Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Wajib Kamu Tahu

Bisnis online adalah salah satu peluang bisnis yang banyak diminati saat ini. Namun, bisnis online juga bukanlah bisnis yang sempurna. Maka dari itu, kamu yang mau mencoba peluang ini, tidak ada salahnya jika kamu memahami kelebihan dan kekurangan bisnis online itu terlebih dahulu.

Tujuannya, ya selain agar kamu bisa lebih siap menghadapi segala tantangan dan risiko saat kamu sudah memutuskan terjun di dalam bisnis ini, juga agar kamu bisa merencanakan model bisnis online apa yang akan kamu tekuni.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Jika kita bicara tentang bisnis online tentu kita sepakat bahwa ia tidak hanya memberikan berbagai kemudahan namun juga bisa memperoleh lebih banyak peluang besar.

Akan tetapi, seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa Bisnis Online bukanlah bisnis Sempurna, tidak hanya memiliki kelebihan semata tapi juga punya kekurangan.

Oke, mari kita bahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis online itu sendiriā€¦

Kelebihan Bisnis Online

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online 2

Banyak kelebihan yang dimiliki bisnis online, sehingga ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu. Karena sudah terbukti banyak orang yang sukses di bisnis online ini. Berikut adalah diantaranya:

1. Model Bisnisnya Banyak

Mungkin yang sering kamu dengar bahwa bisnis online itu hanyalah sebatas Online Shop atau Toko Online.

Padahal bisnis online memiliki banyak sekali model bisnis. Ada Affiliate Marketing, Content Publisher seperti Blogger atau Youtuber, Site Flipper (jual beli website), dan masih banyak lagi.

Dan tentunya dari sekian banyak model bisnis yang ada, kamu bisa memanfaatkan berbagai media untuk menghasilkan uang, mulai dari blog atau website, media sosial, marketplace, dan lain-lain.

Jika Kamu punya sebuah blog, maka kamu pun bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara dari blog tersebut. Kamu bisa baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Mendapatkan Uang dari Blog.

2. Bisa Dikerjakan di Mana Saja dan Kapan Saja

Bagian yang paling menguntungkan juga saat kita menjalankan bisnis online adalah kemudahan dalam menjalankannya, karena kita bisa menjalankannya dari mana saja,  di mana saja dan kapan saja.

Bisnis online tidak memerlukan tempat atau Lokasi yang strategis, tidak perlu waktu khusus, tidak ada batasan hari, semuanya terserah kamu. Yang penting ada koneksi internet.

3. Modal Awal Relatif Sangat Kecil

Modal yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis online tentu sangatlah kecil, apalagi jika dibandingkan dengan bisnis konvensional. Kamu tidak musti bermodal besar untuk menjalankan bisnis online.

Bahkan kamu bisa memulai bisnis online pertama kamu “tanpa modal” sekalipun, dalam artian bukan tanpa modal juga sih, maksudnya kamu tidak harus keluarkan uang dulu, karena untuk menjalankan bisnis ini minimal kamu sudah punya komputer/laptop atau bahkan hanya bermodal HP yang kamu pegang sekarang ini saja, serta bisa tersambung ke internet.

4. Punya Potensi Market Global

Oh iya dong, jika kita sudah bicara tentang Internet, maka kita tidak hanya bicara tentang potensi market Lokal atau dalam Negeri saja, tapi Internet sudah menjadi sarana berjejaring dan saling terhubung ke market potensial seluruh dunia.

Artinya, dengan bisnis online, kamu tidak hanya bisa menjangkau konsumen dalam negeri saja tapi memiliki potensi untuk mendapatkan pelanggan internasional.

Bahkan, mungkin kamu perlu tahu bahwa banyak pebisnis online yang lebih memilih menargetkan market luar negeri dibanding market Lokal atau dalam negeri. Alasannya, karena market luar negeri umumnya sudah familiar dengan transaksi di Internet.

Beda dengan di Indonesia, meskipun deskripsi produk dan harganya sudah dicantumkan di website misalnya, tetap saja masih ditanyakan via Chat. Bahkan kadang lebih banyak nanyanya dibanding belinya. Hehehe..

5. Bisa Dijalankan oleh Siapa Saja

Yes, menjalankan bisnis online tidak mengharuskan kamu harus punya latar belakang IT. Karena, siapapun dan apapun profesi kamu saat ini, kamu bisa sukses berbisnis online. Bahkan, tidak sedikit orang yang awalnya sama sekali tidak paham tentang teknologi atau internet marketing pun bisa sukses.

Hal paling penting yang harus kamu miliki adalah punya kemauan kuat dan semangat tinggi untuk belajar dan fokus menjalankannya. Jika itu yang kamu miliki, berapapun usia kamu, apapun latar belakang kamu, kamu tetap bisa sukses di bisnis online.

6. Potensi Penghasilan Lebih Besar

Bisnis online merupakan jenis bisnis yang memiliki potensi pendapatan yang jauh lebih besar dengan modal yang sangat minim.

Contoh sederhananya saja jika kamu punya Toko Online yang menjual produk orang lain dengan margin keuntungan rata-rata 50.000 saja, maka jika dalam 1 bulan ada yang membeli 100 produk, maka kamu memperoleh untung Rp. 5 Juta.

Ya dengan hanya bermodalkan Website atau bahkan hanya bermodalkan Foto Produk saja, lalu ditawarkan di Media Sosial, kamu berpeluang menghasilkan banyak uang. Artinya, untungnya bisa 100%, 300%, bahkan 1000%.

Bandingkan saja dengan bisnis konvensional (offline), untuk menghasilkan pendapatan bersih sejumlah yang sama dengan tadi, itu butuh modal yang tidak sedikit. Yaa, minimal bangetlah 10x lipat dari proyeksi pendapatan per bulan.

7. Proses Transaksi Mudah dan Cepat

Kemudahan dan kecepatan transaksi menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis. Dan inilah yang menjadi kelebihan tersendiri dalam bisnis online.

Apalagi saat ini sudah tersedia banyak penyedia layanan pembayaran online di Internet, yang tidak hany terbatas pada Transfer antar bank.

Itu artinya, potensi bisnis online sudah semakin besar dan akan semakin berkembang.

8. Kamu Sendirilah Bossnya..

Karena bisnis online adalah bisnis yang tidak terikat oleh waktu dan tempat, maka kamulah yang akan menjadi bos bagi diri kamu sendiri. Kamulah yang bebas menentukan kapan waktu untuk bekerja, kapan waktu untuk bersantai dan kapan mau cuti.

Apalagi di awal perjalanan bisnis kamu, kamu sendirilah yang akan menentukan dan meraih sendiri target yang sudah kamu buat. Kamu sendiri yang mengatur strategi bisnis yang akan kamu terapkan, kamu sendiri yang promosi, kamu juga sendiri yang melayani konsumen.

Jadi semua serba kamu sendiri, kamulah Bosnya…

9. Bisnis Beroperasi 24 Jam

Jika kamu punya toko di Mall misalnya, tentu Mall punya jam operasional setiap harinya. Ketika mall tutup, tentu toko kamu juga tutup, dan pastinya tidak ada pengunjung sehingga tidak ada pemasukan pada saat itu.

Beda halnya dengan Bisnis online yang bisa beroperasi selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu, dst. Kamu punya tim penjualan yang terus bekerja menawarkan produk kamu ke calon konsumen, meskipun kamu sedang tidur atau berlibur.

Bahkan saat tengah malam pun bisa saja terjadi transaksi jual beli, apalagi jika toko online kamu sudah disetting untuk melayani transaksi secara otomatis. Saya yakin kamu sudah sering menemukan atau merasakannya sendiri ketika berbelanja di Marketplace seperti Shopee atau Tokopedia.

Menyenangkan bukan?

Kekurangan Bisnis Online

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online 3

Tidak hanya mempunyai kelebihan, bisnis online tentunya juga memiliki kekurangan. Lantas apa saja kekurangannya? Berikut saya coba uraikan dengan sesederhana mungkin.

1. Sangat Bergantung pada Internet

Karena semua aktivitas bisnis online itu dilakukan lewat internet, maka tentunya Bisnis online sangat bergantung pada koneksi internet.

Distribusi informasi dan transaksi yang terjadi semua melalui internet. Promosi di sosmed butuh internet, melayani chat konsumsen butuh internet, transaksi jual beli di website juga harus pakai internet.

Sehingga, jika ada salah satu pihak saja, entah pembeli atau penjual itu sendiri yang tidak terhubung ke internet maka bisa dipastikan tidak akan ada proses bisnis yang terjadi.

2. Berpotensi Melanggah Hak Cipta

Salah satu kekurangan bisnis online adalah sangat rentan terhadap pelanggaran Hak Cipta. Bisa dari segi produk sendiri, konten yang digunakan seperti desain, gambar, atau bahkan Video.

Misalnya, kamu seorang Youtuber, dan di dalam video kamu menggunakan Musik orang lain tanpa izin, maka kamu bisa saja dituntut secara hukum, atau kamu menggunakan konten orang lain ke dalam konten kamu tanpa seizin pemilik konten yang asli.

Selain itu, dari sisi kamu sebagai pemilik produk. Kamu misalnya punya produk digital seperti ebook atau Video Tutorial, seringkali ada orang-orang main curang dengan menjual produk kamu tanpa sepengetahuan kamu atau menjualnya dengan harga yang sangat murah.

Jika kamu gak percaya, cek aja produk-produk digital yang ditawarkan di Marketplace-marketplace. Kamu akan menemukan ratusan produk digital yang dijual sangat murah dan tanpa seizin dari pemiliknya.

3. Butuh Pengetahuan dan Skill

Jika kamu termasuk salah satu pebisnis online yang bermodal kecil, maka tentu segala hal teknis yang dibutuhkan dalam mendukung operasional bisnis online kamu di awal betul-betul harus kamu pahami dan kuasai. Kamu harus punya pengetahuan dan skill yang cukup.

Skill dan keahlian yang kamu butuhkan seperti; Membuat Website/Blog, Copywriting, Membuat Landing Page, Desain Grafis, Membuat Iklan, Customer Handling (melayani konsumen).

Beda halnya jika kamu punya cukup modal, kamu bisa merekrut orang-orang yang ahli di bidang tersebut dari awal. Tapi, tentu salary mereka cukup besar, itu harus kamu pertimbangkan.

Kamu bisa belajar membuat website dengan membaca artikel-artikel pada kategori Website yang ada di Blog ini.

4. Tidak Mudah Membangun Kepercayaan

Entah apakah ini layak dianggap sebagai kekurangan atau tidak, tapi membangun kepercayaan kepada konsumen memiliki tantangan tersendiri. Apalagi jika barang yang kamu jual tidak dilihat dan dirasakan langsung oleh calon pembeli kamu.

Sementara untuk bisa terjadi transaksi, maka antara penjual dan pembeli harus saling percaya. Karena di Internet baik penjual dan pembeli sama-sama memiliki peluang untuk melakukan penipuan.

Jadi bukan hanya penjual saja bisa menipu, tapi pembeli pun sering menipu.

5. Ada Biaya Tambahan

Selain konsumen membayar sesuai dengan harga produk yang ia pilih, konsumen juga biasanya membayar biaya tambahan untuk ongkos kirim.  Kadang transaksi dibatalkan hanya karena ongkos kirim yang dinilai terlalu tinggi.

Selain itu, kadang juga terjadi di mana barang yang dipesan terlambat datang dikarenakan masalah pengiriman yang mengakibatkan Konsumen sedikit kapok belanja di Toko Kita.

Tapi tentunya, hal seperti itu saya yakin bisa kamu atasi. Kamu harus lebih sabar menghadapi pembeli, kamu harus sering memberikan edukasi ke konsumen-konsumen kamu, baik di media sosial, blog ataupun channel-channel kamu yang lain.

Masalah yang demikian pun lebih seringnya ditemukan di Online Shop. Beda lagi kasusnya jika menjual produk digital.

6. Tingkat Persaingan Cukup Ketat

Ada begitu banyak peluang bisnis online yang dapat dijalankan, akan tetapi seiring dengan perkembangan bisnis di internet, persaingan pun ikut meningkat.

Bayangkan saja, jika kamu jualan baju anak misalnya. Tentunya, ada ribuan toko online yang juga menjual produk sejenis, dan itu akan menjadi kompetitor kamu di Internet.

Beda halnya di dunia offline, jika kamu punya toko di sebuah wilayah dan lokasi tertentu, umumnya jarang ditemukan toko sejenis di sekitar toko kita. Kalaupun ada, paling 2 atau 3 toko, artinya kompetisinya tidak terlalu besar.

Tapi di Internet, meski kita tinggalnya di Makassar akan tetapi kita jualannya di Internet, maka kompetitor kita adalah seluruh Indonesia. Hehehe

Menarik juga untuk kamu baca:

Kesimpulan

Demikianlah sekilas penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis online. Selanjutnya, kamu bisa memutuskan mau menjalakan model bisnis online yang mana dengan segala tantangan yang menanti.

Pendapat pribadi saya, bisnis online memang merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi siapa saja. Selain itu, juga sangat banyak potensi yang dapat dikembangkan secara online. Namun, pada prakteknya bisnis online tidak semudah yang dibayangkan.

Tapi, jika kamu sudah siap dengan segala tantangan dan resikonya, yuk gaaskeun lah. Hehe

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here