7 Manfaat Media Sosial untuk Berbisnis, Menguntungkan Banget!

Media sosial saat ini memiliki dampak besar terhadap kehidupan kita. Bahkan, manfaat media sosial untuk berbisnis juga sudah banyak dirasakan oleh para pelaku usaha, baik UMKM hingga Koorporasi.

Tidak sedikit mereka memanfaatkan media sosial untuk membangun relasi, sebagai media pemasaran produk dan layanan mereka.

Nah, kamu sendiri bagaimana? Apakah sudah mendapatkan manfaat media sosial juga untuk kebutuhan berbisnis kamu? Jika belum, kini saatnya kamu maksimalkan..

Tapi sebelum itu, mari kita lihat dulu data-data menarik tentang media sosial.

Apa Itu Media Sosial

Apa itu media sosial

Media Sosial adalah sebuah tempat yang bisa dijadikan sebagai media untuk berinteraksi dan bersosialisasi satu sama lain secara online tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Dikutip dari wikipedia, Andreas Kaplan dan Michael Haenlein memberikan definisi bahwa media sosial adalah “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Jenis Media Sosial

jenis media sosial

Jenis media sosial sendiri ada beragam jenisnya. Jika dibagi berdasarkan kelompoknya, sebenarnya ada banyak kategori media sosial. Namun, pada umumnya sih bisa kita bagi ke beberapa kategori saja, yaitu:

  1. Social Networks, yaitu media sosial yang digunakan untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Contohnya; Facebook, Linked in, dll)
  2. Social Discuss, merupakan jenis media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi. Contohnya; Google talk, skype, dll)
  3. Social Share, yaitu media sosial yang memfasilitasi kita untuk bisa saling berbagi file, video, music, dll. Contohnya seperti; Youtube, slideshare, flickr, dll)
  4. Social Game, yaitu media sosial yang berupa game dan dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama (koongregate, doof, pogo, dll)
  5. Micro Blog, contohnya seperti; twitter, dll.

Ke semua jenis media sosial di atas pada dasarnya potensial untuk digunakan sebagai media yang tidak hanya sekedar saling berinteraksi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk berbisnis.

Akan tetapi, beberapa di antaranya punya kebijakan yang ketat. Jadi, jika mau memanfaatkannya untuk jualan misalnya, pastikan cek dulu aturan mainnya, ya.

Media Sosial yang Banyak Digunakan

Media sosial apa sih yang bagus digunakan untuk berbisnis? Maka jawaban simple saya adalah media sosial yang banyak penggunanya atau yang sesuai target market kita.

Nah, khusus di Indonesia ini ada beberapa media sosial yang memang cukup banyak penggunanya. Bahkan, tidak sedikit pengguna memiliki beberapa media sosial yang aktif digunakan setiap hari.

Oke, mari kita lihat media sosial mana yang memiliki jumlah pengguna terbanyak

Untuk mengetahuinya, kita bisa bergabung di Hootsuite. Jika belum tahu tentang Hootsuite sebelumnya, ia merupakan salah satu platform manajemen konten yang menyediakan layanan media daring yang terhubung dengan berbagai media sosial.

Perhatikan Data Tren Internet dan Media sosial Tahun 2020 di Indonesia menurut Hootsuite berikut ini:

Data Tren Internet dan Media sosial 2020 di Indonesia menurut Hootsuite

Infografis di atas menjelaskan tentang data tren internet dan media sosial tahun 2020 di Indonesia, yaitu:

  • Total Populasi (jumlah penduduk): 272,1 juta
  • Pengguna Mobile Unik: 338,2 juta
  • Pengguna Internet: 175,4 juta
  • Pengguna Media Sosial Aktif: 160 juta

Lalu perhatikan data berikut ini:

media sosial yang banyak digunakan di indonesia versi hootsuite

Data di atas menunjukkan bahwa dari jumlah populasi, Pengguna Youtube di Indonesia sebanyak 88%, Whatsapp sebanyak 84%, Facebook sebanyak 82%, Instagram sebanyak 79%, Twitter sebanyak 56%, disusul kemudian oleh Line, FB Messenger, Linked In, Pinterest, Tiktok, dan seterusnya.

Kalau kamu mau melihat Datanya secara lengkap, kamu bisa mendownloadnya di sini.

Lalu pertanyaannya kemudian adalah apakah kita gunakan semua media sosial di atas?

Bisa ya bisa tidak. Tergantung dari seperti apa karakteristik market yang ingin kamu targetkan sebagai celon pelanggan kamu atau tergantung dari resource yang kamu miliki.

Jika kamu punya tim atau sanggup merekrut tim khusus yang mengelola media sosial kamu, maka boleh-boleh saja kamu gunakan semuanya, atau minimal 5 teratas dari data di atas.

Tapi, jika tim kamu masih terbatas atau bahkan kamu sendiri yang masih banyak melakukan hal teknis di bisnis kamu, maka saya sarankan untuk gunakan satu atau maksimal tiga media sosial saja.

Inilah Manfaat Media Sosial untuk Berbisnis

Sepertinya yang telah saya sebutkan di awal artikel ini, bahwa media sosial kini tidak hanya digunakan untuk sekedar menjalin pertemanan atau sekedar berinteraksi sosial semata. Saat ini, media sosial juga sudah digunakan untuk keperluan bisnis.

Facebook dan Instagram sendiri bahkan telah menambahkan fitur khusus untuk para pelaku bisnis. Manfaat media sosial untuk berbisnis memang tidak main-main. Dengan media sosial, bisnis kecil sekalipun bisa punya peluang untuk meraup kesuksesan besar.

Berikut ini adalah Tujuh manfaat media sosial untuk berbisnis:

1. Mendapatkan Data Penting Konsumen

Manfaat Media Sosial untuk Berbisnis, data konsumen

Tahu gak kalau Media sosial itu mampu mengolah dan menghasilkan sejumlah data tentang pelanggan kamu?

Setiap harinya ada lebih dari 500 juta Tweet di Twitter, ada 4,5 milyar like di Facebook, dan ada 95 juta foto serta video yang diupload pengguna di Instagram, begitu pun di Youtube.

Di balik aktivitas pengguna media sosial yang besar ini, tersimpan informasi berharga tentang pelanggan kamu, seperti; siapa mereka, apa yang mereka suka, dan bagaimana pendapat mereka tentang sebuah brand. Kamu bisa menemukan apa yang menjadi kebutuhan konsumen.

Dengan adanya informasi tersebut, tentunya kamu dapat gunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan yang lebih tepat terkait produk dan layanan kamu, apa yang dicari pelanggan kamu, dan bagaimana langkah terbaik untuk menjangkau mereka.

2. Menemukan Calon Konsumen dengan Cepat

Manfaat Media Sosial untuk Berbisnis, menemukan konsumen

Dengan menggunakan media sosial, kamu bisa menjangkau dan menemukan calon konsumen dengan cepat. Instagram dan Twitter misalnnya, punya fitur pencarian dengan menggunakan Hashtag (#) yang gunanya bisa mempermudah pengguna untuk mencari informasi yang diinginkan.

Fitur Hashtag tersebut tentunya juga bisa kamu gunakan dalam melakukan promosi di media sosial agar konsumen bisa dengan mudah menemukan bisnismu.

Selain itu, dengan adanya fitur lokasi, para konsumen bisa mencari referensi produk atau jasa yang dekat dengan tempat tinggal mereka.

3. Meningkatkan Loyalitas dan Brand Awareness

Manfaat Media Sosial untuk Berbisnis, brand awarness

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sebanyak 53% dari orang Amerika yang mem-follow sebuah brand di media sosial itu terbukti lebih loyal terhadap brand yang mereka follow tersebut.

Jadi, dengan menggunakan media sosial kamu bisa membangun trust (kepercayaan) konsumen terhadap bisnisnmu. Melalui media sosial, kamu bisa berbagi informasi menarik tentang produk atau layanan bisnis kamu.

Bahkan, kamu juga bisa melakukan interaksi langsung dengan para pelanggan kamu di media sosial.

4. Meningkatkan Pengunjung Website

Manfaat Media Sosial untuk Berbisnis, meningkatkan trafik website

Jika kamu mempunya website toko online atau website perusahaan, maka perlu kamu ketahui bahwa salah satu manfaat  media sosial untuk berbisnis adalah dapat menjadi sumber trafik yang dapat meningkatkan pengunjung ke website kamu. Pengunjung yang tinggi, menghasilkan jumlah lead dan bahkan bisa menjadi konsumen baru.

Dengan begitu, konsumen akan mengenal bisnismu dengan lebih baik.

5. Social Selling

social selling

Manfaat Media sosial yang lain adalah bisa membantu penjualan kamu. Media sosial memberikan kesempatan antara kamu sebagai penjual dengan pelanggan kamu untuk menjalin hubungan satu sama lain, membangun hubungan baik dengan relasi yang ada.

Dengan aktif menggunakan media sosial, tentunya akan sangat membantu bisnis kamu agar selalu diingat oleh pelanggan kamu, jadi saat seseorang ingin membeli sesuatu, kemungkinan besar mereka akan mengunjungimu terlebih dahulu.

6. Biaya Promosi Lebih Murah Bahkan Gratis

Biaya Promosi Lebih Murah Bahkan Gratis

Media sosial juga bisa menjadi media iklan Gratis, cukup buat Akun seperti biasa dan bangun audiens anda secara Gratis sebagaimana penggunaan media sosial pada umumnya.

Kamu juga tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk mencetak banner atau brosur, media sosial bisa menjangkau calon pelanggan yang lebih luas dan cepat dengan Gratis.

Jikapun ingin menggunakan layanan periklanan khusus dari media sosial tertentu, biayanya juga tidaklah mahal. Bahkan, tidak hanya murah, menggunakan layanan iklan memudahkan kita melakukan penargetan terhadap market atau audiens yang tepat.

Jika kamu mau belajar Beriklan di Facebook, kamu bisa belajar di sini.

7. Bisa Memata-matai Kompetitor

Bisa Memata-matai Kompetitor

Media sosial juga dapat kamu gunakan untuk memantau kompetitor kamu. Dengan mengetahui apa yang dilakukan kompetitor kamu, itu bisa menjadi dasar juga bagi kamu dalam mengambil keputusan strategis di bisnis kamu agar bisa lebih baik dari mereka.

Misalnya, kompetitor kamu melakukan Strategi Promosi Diskon, ya mungkin kamu bisa gunakan strategi berbeda misalnya dengan memberikan promosi Beli 2 dapat 3. Atau yang lainnya.

Dengan memantau apa yang dilakukan kompetitor kamu, kreativitas kamu juga akan semakin terasah. Cara pengambilan keputusan kamu juga akan semakin bagus untuk kepentingan bisnismu.

Baca Juga:

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat media sosial untuk berbisnis yang bisa saya share kali ini. Pada intinya, media sosial sangatlah menguntungkan bagi pelaku bisnis. Selain karena memang market berkumpul di sana sehingga mudah dijangkau, juga karena mudah dan murahnya berpromosi Media sosial.

Makanya, sangat disayangkan jika kamu belum memaksimalkan media sosial sebagai sarana promosi untuk produk dan bisnis kamu.

So, sekarang saatnya kamu gunakan media sosial kamu untuk menghasilkan uang, bukan digunakan untuk mendebat teman kamu atau menggunakannya untuk hal-hal yang tidak berguna lainnya.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here