Jenis Jenis Bisnis Online yang Patut Ditekuni (Recommended)

Jika kamu saat ini masih menganggur atau baru saja kehilangan pekerjaan atau mungkin mau menambah penghasilan, maka bisnis online bisa menjadi solusi yang tepat. Ada begitu banyak jenis jenis bisnis online yang dapat kamu tekuni agar memperoleh penghasilan.

Oh iya, ungkin yang terlintas selama ini di benak kamu mengenai peluang bisnis online hanyalah sekeder jualan online semata, baik itu berupa produk atau jasa.

Akan tetapi sekali lagi saya katakan bahwa ada sangat banyak jenis-jenis bisnis online yang bertebaran di internet yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan atau bahkan sebagai penghasilan utama.

Jika ini pertama kalinya kamu menemukan artikel bisnis online seperti ini, maka teruslah membaca tulisan ini..

Inilah Jenis-Jenis Bisnis Online yang Banyak Ditekuni

Berikut ini adalah daftar peluang bisnis online yang banyak ditekuni, baik di Indonesia sendiri maupun di luar negeri.

1. Bisnis Toko Online

Jenis jenis Bisnis Online shop

Jenis bisnis online yang pertama ini tentu tidak asing bagi siapa saja, karena model bisnis online seperti ini sudah sering kita temui.

Bisnis Toko Online adalah salah satu peluang bisnis online yang patut dijalankan untuk bisa menghasilkan uang. Bahkan, sudah sangat banyak yang menjalankannya saat ini.

Jika kamu sebelumnya sudah punya Toko Offline yang menjual produk, maka bisa kamu buatkan toko online yang bisa melayani pembeli secara online dan tentunya bisa memperluas market share dari produk kamu.

2. Reseller dan Dropshipper

Jenis jenis Bisnis Online Dropshipping

Peluang bisnis online ini sebenarnya masih turunan dari Toko Online. Akan tetapi, menjalankan bisnis ini tidak mengharuskan kamu punya produk sendiri, karena ada banyak supplier atau distributor yang sudah menyediakan produk siap jual.

Tugas kamu hanyalah menghubunginya supplier, lalu menjualkan dan memasarkan produknya. Selisih dari harga modal produk dari supplier dengan harga yang kamu jual ke konsumen menjadi keuntungan kamu.

Mungkin kamu bertanya-tanya, memangnya Reseller dan Dropship itu sama om?

Sebenarnya bagi saya keduanya sama saja, karena pada dasarnya sama-sama menjualkan atau memasarkan produk orang lain.

Perbedaan paling menonjol dari keduanya hanyalah dari sisi model kerjasama antara supplier/produsen dengan kamu sebagai Reseller atau Dropshipper.

Jika reseller, umumnya supplier atau produsen mengharuskan kamu membeli sejumlah produk mereka dalam jumlah tertentu terlebih dahulu, lalu kamu boleh ikut menjualnya kembali. Sederhananya, kamu nyetok produk lah.

Beda halnya dengan dropshipper, yang cukup mendaftarkan diri saja ke pemilik produk dan bisa langsung menjualnya tanpa harus nyetok produk.

Tidak hanya itu, jika kamu mendapatkan pembeli maka produk yang dipesan akan dikirimkan langsung oleh vendor ke alamat pembeli atas nama kamu sebagai pengirim.

Jadi dengan dropship, kamu tidak perlu sediakan produk, tidak perlu capek packing produk, tidak perlu panas-panasan antar barang ke ekspedisi untuk dikirim, dan bisa dapat uang. Enak banget ya?

3. Affiliate Marketing

Jenis jenis Bisnis Online affiliate marketing

Affiliate marketing adalah salah satu dari sekian banyak jenis bisnis online yang saya sukai. Model bisnis ini sekilas mirip dengan model dropship, karena sama-sama memasarkan produk orang lain.

Akan tetapi, yang membuatnya berbeda dengan dropship adalah kita tidak perlu secara langsung melayani pembeli, karena system dan segala kebutuhan untuk penjualannya sudah disediakan oleh vendor.

Tugas kita hanyalah mengarahkan calon pembeli ke halaman penawaran produk yang telah disediakan oleh vendir, dan ketika terjadi pembelian maka kita akan mendapatkan komisi.

Menariknya, karena produk yang tersedia tidak hanya produk fisik namun juga produk digital, seperti ebook, software, aplikasi, video tutorial, dan sebagainya.

Lebih detailnya kamu bisa baca pada artikel saya sebelumnya tentang Affiliate Marketing.

4. Menjadi Blogger

Jenis jenis Bisnis Online blogging

Banyak yang belum tahu bahwa nge-blog itu adalah salah satu peluang bisnis online yang bisa menghasilkan uang.

Jika kamu suka menulis maka menjadi blogger bisa menjadi pilihan bisnis kamu di internet. Kamu cukup membuat blog, mengisi blog kamu dengan artikel yang bermanfaat, dan jadikan blog kamu sebagai sumber penghasilan rutin.

Caranya?

Ada banyak cara agar blog kita bisa dapat uang. Hal ini sudah saya jelaskan pada artikel saya sebelumnya tentang Cara Mendapatkan Uang dari Blog. Jangan lupa dibaca ya!

5. Menjadi Youtuber

Jenis jenis Bisnis Online youtuber

Kamu pasti sering menonton berbagai macam acara di Youtube kan? Mulai dari mencari berita, sekedar hiburan, hingga mencari informasi penting lainnya.

Jika iya, maka selamat! Karena kamu telah menjadi salah seorang yang secara tidak langsung menyumbang penghasilan ke para pemilik Channel di Youtube.

Perlu kamu tahu bahwa, youtube tidak hanya sekedar sarana hiburan dan sekedar tayangan video semata, akan tetapi Youtube menyediakan peluang bisnis yang bisa kamu jadikan sebagai sumber penghasilan online.

Istilah kerennya adalah menjadi Youtuber.

Tidak sedikit lho YouTuber yang bisa mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah setiap bulan dari channel YouTube mereka.

Terus Bagaimana caranya?

Tugas kamu adalah membuat channel di Youtube, rajin membuat Video dan menguploadnya, dan lihat sendiri bagaimana channel Youtube kamu menjadi pundi-pundi dollar. Hehe..

Selengkapnya kamu bisa baca 8 Cara Mendapat Uang dari YouTube (Panduan untuk Pemula).

6. Bisnis Kursus Online

peluang bisnis kursus online

Jika kamu punya keahlian tertentu atau mungkin punya banyak kenalan yang bisa mengajarkan keahlian yang mereka miliki, maka kamu bisa mencoba membuat kursus online sendiri.

Kursus online atau istilah kerennya e-Course, biasanya berisi beragam materi yang bisa diakses oleh siswa atau peserta dengan cara membayar. Bisa dengan bentuk berlangganan bulanan atau tahunan, hingga system sekali beli.

Salah satu contoh yang bisa kamu lihat adalah Skill Academy atau beberapa Lembaga kursus lainnya yang kemarin berpartisipasi dalam program Prakerja yang dicanangkan oleh pemerintah.

Atau jika kamu mau melihat contoh sederhana punya saya, kamu bisa lihat di https://ecourse.ombaldan.id/.

Tapi tidak usah khawatir, untuk menjalankan jenis bisnis online ini, kamu tidak harus membuat website apalagi membuat system yang sekompleks itu. Kamu bisa memulai kursus online kamu dengan modal Group Whatsapp atau Facebook saja dulu.

Nanti, kalau sudah siap dari sisi modal dan SDM, barulah kamu boleh kembangkan dengan membuat system pembelajaran yang lebih professional.

7. Content Writer

peluang bisnis content writer online

Jenis bisnis online yang juga sangat menjanjikan adalah bisnis jasa penulisan artikel. Jika kamu punya keahlian menulis yang baik, paham struktur penulisan yang benar, maka ini adalah peluang bisnis online buat kamu.

Kamu bisa menawarkan keahlian kamu itu ke para pemilik website atau blog. Ketahuilah bahwa banyak pemilik website atau blog yang jarang mengupdate artikel di website mereka, entah karena tidak punya tim yang khusus untuk itu atau memang karena malas.

Inilah peluang bagi kamu untuk menawarkannya kepada website-website yang seperti ini.

Tarif jasa penulisan artikel biasanya dihitung berdasarkan jumlah kata. Ada yang menawarkan 10.000 sampai 50.000 per 500 kata, bahkan ada yang lebih tinggi lagi. Tergantung dari kualitas tulisan.

Tentunya juga kamu bisa membedakan tarif antara artikel yang berbahasa Indonesia dengan artikel berbahasa asing.

Berikut ini saya tampilkan daftar harga salah satu penyedia jasa penulis artikel di Indonesia:

daftar harga jasa penulis artikel

Menarik bukan?

8. Menjadi Freelancer

peluang bisnis freelancer

Jika kamu punya keahlian seperti desain grafis, video editing, copywriting, fotografi, dan keahlian lainnya, maka kamu bisa menjual keahlian kamu tersebut dengan menjadi Freelancer.

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak platform website penghasil uang di internet yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan dari klien yang membutuhkan keahlian kamu. Seperti Fiverr, Shutterstock, Projects, dan banyak lagi yang lainnya.

Daftarkan diri kamu di website-website tersebut, lalu tampilkan portofolio keahlian kamu, dan biarkan platform tersebut bekerja mencarikan klien untuk kamu.

9. Bisnis Jasa

peluang bisnis jasa internet

Selain jenis-jenis bisnis online yang saya sebutkan di atas, kamu juga bisa menjalankan bisnis jasa di Internet. Jasa apa saja bisa kamu tawarkan di Internet?

Hampir semua jasa tentunya bisa ditawarkan, seperti jasa desain interior, jasa pembuatan website, jasa SEO, jasa pembuatan video, jasa penterjemah, dan berbagai jenis jasa yang lainnya.

Menjalankan bisnis online di bidang jasa tentu lebih menarik, karena biasanya pembeli membayar dulu lalu kita bekerja. Kamu hanya perlu modal komputer atau laptop dan koneksi internet yang lancar.

Untuk menemukan klien, kamu bisa melakukan penawaran melalui media sosial atau membuat website khusus untuk itu. Atau bisa juga kamu bergabung di marketplace seperti yang saya jelaskan pada nomor 8 di atas.

Baca Juga:

10. Android Publisher

android publisher

Jika kamu punya keahlian membuat aplikasi mobile khususnya untuk Aplikasi berbasis android, mengapa tidak mencoba peluang ini?

Buatlah aplikasi yang sekiranya bermanfaat bagi orang lain. Lalu, upload ke Android aplikasi kamu. Semakin banyak yang mendownload maka potensi penghasilan kamu juga semakin besar.

Lalu penghasilannya dari mana?

Yang saya tahu, sumber penghasilan dari Android ada dua jenis. Pertama, jualan aplikasi itu sendiri dan yang Kedua, dari Adsense atau yang sering disebut sebagai AdMob.

Jika aplikasi kamu termasuk aplikasi premium, maka tentu tidak dapat menampilkan iklan dan biasanya hanya akan menyasar pengguna tertentu.

Tapi jika aplikasinya dapat didownload secara Gratis, maka kamu dapat menghasilkan uang dari iklan Google.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis-jenis bisnis online yang bisa kamu tekuni dan bisa menjadi sumber penghasilan utama atau penghasilan tambahan.

Masih banyak peluang bisnis di Internet yang bertebaran dan belum bisa saya sebutkan semua dalam artikel ini. Namun, pesan saya pastikan bisnis yang ingin kamu jalankan itu sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki.

PENTING!! Tidak ada hasil instan di bisnis online. Semua membutuhkan proses, semua membutuhkan kerja keras dan konsistensi. Tapi, ketika kamu terus berjuang, maka percayalah bahwa kamu akan sukses di bisnis online yang kamu tekuni.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here