Panduan Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website untuk Pemula

Internet menjanjikan peluang untuk meraup keuntungan jika memang kamu mempunyai kompetensi yang diperlukan. Kalau kamu mempunyai kemampuan hard skill yang mumpuni untuk menjadi web designer, mengapa tidak mencoba merintis bisnis online jasa pembuatan website?

Untuk mengembangkan usahanya, saat ini semakin banyak perusahaan yang merambah dunia maya demi menjangkau lebih banyak konsumen.

Untuk itu bisnis-bisnis terkait membutuhkan website untuk memenuhi kebutuhan publikasi serta interaksi dengan audiensnya.

Inilah alasannya mengapa bisnis ini potensinya begitu besar. Ada banyak sekali institusi dan perusahaan rintisan atau besar yang berupaya melibatkan internet marketing untuk membuat bisnisnya semakin maju. 

Jenis-Jenis Website yang Banyak Dicari

jasa pembuatan website profesional

Sebelum mulai meretas jalan membuka jasa pembuatan website profesional, ketahui dulu jenis-jenis website yang banyak dicari klien berikut:

Website pribadi

Web pribadi biasanya dijadikan sarana untuk berbagi ide, informasi, dan opini dalam bentuk tulisan. Umumnya untuk jenis website demikian ini tidak membutuhkan perlakukan yang terlalu rumit, misalnya maintenance template CMS saja. 

Jadi Kamu bisa mematok layanan pembuatan website pribadi dengan tarif terjangkau.

Company profile perusahaan, institusi, sekolah, yayasan, pondok pesantren, dan sejenisnya

Profil perusahaan memudahkan masyarakat sampai calon investor mencari informasi yang berkaitan dengan perusahaan terkait.

Ini misalnya produk, event, background, kegiatan bisnis, dan informasi penting lainnya. Tipe website demikian sekaligus juga sebagai sarana promosi.

Website Toko Online

Jasa pembuatan website toko online semakin banyak dicari oleh perusahaan yang ingin meningkatkan penjualannya dengan melebarkan sayap secara di dunia maya. 

Website online shop bisa dihargai cukup tinggi karena harus memasukkan fitur-fitur yang membuat website terlihat profesional.

Fitur yang paling utama adalah metode pembayaran yang menyediakan banyak pilihan sehingga konsumen bisa membayar dengan metode yang dikehendaki.

Selain fitur pembayaran, website toko online idealnya juga menyediakan pilihan metode pengiriman yang bervariasi.

Portal berita

Website portal berita sekilas tampak sama dengan website jurnal, namun konten-kontennya lebih mengedepankan informasi berita paling aktual.

Persyaratan yang wajib dipenuhi untuk membuat website semacam ini agar mampu bersaing adalah informasi yang disampaikan harus terpercaya dan terkini.

Semakin banyak website portal berita yang menyediakan ruang bagi pengguna internet untuk turut melakukan reportase. Sebagai web designer kamu perlu menyediakan fitur yang komplit, termasuk untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Skill yang Dibutuhkan Untuk Jadi Web Designer

Skill yang Dibutuhkan Untuk jasa pembuatan website

Untuk membuat website yang menarik perhatian seorang desainer website harus memiliki keterampilan padu-padan warna, memilih jenis huruf yang ideal, sampai merancang logo.

Yang bersangkutan juga perlu membuat website karyanya nyaman digunakan oleh warganet.

Simak detailnya berikut ini!

  • Skill desain: Untuk menciptakan tampilan website yang enak dipandang desainer perlu memahami prinsip visual yang meliputi layout, warna, tipografi, dan usability. Aplikasi yang wajib dibutuhkan dalam proses merancang website antara lain adalah Adobe Photoshop/GIMP dan Adobe Illustrator/Inkscape.
  • UX (User Experience): Desainer perlu mempertimbangkan sudut pandang pengguna dalam merancang produk. Ini misalnya apakah user akan merasa nyaman melewatkan waktunya browsing di website buatannya atau tidak.
  • Skill HTML: Ini merupakan kemampuan dasar web programming dengan HTML sendiri merupakan bahasa markup yang berfungsi untuk membangun struktur laman web.
  • Skill CSS: Untuk membuat website tampil menarik dengan efek, layout, warna, font, background yang serasi, dibutuhkan skill CSS.
  • Skill dasar SEO: Seorang desainer juga perlu mempelajari dasar-dasar SEO untuk memenuhi syarat optimasi website. Ini antara lain memastikan website user-friendly, waktu loading-nya cepat, dan berisi konten ramah SEO.

Jika kamu tidak memiliki skill bahasa pemrograman atau coding, kamu tetap bisa membuka jasa pembuatan website. Caranya? Bisa kamu pelajari di eCourse pembuatan website ini.

Apa yang Dibutuhkan Untuk Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Sebagai panduan kamu inilah poin-poin utama yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online pembuatan website.

Menyediakan perangkat yang memadai

Menyediakan peralatan memadai adalah syarat mutlak agar aktivitas bisnis berjalan lancar. Ini termasuk PC atau laptop dengan spesifikasi sesuai kebutuhan, perangkat wifi atau internet.

Membuat merek

Kamu perlu membuat merek atau brand yang unik dan tampil mencolok di antara perusahaan pesaing. Salah satu tantangan dalam model bisnis online yang satu ini adalah kompetitor yang jumlahnya tidak sedikit.

Inilah salah satu alasan kamu perlu merancang brand yang dapat memancing perhatian. 

Brand yang berkarakter juga akan memudahkan pemasaran layanan jasa kamu. Jika memungkinkan dalam merancang brand bisnis harus terkandung visi dan misi, termasuk spirit perusahaan.

Memilih jenis layanan untuk klien     

Biasanya perusahaan pembuatan website menyediakan paket-paket layanan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan klien.

Kamu bisa menyediakan layanan pembuatan website saja atau paket komplit misalnya dengan optimasi SEO. 

Tentu saja kamu berkesempatan mematok tarif jasa yang lebih tinggi untuk layanan yang lebih lengkap.

Promosi

Setelah perangkat yang memadai tersedia, sudah menemukan brand yang unik, serta menetapkan jenis layanan untuk klien, sekarang waktunya mempublikasikan bisnismu! 

  1. Kamu Harus Punya Website Dulu

Ini dasar banget, tapi penting untuk diperhatikan.

Pastikan website kamu tampil secara sempurna, dengan desain yang menarik dan konsep yang profesional. Terapkan juga teknik optimasi website atau SEO untuk meningkatkan kunjungan.

Sulit untuk meyakinkan klien bahwa kamu adalah penyedia jasa terbaik jika websitemu sendiri kurang meyakinkan. Sebagai langkah awal, membangun kepercayaan calon customer sangat penting agar bersedia memilih perusahaan kamu.

Jangan lupa tunjukkan portofolio terbaik kamu di sini untuk menarik minat konsumen.

Namun jika belum mempunyai portofolio pastikan website bisnismu benar-benar bagus atau dengan menampilkan semacam website premade dengan berbagai konsep.

Dengan begitu calon klien mempunyai gambaran hasil kerjamu pada website mereka.

  1. Membuat akun media sosial bisnis

Jangan menggabungkan akun media sosial pribadi dengan bisnis karena ini terkesan tidak profesional. Facebook, YouTube, dan Instagram bisa menjadi pilihan untuk menampilkan profil singkat perusahaan, layanan jasa, dan keunggulan. 

Promosi di media sosial harus dilakukan secara konsisten dengan   rajin mengunggah konten yang relevan. Untuk menjalin relasi secara profesional, tidak ada salahnya menambahkan akun Linkedin.

  1. Menyebarkan brosur digital

Kamu juga dapat mempertimbangkan strategi outreach dengan mengumpulkan database calon konsumen yang tertarget untuk dikirimi penawaran jasa misalnya dengan email marketing.

Untuk menjaring database dapat dilakukan dengan membagikan ebook gratis cukup dengan menginput alamat email.

  1. Mencetak kartu nama

Marketing offline dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana. Kamu bisa memberikan kartu nama bisnis kepada orang-orang yang sekiranya berpotensi menjadi target market perusahaan.

Baca Juga:

Kesimpulan

Merintis perusahaan jasa penyedia website adalah alternatif bisnis online yang berprospek cerah. Ini karena semakin banyak bisnis yang go online dan membutuhkan jasa web designer profesional

Harga jasa pembuatan website memang bervariasi, bisa kamu atur sesuai keinginan. Meski begitu paling tidak konsumen harus merogoh kocek paling sedikit mulai 3,5 juta rupiah untuk paket website paling simple. 

Sementara untuk paket layanan super lengkap tarifnya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.  Ini karena merancang website yang powerfull bukan perkara mudah.

Untuk membangun kepercayaan serta menarik minat konsumen, pastikan melakukan strategi marketing online dan offline secara konsisten.

Untuk yang berminat merintis bisnis jasa pembuatan website tapi belum mempunyai skill yang mumpuni, kamu bisa mengikuti e-course membuat website di sini. Dengan materi yang dirancang untuk pemula, sekarang siapapun bisa membuat website sendiri. Semoga menginspirasi!

Mau Belajar Bikin Website Sendiri dan Menghasilkan Uang dari Website Kamu? Sangat Cocok untuk Pemula yang Tidak paham pemrograman dan tidak punya background IT.

KLIK DI SINI UNTUK JOIN

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Indonesia Website Awards