Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti akan cukup sering bertemu dengan istilah yang disebut dengan web hosting. Apa itu web hosting dan apa saja macam-macam hosting yang ada?

Apa Itu Web Hosting?

macam-macam hosting

Web hosting adalah suatu layanan yang gunanya adalah untuk menyimpan data-data yang diperlukan untuk suatu website di dalam suatu server baik itu server yang kita sewa dari pihak ketiga ataupun yang kita miliki sendiri.

Server tersebut kemudian akan terkoneksi dengan internet menggunakan suatu alamat IP public. Apabila Kamu menyewa server dari pihak ketiga nantinya kamu akan diberikan Akses Remote untuk bisa mengakses server tersebut dari jarak jauh dengan menggunakan internet.

Jasa menyediakan ruang harddisk atau server itulah yang disebut dengan web hosting.

Macam-macam Hosting

Macam-macam hosting yang umumnya ditawarkan oleh penyedia web hosting adalah seperti hosting gratis, shared hosting, reseller hosting, vps hosting, Colocation dan juga dedicated Hosting.

Hosting Gratis (Free Hosting)

macam-macam hosting

Untuk hosting gratis biasanya kamu akan dapatkan pada website pembuatan blog. Seperti blogspot.com, wordpress.com, Wix, dan lain sebagainya.

Terkait platform tersebut, kamu bisa baca di artikel saya sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Website Gratis di WordPress, Blogger & Wix.

Shared Hosting

macam-macam hosting

Jenis hosting yang umum kamu temukan pada penyedia web hosting adalah layanan shared hosting. Analogi sederhana dari Shared Hosting ini adalah kamu menyewa suatu folder dalam suatu komputer server milik penyedia web hosting.

Folder tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk menyimpan file-file yang diperlukan untuk website atau sekedar file-file pribadi kamu.

Kekurangan dari web hosting jenis shared hosting ini adalah kamu hanya menyewa satu folder di dalam satu komputer server, dimana nantinya di dalam satu komputer tersebut akan terdiri dari bermacam-macam folder milik beberapa orang dan Beberapa pelanggan lainnya

Sehingga kamu akan berbagi sumber daya seperti RAM, CPU, dan juga Bandiwth internet dari komputer server tersebut. Sehingga apabila kamu menyimpan website, itu akan mempengaruhi performa seperti cepat atau lambatnya website tersebut diakses melalui internet.

Kelebihannya, meskipun tidak gratis paket Shared hosting yang ditawarkan oleh penyedia web hosting umumnya memiliki harga yang lebih murah dibanding paket-paket lainnya

Baca lebih lengkap tentang Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Harus Kamu Tahu

Reseller Hosting

macam-macam hosting

Macam-macam hosting selanjutnya adalah reseller hosting. Reseller hosting biasanya digunakan untuk kamu yang ingin memulai bisnis web hosting sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa server atau membeli server sendiri.

Jika tadi pada shared hosting kamu menyewa suatu folder, maka anggaplah pada reseller hosting ini kamu menyewa 1 (satu) Drive, misal Drive C atau Drive D, dan di dalamnya nanti kamu akan bisa membuat folder-folder lainnya yang bisa kamu sewakan sebagai paket shared hosting kepada pelanggan-pelanggan.

Kekurangan dari Reseller Hosting tidak terlalu jauh berbeda dari shared hosting. Karena pada dasarnya satu komputer server tetap terbagi-bagi menjadi beberapa drive dan kamu hanya menyewa salah satu Drive di dalam satu komputer server tersebut.

Hanya saja pada Reseller Hosting, umumnya komputer server yang digunakan memiliki sumber daya yang lebih besar

VPS Hosting

macam-macam hosting

Jenis Hosting berikutnya adalah VPS hosting. VPS sendiri merupakan singkatan dari Virtual Private Server.

Agak serupa dengan reseller hosting tetapi yang membedakan VPS dengan Reseller Hosting adalah pada VPS hosting kamu akan diberikan akses ke suatu server virtual. Paket VPS Hosting ini biasanya untuk kamu yang ingin belajar mengelola server tanpa perlu membeli server fisik.

Sehingga Hal inilah yang membedakan paket VPS Hosting dengan reseller hosting. Karena pada Reseller hosting Kamu tidak akan diberikan akses untuk mengelola server, tetapi hanya akses untuk membuat folder baru untuk Kien kamu.

VPS hosting ini biasanya juga tetap menggunakan satu komputer server milik penyedia web hosting yang nantinya akan disewakan ke beberapa pelanggan. Lalu apa bedanya antara Shared hosting, reseller Hosting dengan VPS?

Perbedaan paling mendasar adalah jatah pelanggan yang akan diterima oleh penyedia web hosting pada satu komputer server untuk masing-masing jenis hosting tersebut.

Pada shared hosting, penyedia web hosting akan menerima banyak pelanggan dan para reseller akan lebih sedikit, kemudian pada VPS ini akan sangat terbatas.

Tetapi umumnya untuk penyedia web hosting yang berani menyediakan layanan hingga VPS dan juga membuka reseller, mereka memiliki server-server yang sangat banyak sehingga bisa menjual paket-paket tersebut tanpa ada kendala.

Cloud Hosting

macam-macam hosting

Selanjutnya adalah Cloud hosting. Apa itu Cloud hosting?

Pada Cloud hosting biasanya penyedia web hosting memiliki beberapa jaringan komputer server yang digabungkan menjadi satu server, sehingga spek dan sumber daya dari Cloud server tersebut akan lebih tinggi dibandingkan komputer server yang digunakan untuk VPS, reseller dan shared hosting.

Beberapa kekurangan yang kemungkinan akan terjadi pada Cloud hosting adalah dikarenakan terhubungnya beberapa server-server tersebut dalam satu jaringan dan biasanya server-server tersebut tersebar ke beberapa lokasi di penjuru dunia, tentunya apabila ada kerusakan pada jaringan tersebut akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memperbaikinya dibandingkan pada satu komputer server saja.

Kekhawatiran lainnya pada Cloud Hosting adalah pada fitur keamanan. Karena masing-masing server terhubung dalam satu jaringan Apabila ada celah dalam jaringan-jaringan tersebut tentunya akan mengakibatkan keamanan data milikmu terancam.

Colocation dan Dedicated Hosting

macam-macam hosting

Tipe hosting lainnya adalah Colocation dan Dedicated. Kedua jenis ini penjelasannya sederhana saja.

Pada Colocation kamu menitipkan server milikmu ke tempat penyedia web hosting sementara pada dedicated kamu menyewa satu server atau satu komputer server milik penyedia web hosting sehingga kedua paket ini biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal.

Beberapa istilah yang perlu kamu pahami dalam memilih web hosting yang tepat antara lain seperti:

  • Disk Space, yaitu kapasitas hardisk yang akan dibawakan. Sehingga semakin kecil Disk Space yang kamu sewa tentunya harganya akan lebih murah.
  • Bandwith, yaitu merupakan Jatah atau Quota besarnya transfer data yang bisa kamu gunakan yang diizinkan oleh penyedia web hosting dalam satu bulan.

Tentunya kamu juga sering melihat penyedia web hosting yang menawarkan layanan unlimited. Sebenarnya apakah unlimited itu? Apakah benar beneran unlimited seperti yang ditawarkan?

Pada paket paket unlimited biasanya kamu bebas menggunakan kapasitas hosting yang disediakan oleh penyedia web hosting dengan catatan, ini relatif berbanding dengan kapasitas total yang dimiliki oleh penyedia web hosting tersebut.

Dan ini tentunya akan menjadi rebutan dengan pelanggan lainnya. Misalnya, kapasitas total dari penyedia web hosting adalah 1 GB (1000 MB) pada komputer server. Apabila klien A menggunakan sampai 700 MB, maka yang lainnya tentunya maksimal hanya bisa menggunakan 300 MB.

Jadi sebaiknya perlu lebih berhati-hati dalam memilih paket web hosting unlimited. Pastikan penyedia web hosting tersebut sudah memiliki kredibilitas yang baik, karena biasanya penyedia web hosting yang memiliki kredibilitas baik atau memiliki nama besar di dunia hosting, mereke memiliki server server yang sangat banyak.

Dan juga paket unlimited ini biasanya dijual dengan harga lebih murah, karena penyedia web hosting tidak perlu membatasi Quota Hard Disk yang digunakan oleh seorang pelanggan sehingga ini bisa jadi solusi tepat apabila kamu baru ingin belajar tentang web hosting.

Baca Juga:

Akhir Kata…

Macam-macam hosting di atas tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk itu pilihlah sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dari berbagai jenis hosting yang ada, tipe shared hostinglah yang paling umum saya gunakan dalam memenuhi kebutuhan website klien saya. Tujuannya adalah agar klien nantinya lebih mudah mengelola websitenya.

Sementara untuk Blog atau website saya sendiri, umumnya menggunakan hosting jenis VPS. Salah satu penyedia Web Hosting yang sering saya gunakan adalah Niagahoster, jika kamu tertarik mencobanya, kamu bisa gunakan kupon diskon “OMBALDAN” saat kamu Checkout order di sana.

Kamu akan mendapatkan diskon 5% dari harga Hosting yang tercantum. Lumayan lah.. hehe

Semoga Bermanfaat

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here