu yang bisa mengingatnya. Bahkan mungkin mereka juga akan kesulitan mengeja atau sulit mengetik domain kamu.

Nah, jika kamu memakai nama domain yang pendek tentu hal-hal seperti itu kecil kemungkinan bisa terjadi. Ketika memilih nama domain.

Saran saya, jika memang sangat terpaksa harus menggunakan domain yang panjang karena mau menyesuaikan dengan nama perusahaan kamu misalnya, maka sebaiknya gunakanlah jumlah huruf tidak lebih dari 17 karakter.

3. Mudah Diketik

Selain singkat, kreatif, dan brandable tentu domain yang kamu pilih juga harus mudah diketik. Karena jika ada salah satu hurufnya saja yang salah diketik oleh konsumen kamu, bisa jadi ia tidak akan mengarah ke website kamu tapi ia mengunjungi situs pesaing kamu, dan akhirnya belanjanya di sana. Hehehe

4. Mengandung Keyword yang Mencerminkan Bisnis Kamu

Jika website kamu adalah website bisnis, kamu bisa menggunakan keyword yang berhubungan dengan produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Contohnya jika kamu memiliki bisnis bengkel mobil, maka kamu bisa masukkan kata bengkel atau mobil di dalam domain. Sehingga nantinya domain yang kamu pesan misalnya bengkelmobil.com atau baldanmobil.com, bengkelbaldan.com, dan lain sebagainya.

5. Target Area

Memilih domain juga bisa berdasarkan target market atau target visitor. Jika misalnya target pengunjung situs kamu adalah orang Indonesia, maka kamu perlu mempertimbangkan ekstensi domainnya.

Tidak harus menggunakan .com, mungkin kamu bisa memakai .co.id atau .id seperti blog saya ini yang menggunakan .id karena mengkhususkan target pembaca bagi orang Indonesia saja.

6. Tidak Mengandung Tanda Hubung dan Angka

Hal lain yang patut kamu lakukan ketika memilih nama domain adalah dengan menghindari menggunakan angka dan tanda hubung. Karena itu bisa membuat nama domain kamu sedikit lebih rumit dan tentunya tidak mudah diingat.

Contohnya: om-baldan.id atau ombaldan99.com

Cara Membeli Domain

Cara Membeli Domain

Biasanya, untuk memiliki domain bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu, dengan membeli dan mendaftarkan domain baru atau dengan membeli domain yang sudah pernah digunakan orang lain sebelumnya.

Tapi pada tips kali ini, saya hanya akan memberikan panduan bagaimana membeli domain yang baru, fresh, dan namanya sesuai dengan kebutuhan kita.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih Provider Penyedia Domain Hosting

Agar bisa membeli dan mendapatkan domain, tentu kamu harus membelinya di perusahaan penyedia layanan domain dan hosting.

Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak penyedia layanan ini, akan tetapi saya lebih merekomendasikan 2 penyedia yang menurut saya dari sisi layanannya sangat bagus, yaitu Domainesia dan Niagahoster.

Jika kamu mau dapat diskon, kamu bisa gunakan kode kupon/referral “ombaldan” di Niagahoster dan bisa pakai kupon “promonesia” di Domainesia saat melakukan pembelian. Lumayan lho diskonnya. Hehehe

2. Cek Ketersediaan Domain

Jika kamu sudah menentukan pilihan dari salah satu penyedia layanan di atas, kamu bisa membuka website salah satunya dengan mengklik Namanya di poin pertama di atas.

Nah, untuk mengecek ketersediaan domain, kamu bisa menggunakan fitur Domain Search di website mereka masing-masing dengan mengetikkan nama domain yang kamu inginkan.

mengapa domain penting untuk bisnis anda

Nantinya, akan muncul keterangan bahwa domain yang kamu inginkan bisa digunakan atau sudah tidak bisa digunakan, dalam artian sudah dipakai oleh orang lain.

3. Daftarkan Nama Domain

Jika domain yang kamu inginkan sudah tersedia, kamu bisa melanjutkan dengan melakukan transaksi pendaftaran dan pembelian domain di salah satu penyedia tersebut.

Oh ya, kamu bisa memilih menggunakan domain dengan periode bulanan, 6 bulanan, bahkan Tahunan.

mengapa domain penting untuk bisnis anda di era digital

Saran saya, akan lebih murah jika kamu langsung memesan untuk periode minimal 1 tahun bahkan 3 tahun. Karena itu akan jauh lebih menghemat budget kamu.

Coba deh baca ini juga:

Kesimpulan

Pada artikel ini Kita sudah sama-sama membahas tentang apa itu domain, mengapa domain penting untuk bisnis, contoh-contoh domain, hingga Tips Memilih dan Membeli domain.

Jika kamu adalah pemilik bisnis atau sedang menjalankan usaha, maka mempunyai domain sendiri sangatlah jauh lebih baik dan nampak lebih professional.

Jika kamu masih bingung kamu bisa bertanya di kolom komentar, tapi jika kamu mau terima beres dan tidak mau disibukkan dengan hal-hal teknis, kamu bisa menggunakan layanan jasa pembuatan website kami.

Semoga Bermanfaat!

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here