18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut untuk dapat meningkatkan penjualan. Tak terkecuali penjualan Online. Lalu apakah ada cara meningkatkan penjualan online dengan mudah?

Jawabannya, iyess.. ada.

Saat ini memang para pebisnis sudah mulai melek internet, dalam artian sudah mulai menjadikan internet sebagai salah satu channel pemasaran dan penjualan, yang tadinya cuma berjualan secara offline, sekarang sudah mulai berupaya menarik pelanggan di dunia maya lewat bermacam metode.

Terdapat banyak cara yang dapat kamu lakukan buat meningkatkan penjualan online produk kamu. Namun, cara-cara tersebut tentunya memerlukan perencanaan serta waktu yang lumayan lama, sehingga tidak semuanya dapat langsung kamu laksanakan sekaligus.

Meski demikian, untuk meningkatkan penjualan online tidaklah sesulit yang kamu bayangkan serta tidak semahal yang kamu perkirakan. Kamu dapat menaikkan penjualan online hanya dengan modal minim sekalipun.

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online

Di bawah ini saya sebutkan sebagian metode promosi yang bisa kamu jalani dengan bertahap. Tidak mesti kamu lakukan seluruhnya secara bersamaan. Bisa juga diterapkan untuk seluruh kategori bisnis, dari bisnis skala kecil sampai skala besar.

Rekomendasi saya, buatlah suatu rencana promosi yang baik, supaya nantinya kamu dapat dengan gampang mengukur hasil dari tiap upaya yang kamu kerjakan. 

Berikut 18 cara meningkatkan penjualan online yang dapat diterapkan pada produk Kamu:

1. Buat Satu Tujuan yang Pasti

Gambar 1 Cara Meningkatkan Penjualan Online

Sebelum Kamu memutuskan strategi marketing apa yang akan kamu gunakan, terlebih dahulu pastikan Kamu sudah mengenali tujuannya.

Apakah tujuannya semata- mata menaikan trafik pengunjung ataukah memang konversi penjualan? Tentukan dulu ya, sebab berbeda tujuan maka berbeda pula strategi yang bakal digunakan.

Contoh: bila Kamu cuma menginginkan trafik, maka Kamu bisa melakukan update akan sesuatu yang menarik untuk audiens lewat web ataupun sosial media Kamu.

Sebaliknya, jika Kamu tujuannya adalah konversi maka Kamu dapat menerapkan metode hard-selling dengan melakukan update konten mengenai produk ataupun membuat penawaran kepada konsumen.

Tetapi, perlu kamu ingat bahwa walaupun kamu melakukan hard-selling tanpa adanya audiens ataupun trafik maka itu bisa jadi percuma. Karena untuk bisa mendapatkan penjualan, tentu dibutuhkan audiens yang melihat penawaran yang kamu buat.

2. Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Produk

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Satu hal yang paling penting untuk kamu perhatikan adalah kualitas dari produk kamu sendiri. Percayalah bahwa jika kamu mampu menjaga kualitas produk kamu, itu juga yang akan meningkatkan kredibilitas bisnis kamu di mata pelanggan.

Apalagi saat ini, konsumen sudah pintar-pintar…

Jika konsumen sudah percaya dengan kualitas produk kamu, tentu ia tidak akan berpikir ulang untuk terus membeli produk kamu, meski kamu menaikkan harga jual. Apalagi jika harganya memang sebanding dengan kualitasnya.

Bukan tidak mungkin, pelanggan kamu akan merekomendasikan produk kamu ke orang lain, sehingga penjualan produk kamu pun semakin meningkat.

3. Berikan Penawaran Khusus

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Buatlah program promosi yang memberikan penawaran khusus kepada konsumen kamu. Bisa berupa diskon atau Ongkos Kirim Gratis Kepada Konsumen.

Tujuannya agar bisa memperoleh pelanggan baru dan membuat pelanggan lama kamu kembali untuk berbelanja.

Memberikan penawaran seperti Diskon dipercaya dapat menaikkan penjualan dalam waktu cepat.

Akan tetapi, kamu sebaiknya melakukan perhitungan yang tepat sebelum menentukan harga penawaran, agar bisnis kamu bisa tetap untung.

4. Atur Anggaran Marketing Online dengan Tepat

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Meskipun dalam pemasaran online terdapat banyak platform Gratis yang dapat kamu gunakan untuk menawarkan produk kamu, akan tetapi kamu sebaiknya tetap merencanakan dengan baik anggaran pemasaran kamu di internet.

Misalnya, desain grafis, domain dan hosting untuk website kamu, memasang iklan, jasa influencer dan channel-channel promosi online lainnya tetap akan memerlukan biaya agar hasil yang kamu harapkan bisa maksimal.

5. Tampilkan Visual yang Menarik

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Cara meningkatkan penjualan online berikutnya adalah kamu wajib memperhatikan desain atau dengan membuat tampilan visual yang menarik.

Good design is good business.

Selain desain website, kamu juga harus memperhatikan desain pada setiap media yang kamu gunakan seperti di Facebook, foto-foto di instagram, dll.

Jika kamu tidak paham desain atau belum bisa membayar desainer secara profesional, kamu bisa gunakan aplikasi Gratis seperti canva, pablo, dll. 

6. Customer Relationship

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Cara tercepat dan tergampang untuk meningkatkan penjualan online kamu adalah dengan membuat orang repeat order, dengan kata lain membuat orang yang sudah pernah beli produk kamu untuk membeli kembali. 

Untuk membuat orang repeat order, kuncinya adalah kamu harus membangun kembali komunikasi dengan pembeli yang sudah ada. Baik melalui email, WhatsApp, SMS atau Bahkan telepon.

Tidak hanya membangun komunikasi, tapi juga membangun hubungan yang baik. Contohnya, kamu bisa mengirimkan Ucapan dan Kado Selamat Ulang Tahun, menanyakan kabarnya, dan lain sebagainya.

Terlihat sederhana, tapi percayalah itu sangat mempengaruhi hubungan kamu dengan pelanggan.

Jadi mulai sekarang, kamu harus punya data pribadi pelanggan kamu, dan jika sudah bangunlah komunikasi dan hubungan yang baik dengan mereka.

7. Berikan Reward dan Insentif Pada Karyawan

Pemberian reward dan insentif kepada tim sangat terbukti dapat memotivasi mereka untuk bekerja lebih giat dan tekun lagi. Terutama pada tim Marketing dan Sales. Mereka akan berusaha lebih keras untuk memperoleh pembeli sebanyak mungkin demi mendapatkan insentif.

Insentif sendiri dapat berupa uang, barang, dan atau reward sebagai karyawan yang berprestasi dalam memenuhi target penjualan.

Baca di sini: 7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

8. Manfaatkan Media Sosial

Media Sosial adalah tempat orang berkumpul, termasuk calon market kamu ada di sana. Maka dari itu, manfaatkanlah berbagai platform media sosial untuk menawarkan produk kamu dan jadikan sebagai tempat untuk membangun interaksi serta hubungan baik dengan pelanggan kamu.

Rutinlah membuat konten seperti tulisan, foto dan video kreatif mengenai produk kamu atau informasi yang berhubungan dengan produk yang kamu pasarkan saat ini.

Jika perlu jadwalkan konten setiap hari, tapi jika belum bisa, minimal setiap 3 hari.

Baca juga: 9 Cara Membuat Konten Website yang Baik dan Berkualitas

9. Aktif di Komunitas Online

Komunitas online semacam grup Facebook, Kaskus, Quora, dan Reddit bisa menunjang kamu memahami calon pelanggan Kamu. Temukan forum- forum online yang berkaitan dengan usaha kamu.

Misalnya, bila Kamu menjalankan bisnis Kuliner, kamu dapat menjajaki forum-forum yang mangulas tentang kuliner dan sejenisnya.

Di forum- forum tersebut Kamu dapat mendapatkan tren terkini di sisi market kamu, permasalahan yang dialami pelanggan, serta masukan bagi bisnis kamu.

Dengan begitu Kamu dapat menaikkan mutu produk ataupun layanan Kamu berdasarkan apa yang kamu dapatkan dari forum-forum online tersebut.

10. Buatlah Website atau Blog

Membuat web merupakan pondasi utama biar jualan online Kamu semakin sukses serta tumbuh. Bila di dunia nyata Kamu memiliki toko fisik, maka di dunia maya web merupakan toko kamu.

Namun, kamu juga harus hati-hati dalam memilih web platform. Platform yang tidak tepat hanya akan merugikan kamu dan pelanggan Kamu.

Platform pembuatan web yang saya sarankan yaitu WordPress. WordPress merupakan platform yang digunakan oleh 30% web di seluruh dunia serta sangat terkenal di antara platform pembuatan web yang lain.

Baca di sini: Cara Membuat Website dengan WordPress

Jika kamu bingung membuatnya sendiri, saya punya solusi buat kamu di sini.

11. Gunakan Email Marketing

Menggunakan email marketing merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan online yang sangat efektif. Apalagi jika kamu sudah punya database email pelanggan kamu sebelumnya.

Database tersebut bisa kamu dapatkan saat orang melakukan pembelian produk atau dengan cara memberikan penawaran seperti hadiah atau voucher diskon dengan catatan ia harus memasukkan nama dan emailnya pada form yang telah disediakan.

Kamu bisa membuat form opt-in di website kamu atau membuat landing page khusus untuk itu. Contoh sederhana punya saya dapat kamu lihat di halaman ini.

Selalu bangun database email kamu, dan nantinya kamu bisa mengirimkan penawaran ke mereka. Selain itu kamu juga boleh mengirimkan artikel-artikel bermanfaat sekali seminggu untuk membangun hubungan kamu dengan pelanggan.

12. Bekerjasama dengan Blogger

Agar produk kamu semakin di kenal di dunia nyata, kamu bisa membangun kerjasama dengan para Blogger. Tentunya blogger yang di blog mereka membahas topik yang ada kaitannya dengan produk kamu.

Kamu bisa menghubungi mereka satu per satu, dan menjelaskan secara singkat alasan mengapa produk kamu akan cocok untuk di review di blog mereka.

Kamu bisa memberikan contoh produk kamu secara gratis dan produk sampel lain sebagai hadiah.

Kamu akan memperoleh review melalui Tulisan di blog mereka, sehingga informasi mengenai produk kamu dapat di ketahui oleh pembaca blog mereka yang menjadi target market kamu.

13. Gunakan Iklan Berbayar

Trafik adalah salah satu kunci untuk mendapatkan penjualan. Semakin tinggi trafik maka semakin besar potensi konversi sales. Untuk mendapatkan trafik, kamu bisa memanfaat Sosial media seperti biasa dan melakukan SEO terhadap website kamu. Klik di sini jika mau belajar SEO.

Akan tetapi, jika kamu mau mendapatkan trafik lebih cepat dan lebih besar, maka kamu harus menginvestasikan dana untuk Iklan Berbayar.

Kamu bisa beriklan di Facebook, melalui Google Adwords, atau dengan Endorse, dll. Sepanjang hayat saya di dunia peronline-an, rata-rata pebisnis online yang omsetnya besar umumnya menggunakan iklan berbayar. Mereka mengalokasikan budget khusus untuk iklan.

Jadi salah satu cara meningkatkan penjualan online kamu dengan cepat adalah dengan membayar Iklan. Kamu bisa memulai di Facebook dulu. Pelajari caranya di sini.

14. Buat Iklan yang Jujur

Kejujuran dalam membuat iklan merupakan hal krusial bagi reputasi bisnis Kamu. Kamu memang perlu membuat iklan yang unik, kreatif, serta menarik.

Akan tetapi, bukan berarti kamu semudahnya menyisipkan klaim-klaim tidak jujur dalam iklan. Iklan yang tidak jujur cuma akan memperburuk kredibilitas bisnis Kamu di mata pelanggan.

15. Tampilkan Testimoni Pelanggan

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Testimoni pelanggan mampu jadi senjata buat kamu untuk meyakinkan calon pelanggan. Kumpulan testimoni pelanggan dapat pengaruhi calon pelanggan yang tadinya masih ragu dengan produk Kamu akhirnya jadi percaya buat membeli.

Kamu dapat meletakkan testimoni pelanggan di halaman produk, landing page, maupun di halaman utama web Kamu.

16. Sediakan Banyak Metode Pembayaran

Terkadang calon pembeli membatalkan transaksinya hanya karena persoalan biaya transfer.

Maka dari itu kamu sebaiknya menawarkan berbagai jenis metode pembayaran agar meningkatkan kenyamanan pelanggan kamu dalam melakukan pembelian.

Dengan cara pembayaran yang beragam akan membantu meningkatkan penjualan online produk karena pelanggan memiliki banyak pilihan cara untuk membayar.

17. Cantumkan URL Web di Semua Media Pemasaran

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Pemasaran Online dibackup dengan Metode Konvensional? Kenapa tidak. Kamu dapat membuat kartu nama, sticker, bisa cetak sendiri Tas Belanja, ataupun brosur di mana isinya tercantum alamat web Kamu.

Jadi ke manapun kamu, selalulah bawa perlengkapan promosi kamu. Bagikan kepada siapa saja, paling utama kepada calon pelanggan potensial Kamu.

18. Perbanyak Channel Penjualan Online

Jangan bergantung pada satu atau 2 channel pemasaran saja. Apalagi jika hanya mengandalkan media sosial dan website toko online kamu saja.

Pasarkanlah produk-produk kamu juga di berbagai platform e-commerce, marketplace dan forum jual-beli online.

Semakin banyak channel pemasaran yang kamu gunakan, maka semakin mudah kamu bertemu dengan pelanggan potensial yang sebelumnya belum mengenal produk atau bisnis kamu.

Kesimpulan

Dari 18 cara meningkatkan penjualan online yang telah saya sebutkan di atas pada dasarnya dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu yang mengaku masih pemula. Meskipun semua cara di atas sangat efektif, namun tidak harus kamu kerjakan sekaligus. Kamu bisa melakukannya satu per satu.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here