Jual Stock Foto Harga Jutaan Rupiah dengan Situs Berikut!

Kamu memiliki banyak stock foto yang tersimpan rapi di hp atau laptop? Wah kebetulan, ada kabar gembira, nih! Sekarang kamu dapat jual stock foto kamu dan hasilkan hingga jutaan rupiah. Bagaimana caranya?

Mungkin tidak terlalu tepat jika menggunakan istilah “menjual”. Sebab, kamu bukan menjual hasil foto tersebut, melainkan memajangnya di situs-situs jual foto. Saat orang lain tertarik dan mengunduh foto kamu, kamu akan memperoleh komisi dari hasil unduhan tersebut.

Hampir semua situs jual beli stock foto memang berasal dari luar negeri. Sebab, di Indonesia sendiri belum ada website yang memfasilitasi karya-karya fotografer untuk diperjualbelikan.

Namun dengan begitu, tentu foto kamu akan dihargai lebih mahal karena hitungannya menggunakan dollar. Bahkan, hanya dengan sekali foto saja kamu sudah bisa memperoleh pemasukan berkali-kali.

Jual Stock Foto Kamu Hingga Jutaan di Situs Berikut!

Sudah tidak sabar untuk menjual foto kamu? Yuk, simak baik-baik mana saja website yang berani membayar mahal foto para publishernya.

Namun sebelum itu, perlu kamu pahami bahwa ada kemungkinan jika masing-masing situs akan memiliki sistem pembayaran, lisensi, komisi, maupun ke-eksklusifan yang berbeda-beda.

Namun, apapun situsnya, kamu tetap membutuhkan akun paypal untuk menerima pembayaran dalam bentuk dollar.

Tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini saya berikan daftar situs tempat jual foto terbaik yang dapat membayar kamu dengan harga tinggi.

1. iStockphoto

jual stock foto di iStockphoto

Dengan usia yang sudah cukup tua, yakni sejak tahun 2001, iStockphoto memiliki jaringan kontributor yang luas.

Sayangnya, proses untuk menjadi kontributor iStockphoto cukup sulit. Setiap pelamar yang masuk, akan benar-benar diseleksi.

Namun, jika sudah berhasil, kamu akan memperoleh komisi sebesar 15 persen untuk setiap foto yang terjual. Jika kamu sudah menjadi kontributor eksklusif, pendapatan kamu akan naik hingga 45 persen.

Kelebihan iStockphotoKelemahan iStockphoto
Memiliki kontributor yang sangat banyakProses pendaftaran kontributor cukup sulit
Jaringan kontributornya luasKomisi terbilang masih cukup rendah

Untuk kamu yang masih berminat, berikut saya berikan langkah-langkah menjual foto di iStockphoto.

  1. Daftar menjadi kontributor melalui link ini
  2. Jadilah pelanggan dengan mengunduh foto-foto di sana atau pilih kategori foto yang kamu sukai
  3. Lengkapi persyaratan lainnya dan tunggu hingga tim iStockphoto selesai melakukan pemeriksaan. Jika cocok, tim iStockphoto akan mengajukan beberapa pertanyaan singkat
  4. Unggah beberapa karya yang kamu buat untuk memastikan jika kamu sesuai dengan kualifikasi.

2. Shutterstock

jual stock foto di Shutterstock

Mungkin kamu sudah sering mendengar nama situs yang satu ini. Yaps! Shutterstock. Melalui situs ini, kamu akan mendapatkan komisi sekitar 20% untuk setiap gambar yang terunduh.

Namun sayangnya, penetapan harga yang diberikan Shutterstock ini cukup rumit. Meski begitu, penghasilan dari situs ini tanpa ada batasan waktu. Semakin banyak foto yang berhasil kamu unggah, akan semakin besar pula peluang kamu untuk memperoleh penghasilan yang besar.

Di Shutterstock, kamu tak hanya bisa menjual foto saja, tetapi juga video dengan ukuran gambar 4k dan HD, atau bahkan gambar vektor.

Menariknya lagi, kamu juga dapat mengundang fotografer lain untuk bergabung menjadi member Shutterstock.

Jika kamu berhasil mengajak orang untuk mendaftar dan mengunggah foto, kamu akan memperoleh komisi $0,4. Menarik, bukan?

Kelebihan ShutterstockKelemahan Shutterstock
Memiliki audiens yang sangat banyakEksklusif, hanya ada sekitar 20% fotografer yang mendaftar
Menerima semua jenis konten, baik foto, video, atau gambar vektorKomisi terbilang masih cukup rendah
Dapat menggunakan penghasilan tambahan dengan affiliateSistem pembayarannya cukup rumit dan sulit dimengerti

Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi kontributor dan menghasilkan uang hingga jutaan, ikuti langkah-langkah berikut!

  1. Daftar sebagai kontributor di Shutterstock
  2. Isi data diri secara lengkap dan sesuai, kemudian tunggu hingga memperoleh komfirmasi alamat email
  3. Untuk mengonfirmasi akun Shutterstock, unggah foto/scan paspor dan KTP
  4. Upload foto kamu sebanyak-banyaknya dengan ketentuan:
  • Foto merupakan karya pribadi
  • Tidak mencantumkan trademark atau brand di dalam foto
  • Menyertakan model release (surat pernyataan kesediaan) jika foto menggunakan model
  1. Tunggu konfirmasi dari pihak Shutterstock dalam kurun waktu 3-4 hari kerja

Jika foto kamu lolos, foto tersebut secara otomatis akan masuk di website Shutterstock. Sementara untuk foto yang  tidak lolos akan diberikan feedback dan saran

Shutterstock akan mengirimkan keterangan pendapatan jika foto-foto yang terjual terakumulasi paling sedikit $35.

3. SmugMug Pro

jual stock foto di SmugMug Pro

Ingin memperoleh penghasilan yang lebih tinggi lagi? kamu dapat menjualnya di SmugMug Pro. Situs ini menawarkan markup hingga 85 persen. Itu artinya, jika foto kamu terjual seharga $100, kamu akan memperoleh komisi $85.

Namun jangan senang dulu, untuk memperoleh upah yang besar, kamu harus menjadi member premium terlebih dahulu. Biayanya sendiri sebesar $12,5 setiap bulannya atau jika dikurs dalam rupiah yaitu sekitar 150 ribu.

Kelebihan ShutterstockKelemahan Shutterstock
Komisi yang diberikan sangat tinggi hingga 85%Harus mendaftar member premium dan dikenakan biaya $12,5 setiap bulannya

Bagaimana? Masih berminat untuk menjual foto di sini? Untuk menghasilkan cuan melalui SmugMug Pro, ikuti beberapa langkah berikut!

  1. Buat akun Pro melalui link berikut
  2. Upload foto terbaik yang kamu miliki
  3. Pilih foto yang hendak kamu jual
  4. Tentukan harga untuk masing-masing foto

SmugMug memberikan kamu kebebasan untuk membanderol harga sendiri. kamu dapat menentukan biaya yang cocok untuk hasil jepretan kamu sendiri.

4. 500px Prime

jual stock foto di 500px Prime

Situs yang sengaja dibuat untuk menghubungkan 5 juta fotografer dunia, hampir setiap harinya mengunggah foto hasil jepretan mereka dalam jumlah yang banyak. Ukuran fotonya sendiri kurang dari 500 piksel.

Komisi yang ditawarkan oleh situs ini pun terbilang cukup tinggi, yaitu sebesar 70 persen untuk setiap lisensi foto yang berhasil terjual. Untuk lisensi stkamurnya yaitu $25. 

Untuk satu foto bisa dimungkinkan dapat menghasilkan hingga 3 juta rupiah. Menariknya, Ini sudah komisi bersih.

Bahkan, setiap foto bisa saja muncul pada Billboard, kampanye iklan online, atau lainnya yang memungkinkan hasil jepretan kamu dilirik banyak orang.

Lisensi yang ada pada situs ini juga ada dua macam, yaitu komersial dan stkamur. Lisensi komersial akan memberikan kamu harga foto yang pastinya lebih tinggi lagi.

Kelebihan 500px PrimeKelemahan 500px Prime
Komisi hingga 75% dengan harga jual mulai dari $35 Listing otomatis
Dapat menjalin komunitas dengan fotografer lainEksklusif, hanya anggota komunitas saja yang dapat mengunggah fotonya
Pembayaran dimulai dari $25

Pertanyaannya, bagaimana sih cara menjual foto di 500px Prime? Berikut saya berikan langkah-langkahnya.

  1. Daftar terlebih dahulu di situs 500px Prime
  2. Upload foto terbaik kamu satu per satu lengkap beserta lisensi untuk masing-masing gambarnya

Lisensi ini beda dengan lisensi yang tadi. Yang dimaksud di sini yaitu lisensi keanggotaan yang terdiri dari lisensi non eksklusif dan eksklusif.

  1. Pilih lisensi sesuai dengan kategori gambar

kamu dapat memberikan lisensi eksklusif untuk gambar super unik, berkualitas, dan berharga. Itu juga berarti, nantinya kamu akan menjual foto kamu secara penuh. Tentu saja komisi yang kamu peroleh juga akan tinggi.

Baca Juga:

Penutup

Selain menjual produk, melalui internet kamu juga dapat menyalurkan hobi kamu dengan menjual hasil jepretan kamu untuk memperoleh hasil yang fantastis. Namun ingat, bagaimanapun itu, yang terpenting adalah action, bukan hanya sekedar teori atau hanya angan-angan belaka.

Mungkin daftar di atas hanyalah sebagian dari situs jual foto terbaik yang berani membayar kamu mahal. Masih ada situs-situs lain yang dapat kamu gunakan, seperti Getty Image, Adobe Stock, dan lain-lain.

Nah, kira-kira kamu akan mencoba yang mana? Coba share pilihan kamu dan berikan alasan kenapa kamu memilih situs tersebut.

Jika kamu sudah pernah mencoba jual stock foto di situs lain dan berhasil, kamu juga dapat membagi ceritanya di kolom komentar. Terima kasih 🙂

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here