Kelebihan dan Kekurangan XAMPP yang Perlu Kamu Ketahui

XAMPP merupakan aplikasi yang mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Berbeda dengan Office yang digunakan hampir semua orang, XAMPP merupakan sebuah aplikasi yang digunakan oleh para web developer untuk mempermudah pembuatan website. Untuk mengetahui lebih detail mengenai aplikasi ini, kamu sebaiknya paham dulu fungsi hingga kelebihan dan kekurangan XAMPP.

Membuat website bukanlah pekerjaan yang mudah. Dalam membuat website dibutuhkan banyak data mulai dari DBMS hingga web server. Semua data tersebut dibuat dengan cara manual hingga membutuhkan proses dan waktu yang lebih lama.

Hadirnya XAMPP diharapkan mampu mempermudah serta mempercepat seluruh proses tersebut.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Aplikasi XAMPP

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Aplikasi XAMPP

Aplikasi XAMPP biasanya digunakan oleh para web developer untuk menguji berbagai jenis data dan tampilan pada website yang berkembang.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengujian dapat dilakukan secara offline tanpa butuh koneksi internet seperti web hosting.

Umumnya, aplikasi ini akan digunakan ketika oleh para web developer untuk melihat hasil desain yang telah dikembangkan sebelum diluncurkan online.

Jika diulas lebih detail, XAMPP sendiri merupakan singkatan dari beberapa program serta fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Pertama, X dalam kata ini merupakan kode yang menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu digunakan dalam berbagai macam jenis sistem komputer. Aplikasi ini memang tersedia untuk Windows, Linux hingga Mac sekaligus.

Selanjutnya ada huruf A yang menandakan software Apache yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah website. Aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis ini berfungsi sebagai perantara antara server dengan klien atau pengguna website tersebut.

Huruf M yang berada pada urutan berikutnya adalah MySQL yang merupakan sebuah manajemen database. Database ini nantinya berfungsi untuk mengatur segala data yang dibutuhkan, mulai dari proses menambahkan, mengelola hingga menghapusnya jika memang tidak dibutuhkan.

Untuk dua huruf P yang terakhir menunjukkan bahasa pemrograman yang digunakan dalam membuat sebuah website. Huruf P yang pertama adalah PHP, sedangkan yang kedua adalah Perl. Bahasa PHP sendiri lebih banyak digunakan untuk website bersifat dinamis. Sedangkan perl bersifat lebih fleksibel karena mampu digunakan untuk semua jenis sistem komputer.

Mengapa XAMPP Begitu Digemari Oleh Web Developer?

Mengapa XAMPP Begitu Digemari Oleh Web Developer

XAMPP memberikan banyak fitur dan kelebihan yang dapat dinikmati oleh para web developer. Meskipun begitu, ada juga beberapa kekurangan yang membuat XAMPP tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut memang sesuai dengan kebutuhan, maka ketahui lebih dulu mengenai kelebihan dan kekurangan XAMPP sebagai berikut:

1. Gratis Diunduh dan Digunakan

Salah satu alasan mengapa XAMPP begitu banyak digemari oleh para web developer adalah karena aplikasinya yang gratis untuk diunduh dan digunakan. Siapapun dapat mengunduhnya secara gratis pada website resminya dan mendapatkan versi terbarunya secara rutin.

Bagi, para web developer yang sedang belajar, hal ini tentunya sangat menguntungkan, karena tidak perlu mengeluarkan biaya lebih.

Namun perlu diingat, karena biayanya yang gratis, XAMPP memiliki keterbatasan dibandingkan dengan aplikasi yang berbayar. Jadi, aplikasi ini tidak cocok untuk para expert yang membutuhkan fitur yang lebih advance.

2. Data yang Aman

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, database yang digunakan di aplikasi ini adalah MySQL. Meskipun tidak sehebat dan sebagus Oracle, namun aplikasi ini mampu menjaga data dengan aman.

MySQL sendiri menawarkan dua jenis lisensi yang dapat digunakan oleh para web developer, yaitu free software dimana penggunaannya bebas dan tidak terbatas. Sedangkan yang kedua adalah shareware dimana penggunaanya lebih terbatas karena berpemilik.

3. Dapat Digunakan Untuk Semua Sistem Operasi

Seperti huruf X yang ada dalam nama aplikasi, XAMPP dapat digunakan untuk semua sistem operasi komputer mulai dari Windows hingga yang paling susah, Mac. 

Meskipun sistem operasinya berbeda-beda, namun cara kerja serta fitur yang ada di dalamnya tetap sama baik untuk Windows dan Mac. Dan yang terpenting, aplikasi tersebut tetap dapat diunduh dengan gratis.

4. Kapasitas yang Cukup

Salah satu kelebihan dan kekurangan XAMPP adalah kapasitasnya yang tidak terlalu besar. Bagi yang tidak membutuhkan data yang terlalu besar, maka aplikasi XAMPP sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Berdasarkan versi yang terbaru, aplikasi ini cukup untuk mengelola 60.000 tabel dengan data yang mencapai miliaran. Jumlah ini biasanya akan bertambah ketika XAMPP mengeluarkan versi terbarunya.

Namun, bagi yang berencana untuk mengelola data dalam jumlah yang besar, maka XAMPP tidak akan bisa digunakan. Bahkan, proses mengelola data akan terhambat sehingga hasilnya tidak akan keluar sesuai dengan yang diinginkan.

Oleh karena itu, pastikan diawal jumlah kapasitas yang dibutuhkan agar tidak sampai terjadi error.

5. Kecepatan Proses

Meskipun merupakan sebuah aplikasi gratis, namun kecepatan proses dari XAMPP patut diacungi jempol. Semua proses yang ada dalam sistem ini sangat cepat, ringkas dan mudah.

Jadi, para pemula pun tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi ketika ingin mengembangkan sebuah website.

Untuk memastikan bahwa aplikasi dapat bekerja dengan cepat, pastikan kamu memiliki space yang cukup di dalam hardisk.

6. Memiliki Banyak Fitur

Kelebihan dan kekurangan XAMPP yang berikutnya adalah banyaknya fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini. Di dalam aplikasi XAMPP, terdapat banyak fitur yang dapat digunakan untuk membantu proses pembuatan website mulai dari MySQL hingga bahasa pemrograman.

Hanya saja, karena banyaknya fitur yang ada, seringkali membuat pengguna bingung mengenai fungsinya.

Cara Menginstall XAMPP pada PC

Cara Menginstall XAMPP pada PC

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan XAMPP, maka saatnya mengunduh aplikasi tersebut dan menginstalnya pada PC.

Secara umum, proses instalnya mudah dan cepat seperti menginstall aplikasi pada umumnya. Hanya saja, pastikan terdapat space kosong di dalam hardisk untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika tidak, maka aplikasi akan berjalan dengan lambat sehingga menghambat pekerjaan juga.

Pertama, unduhlah aplikasi XAMPP di situs resminya untuk menghindari ada virus atau kerusakan lainnya. Ketika sudah berhasil diunduh, jalankan aplikasi hingga muncul pilihan bahasa yang ingin digunakan.

Selanjutnya, pada bagian ini, pengguna diharuskan memilih standar atau kebutuhan yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi nantinya. Jika ingin proses berjalan aman dan lancar, maka sebaiknya pilih semua kotak terlebih dahulu agar semua jenis data dapat didukung.

Jika proses berjalan lancar, maka proses instalasi XAMPP seharusnya sudah selesai dan aplikasi sudah siap digunakan. Dengan begitu, para web developer sudah bisa memulai membuat website secara offline.

Baca Juga:

Itulah sekilas mengenai kelebihan dan kekurangan XAMPP serta cara menginstalnya ke PC. Sekilas, XAMPP memang tidak cocok bagi mereka yang sudah expert dan membutuhkan tools yang lebih advanced.

Namun, dengan biayanya yang gratis dan banyaknya fitur yang disediakan, aplikasi ini sangat layak bagi mereka yang sedang belajar untuk mengembangkan website.

Jadi, selamat belajar dan mengembangkan website dengan menggunakan XAMPP.

Mau Belajar Bikin Website Sendiri dan Menghasilkan Uang dari Website Kamu? Sangat Cocok untuk Pemula yang Tidak paham pemrograman dan tidak punya background IT.

KLIK DI SINI UNTUK JOIN

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Indonesia Website Awards