10 Rekomendasi Font yang Bagus untuk Website

Font yang bagus akan membuat sebuah website menjadi lebih enak untuk dilihat. Sebaliknya, pemilihan font yang salah bisa membuat visitor kabur lho..

Jadi, penting sekali untuk memilih font yang bagus untuk website.

Bagaimana cara memilih font yang bagus dan cocok untuk website?

Pertanyaan tersebut sering ditanyakan ke saya, terutama oleh teman-teman yang baru mulai belajar membuat website atau blog.

Dalam memilih font untuk website, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Tips Memilih Font untuk Website

Ada banyak sekali jenis font yang tersedia kadang malah bikin bingung. Kamu bisa ikuti tips dari saya berikut ini.

  • Sesuaikan dengan Brand: Pilih font website yang memang sesuai dengan brand yang ingin kamu bangun. Mulai dari topik website, logo, gambar dan lain-lain. Semuanya harus serasi.
  • Jangan gunakan lebih dari 3 font: Biasanya font yang digunakan untuk tiap-tiap bagian website itu berbeda-beda. Nah, saran saya gunakan maksimal hanya 3 font.
  • Pahami jenis dan kegunaan font: Font umumnya terbagi menjadi 3 kategori yaitu, serif, sans serif, dan script.
  • Pilih “web safe font: web safe font merupakan font yang sudah terinstall di semua device baik mobile ataupun tablet. Dengan menggunakan web safe font, website kamu akan memiliki tampilan yang mudah dibaca apapun device yang digunakan visitor.

Pentingnya Font yang Tepat untuk Website

Meskipun memilih font terlihat sepele, faktanya font memiliki peran penting untuk kesuksesan sebuah website.

Memilih font yang tepat, tujuan utamanya adalah masalah readability atau keterbacaan. Font harus bisa membuat konten dalam website kita terbaca dengan mudah oleh visitor.

Font yang bagus juga harus membuat visitor nyaman. Jangan sampai, font yang kamu pilih justru membuat pengunjung jadi sakit mata.

Dalam kasus yang lebih advance, bahkan pemilihan font dapat mempengaruhi psikologi pembaca loh sob.

Jadi, font itu penting banget buat website, bukan sekedar gaya-gayaan.

Rekomendasi Font Website yang Bagus

Buat kamu yang masih bingung dalam memilih font, coba rekomendasi berikut ini.

1. Helvetica

Helvetica font yang bagus untuk website

Helvetica merupakan salah satu font yang sangat populer saat ini. Kenapa font ini banyak disukai?

Jawabannya, Helvetica ini cocok untuk digunakan pada jenis website apapun. Contoh brand besar yang menggunakan font ini adalah Kawasaki dan BMW.

2. Open Sans

open sans font yang bagus untuk website

Salah satu font yang paling banyak digunakan untuk website. Memiliki tampilan netral (tidak italic/bold) yang sederhana dan sangat mudah untuk dibaca.

Walaupun di setting ukuran kecil sekalipun, font open sans tetap untuk dibaca. Font ini juga sudah dioptimalkan untuk web lho sob, baik versi desktop maupun mobile.

3. Arvo

arvo font yang bagus untuk website

Cocok untuk digunakan di web maupun untuk dicetak (buku, makalah, dll). Font Arvo ini tersedia dalam berbagai jenis: Italic, Roman Bold, Roman Italic, & Roman.

Font ini bisa dikombinasikan atau dipasangkan dengan berbagai font lainnya. Yang paling cocok, dipasangkan dengan open sans dan montserrat.

4. Lato

lato font yang bagus untuk website

Font sans-serif ini cocok sekali digunakan untuk website perusahaan. Meskipun memiliki tampilan yang terlihat formal dan profesional, font ini tetap mampu menghadirkan kesan ramah untuk pembaca.

Buat teman-teman yang memiliki website bisnis, bisa coba menggunakan font Lato.

5. Karla

font karla untuk website

Font Karla ini masuk dalam keluarga sans-serif. Yang keren dari font ini adalah sudah mendukung pengetikan bahasa latin dan tamil (India).

Jadi, kalo kamu punya web yang pengetikannya tidak menggunakan alphabet, bisa memakai font ini.

6. Roboto Slab

font roboto slab

Roboto sudah sangat terkenal sebagai salah satu font yang banyak digunakan. Nah, Roboto Slab ini merupakan salah satu variannya.

Tampilan dari font ini terlihat sangat natural. Memberikan rasa nyaman kepada pembaca website kamu.

Cocok digunakan untuk jenis website apapun.

7. Montserrat

font montserrat untuk website

Tahukah kamu sob, font ini dibuat karena terinspirasi dari papan nama jalan di Montserrat, Buenos Aires, Argentina.

Font ini bagus digunakan untuk website yang kekinian dengan gaya milenial. Biasanya, font ini banyak dipakai oleh website agency digital. Bisa dipakai sebagai font header maupun teks biasa. 

8. Playfair Display

font Playfair Display

Font serif ini memiliki tampilan yang modern, elegan, dan sedikit feminim. Oleh karena itu, font ini pas banget sob buat kamu yang punya website dengan tema khusus perempuan. Seperti beauty blog atau blog tentang ibu dan anak.

9. Merriweather

Merriweather font yang bagus untuk website

Jika tujuan kamu memilih font adalah supaya website kamu lebih mudah dibaca dan nyaman dilihat, font Merriweather adalah pilihan yang tepat.

Cocok untuk website yang memiliki konten/artikel panjang di dalamnya. Font ini akan membuat pembaca tetap nyaman meskipun membaca dalam waktu yang lama.

Font Merriweather dirancang khusus supaya pembaca tidak cepat lelah saat membaca tulisan yang panjang.

10. Josefin Sans

josefin sans font yang bagus untuk website

Rekomendasi font ke 10 adalah Josefin Sans yang merupakan font dengan gaya Vintage atau klasik.

Font ini memang dirancang khusus untuk website-website fashion dan kecantikan. Karena memang font ini mampu menghadirkan nuansa elegan di sebuah website.

Selain 10 font tersebut, kamu juga bisa menggunakan font-font tradisional seperti Arial, Times new Roman, Tahoma, karena umumnya pembaca sudah akrab dan merasa nyaman dengan font-font tersebut.

Kombinasi Font Website yang Bagus

Kombinasi Font Website yang Bagus

Font website tidak harus seragam sob, alias bisa juga dikombinasikan. Jika kamu ingin menggunakan kombinasi font di website kamu, berikut ini rekomendasi dari saya.

1. Open Sans & Roboto

Dua font ini dapat dikombinasikan dengan sangat baik karena keduanya sama-sama memiliki warna yang tajam dan sangat mudah terbaca.

Untuk cara mengkombinasikannya, saya sarankan kamu menggunakan Open Sans sebagai header, lalu menggunakan Roboto sebagai font untuk teks penjelasannya.

Kombinasi ini cocok digunakan di website produk ataupun Landing Page.

2. Merriweather & Lato

Merriweather dan Lato adalah kombinasi font yang akan memberikan kesan profesional dan bersih di website kamu.

Kombinasi font ini bisa kamu gunakan untuk desain homepage. Apalagi jika desain homepage kamu banyak berisi gambar dan teks. 

Terutama untuk desain yang memadukan gambar di sebelah kanan, lalu teks penjelasan di sebelah kiri (dan sebaliknya).

Merriweather sangat bagus untuk digunakan sebagai header. Sedangkan Lato, bakal kelihatan bagus jika digunakan pada teks di sebelah (atau di bawah) gambar.

3. Playfair Display & Montserrat

Rekomendasi yang terakhir ini lebih saya tujukan untuk pemilik website toko online atau e-commerce.

Kombinasi font ini paling bagus digunakan untuk teks-teks pendek. Contohnya untuk deskripsi produk.

Jadi, nggak saya sarankan untuk postingan blog sob..

Baik Playfair Display maupun Montserrat, penggunaannya bisa untuk header maupun teks. Kamu bisa bebas memilih yang mana sesuai selera.

Jika kamu memilih menggunakan Montserrat sebagai header, maka sangat cocok untuk website e-commerce yang menjual produk-produk elektronik. Karena Montserrat akan menghadirkan kesan futuristik dan modern.

Cocok juga dipakai untuk website aplikasi atau game.

Baca Juga Sob:

Kesimpulan

Memilih font yang bagus untuk website perlu dilakukan dengan teliti dan harus disesuaikan dengan tema website. Salah pilih font, bisa berakibat buruk untuk website.

10 font dan 3 kombinasi font di atas, bisa kamu pilih.

Saya rasa cukup sampai di sini tulisan Om Baldan kali ini. Semoga Bermanfaat.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here