7 Pakar dan Guru Internet Marketing di Makassar yang Wajib Kamu Ikuti

Sebenarnya ada begitu banyak Praktisi dan Guru Internet Marketing di Makassar yang memang expert di bidangnya dan yang keilmuannya tidak saya ragukan lagi. Sayangnya mereka jarang mengabadikannya di blog atau websitenya, bahkan di media sosial pun terkadang jarang ditemui.

Tapi, sejauh pergaulan saya dengan mereka, saya pun akhirnya jadi banyak tahu apa kesibukan mereka dan apa project yang sedang mereka kerjakan. Bahkan tidak sedikit ilmu-ilmu baru tentang Internet Marketing juga saya peroleh dari mereka.

Nah, bagi kamu (khususnya yang berada di Makassar) yang ingin serius belajar Bisnis Online, saya sarankan kamu banyak bergaul dengan mereka. Bergaul dengan mereka bisa kamu mulai dari mengikuti akun Sosmednya, Ikut Ngopi bareng atau bahkan mengikuti Seminar dan Workshopnya jika ada.

Tapi kan kalau workshop berbayar om….

Soal itu menurut saya tidak masalah sih sob, karena ilmu itu memang mahal. Mereka pun menginvestasikan banyak waktu dan uang dalam proses belajarnya.

Tapi, kamu boleh memilih dan menggunakan banyak cara untuk bisa bergaul dengan mereka sob. Intinya, lakukan saja segala macam cara untuk bisa dapatkan ilmu dari mereka.

Kakek saya, pernah bilang begini:

“Lebih baik bergaul dengan orang-orang yang lebih baik dari kita. Carilah orang yang kebiasaan atau sifatnya lebih baik darimu dan Kamu akan terbawa ke arah yang lebih baik.”
-Warren Buffett-

Lalu Siapa Saja Guru Internet Marketing di Makassar?

Markibong..
Mari kita bongkar satu per satu….

1. Faisal Nisbah

om faisal nisbah android publisher

Saya manggilnya Om Faisal. Namanya tidak cukup terkenal di jagat maya, tapi ia termasuk salah satu Android Publisher yang Sukses. Tidak suka tampil di publik, tapi ngomsetnya kencang sob.

Namun sebelum sampai ke situ, ia juga pernah melalui perjuangan yang berdarah-darah sob.Ada banyak peluang Bisnis Online yang pernah dicobanya namun semuanya tidak membuahkan hasil.

Mulai dari PTC, Affiliate Marketing, Jualan Foto hasil jepretan sendiri, Blogging, bahkan pernah terperangkap dalam pusaran Money Game.

Hingga akhirnya pada pertengahan tahun 2013 ia mencoba bisnis adsense mobile (AdMob). Saat itu memang lagi menjamurnya HP Android. Karena fokus buat aplikasi andorid, akhirnya blog, youtube dan toko onlinenya dia tinggalkan.

Namun hanya sekitar 5 bulan saja ia Fokus, ia sudah bisa menghasilkan 4 digit dollar per Bulan, rutin sampai hari ini.

Selain sukses menekuni bidang tersebut, ia juga Sukses mencetak murid Publisher Android yang sukses juga bahkan punya nama di Tingkat Nasional, bernama Henry Jhie. Siapa Henry Jhie? Lanjut ke profil berikutnya….

2. Henry Jufri

om henry jhie publisher android

Om Henry adalah salah seorang Praktisi sekaligus Guru Internet Marketing di Makassar yang bergerak di bidang Publisher Android juga. Ia mengakui, bahwa ia belajar Andorid pertama kali kepada Faisal Nisbah. Kisah pertemuannya dengan gurunya tersebut belum pernah sempat saya gali. Penasaran sama kisah romantisnya…Ckckck

Oh ya, kamu perlu tau sob bahwa sebelum Om Henry menekuni bidang Publisher Android, ia adalah seorang “Kuli Panggul” di pelabuhan Makassar, yang tugasnya mengangkut barang penumpang ke atas kapal.

Pekerjaan tersebut ditekuninya sejak tahun 2002. Bahkan sekarang pun masih kadang sesekali hanya sekedar melemaskan otot yang kaku karena banyak beraktivitas di depan komputer. Kalau kamu mau bergaul sama om henry, cobalah main-main juga ke pelabuhan. Hehehe…

Kisahnya banyak diliput oleh TV Nasional dan Lokal. Salah satunya kamu bisa lihat pada tayangan berikut:

Saat ini kesibukannya sudah lebih banyak di bidang Publishing Apps/game dan membentuk TIM sendiri untuk bekerja sama membuat app/game.

Salah satu harapan besarnya adalah bisa membuat Studio Game sendiri, sehingga bisa merekrut anak-anak muda untuk bergabung bersama TIM-nya (saat ini msh 5 orang). Nah, jika kamu tertarik, kamu bisa menghubunginya langsung melalui Facebook.

3. Alamsyah Saputra

om alamsyah saputra guru internet marketing di makassar

Nah, ini salah satu sensei yang kalemnya Masya Allah. Meski, jarang berbagi ilmu di Sosmed, Tapi, ia tidak pelit ilmu saat kamu bergaul dengannya sob. Kabarnya, ia juga salah seorang alumni salah satu Pesantren ternama di Sulsel. Aslinya santri ini sob… Hehe..

Sebagaimana kisah-kisah perjuangan para Internet Marketer lainnya, Om Ancha (panggilan akrabnya), ia mengawali petualangan Bisnis Onlinenya sejak Tahun 2006 dengan nge-Blog.

Selain itu, ia juga pernah bisnis jual beli domain, jualan Akun fanpage. Hingga berbisnis Toko Online dengan memanfaatkan Marketplace, Instagram dan Facebook Ads sebagai media pemasarannya sampai sekarang.

Nah, kalau cari orang yang suka import-import barang dari China, inilah orangnya. Haha… Ia suka import produk-produk dari china lalu dijual lagi hingga ia sukses punya hot market di Indonesia untuk produknya.

Terakhir, sejak Tahun 2018 ia telah dipercaya oleh Lazada untuk menjadi City Leader Lazada Club Makassar. Kalau kamu mau jadi seller Lazada yang sukses, kamu bisa belajar langsung sama beliau.

4. Daeng Faqih

daeng faqih guru internet marketing di makassar

Nah, kalau sosok yang satu ini namanya sebagai Guru Internet Marketing bukan saja di Makassar tapi sudah skala nasional. Sudah ribuan kelas seminar dan workshopnya di seluruh Indonesia. Alumninya sudah bertebaran di mana-mana, dari sabang sampai merauke. Mulai dari tingkat UKM hingga corporate.

Nama Aslinya  Faqih Fathurrahman. Ia menggunakan “Daeng” sebagai bagian dari Personal Brand Identity-nya yang menandakan bahwa ia berasal dari Kota Daeng, Makassar. Ia juga mengelola perusahaannya sendiri yaitu PT. Frame Insight Indonesia

Namun sebelum terjun ke Dunia Online, sebelumnya ia juga punya kisah hidup yang menarik dijadikan Inspirasi. Seperti ia pernah jadi Supir Mobil Ambulance, menikah di usia yang sangat muda, dan masih banyak kisah-kisah unik dalam hidupnya.

Jika kamu mencari Guru yang bisa mengajarkan kamu jualan online, kamu bisa belajar langsung sama Daeng Faqih. Kamu bisa ikut seminarnya atau bisa ikut kelas Onlinenya.

Salah satu kelas Online yang baru saja ia launching adalah Kelas Facebook Engagement Ads Booster. Pada Program tersebut, kamu akan diajarkan bagaimana menggunakan FB Ads sebagai sarana penjualan produk atau jasa kamu.

5. Usri Yusran

om usri yusran gramcaster

Nah, sensei yang satu ini sepertinya yang paling muda di antara yang saya sebutkan di tulisan ini. Walaupun masih muda, tapi omsetnya gila juga sob. Tidak banyak riwayat bisnis onlinenya yang saya peroleh.

Selain sebagai Blogger, ia juga seorang Product Creator. Salah satu produknya yang sangat fenomenal adalah Gramcaster. Sejak launching 3 Tahun yang lalu hingga hari ini, produk ini selalu menempati posisi Top 5 di salah satu marketplace Produk Digital Tanah Air. Gramcaster merupakan tools yang sangat powerfull untuk kamu yang ingin jualan online menggunakan Instagram.

Kamu juga bisa belajar banyak tentang Bisnis Online sama Om Usri ini. Orangnya sedikit pemalu, tapi ia tidak akan setengah-setengah membimbing kamu sob.

6. Ilham Yasin

ilham yasin internet marketing makassar

Sohib saya yang satu ini bernama lengkap Muh. Ilham Yasin. Penampilannya sederhana, bahkan kalau kamu ketemu, kamu tidak akan menyangka bahwa ia seorang Internet Marketer dan Pebisnis Online.

Ia mengawali bisnis online pertamanya pada Tahun 2009 dengan nge-Blog berangkat dari hobinya yang memang suka menulis, meskipun kemudian akhirnya di tahun 2012 ia mencoba tantangan baru bernama Clickbank dengan memanfaatkan fb ads, ia bisa memperoleh $1000 pertamanya dari Clickbank.

Sayangnya, ketika ada perubahan algoritma fb ads, ia memilih hijrah ke dunia online shop dengan menjadi dropshiper dan terus berkembang sampai sekarang masuk ke dunia importir khususnya jam tangan wanita. Kini ia membesarkan brand Indoshopi jam tangan import dan Mazdal.

Kamu juga bisa belajar banyak hal dari om Ilham Yasin. Siapa tahu kamu mau ikuti jejaknya sebagai Affiliate Clickbank atau Menjadi Importir.

7. Rachmat Hidayat

om yayat magau grup

Saya akrab memanggilnya Om Yayat. Saya juga sering jalan dan ngopi bareng, meski sekarang sudah pada sibuk dengan bisnis masing-masing.

Ia juga punya banyak kisah yang tidak kalah seru sob. Ia Pernah buka Usaha Franchise, tutup. Pernah juga ikut Money Game berkedok MLM. Pernah buka toko di Pasar Sentral Makassar. Dan semuanya berakhir dengan sedih dan meninggalkan hutang.

Ia fokus di dunia internet marketing sejak tahun 2012 dengan Blogging dan Spamming. Hingga pada Tahun 2015 ia makin memperdalam ilmu internet marketing dengan belajar Paid traffic, seperti Facebook Ads, Google Ads dan Native Ads.

Kini, ia dan beberapa rekan seperjuangannya telah membangun holding company yaitu MAGAU GROUP (PT. Magau Group Internasional) dengan 2 anak perusahaan yaitu PT. Magau Jaya Digital yang bergerak di bidang IT Development dan Agency Digital Advertising dan PT. Magau Pajappa Jaya yang bergerak di bidang Biro Perjalanan Wisata Halal.

Kamu bisa belajar juga sama Om Yayat tentang dunia Advertising, khususnya FB Ads dan Google Ads.

Baca Juga Sob:

Kesimpulan….

Tidak ada kesimpulan…, saya Cuma mau bilang bahwa sebenarnya masih banyak sekali Praktisi, Pakar dan Guru Internet Marketing di Makassar yang belum saya sebutkan di sini. Semoga di lain kesempatan saya bisa mendapatkan data-data yang lainnya.

Sekarang, kamu rencana akan belajar sama siapa? Kamu tinggal pilih, mau belajar Android Publisher, Fb Ads, Google Ads, Blog, Import, Dropshiper, atau Online Shop. Semua tersedia di Makassar….

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here