Cepat dan Mudah, Begini Cara Mengganti Password Google Mail

Bagi kamu yang belum tahu cara mengganti password Google Mail (Gmail), maka langkahnya sangat mudah dilakukan. Kamu juga harus mengganti password email secara rutin, karena akunmu harus tetap aman dan terlindungi.

Saat ini, sebagian besar orang menggunakan password yang mudah ditebak saat mendaftar di Gmail. Cara tersebut dilakukan agar mereka mudah mengingatnya. Namun, password yang mudah ditebak kerap menjadi sasaran hacker.

Password yang aman sangat penting untuk melindungi akun kamu dari hacker. Apalagi, jika password-nya susah ditebak dan belum digunakan untuk akun lainnya.

Cara Merubah Password Google Mail

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengganti password Gmail. Berikut ini adalah cara mengganti password di Google Mail:

1. Mengganti Password Gmail Lewat PC/Laptop

Cara Mengganti Password Google Mail di komputer

Cara ganti password Google Mail yang pertama adalah masuk ke akunnya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan nama atau alamat email beserta kata sandinya.

Selanjutnya, pilih menu “Keamanan” di bagian sisi kiri layar. Kemudian, klik “Masuk ke Google” dan pilih menu sandi. Kamu hanya perlu memasukkan kata sandi yang baru, lalu pilih menu “Ubah Kata Sandi”.

Pastikan kamu juga menambahkan nomor telepon atau alamat email untuk pemulihan. Hal itu dilakukan agar Google bisa memberitahu kamu jika ada aktivitas mencurigakan di akun Gmail.

Jika ingin menambahkan nomor telepon, kamu bisa kembali ke menu “Keamanan” dan scroll ke bawah untuk memilih “Cara kami dapat verifikasi Anda”. Setelah itu, pilih menu “Telepon Pemulihan” atau “Email Pemulihan”.

Setelah mengubah password Gmail, kamu akan dikeluarkan dari akses mana saja, kecuali:

  • Perangkat yang digunakan untuk verifikasi adalah kamu sendiri saat masuk ke Google Mail.
  • Beberapa perangkat yang terhubung dengan aplikasi pihak ketiga yang diberikan akses akun.
  • Perangkat smart home yang kamu berikan akses akunnya.

2. Cara Mengganti Password Gmail Lewat HP

Cara Mengganti Password Google Mail di HP

Selain lewat PC/laptop, kamu juga bisa mengganti password Gmail lewat HP. Caranya pun sangat mudah dilakukan dan hampir sama dengan mengganti password Instagram.

Cara mengganti password Gmail di HP yang pertama adalah buka aplikasinya di perangkat Android atau iOS. Setelah itu, login akun Gmail kamu yang ingin diubah kata sandinya.

Setelah login akun, kamu hanya perlu klik menu burger di pojok kiri atas. Kemudian, pilih saja menu “Settings”. Jika kamu punya banyak akun Gmail yang connect di HP, maka bisa memilih yang password-nya ingin diubah.

Langkah selanjutnya adalah memilih menu “Manage your Google Account” di aplikasi Gmail. Selanjutnya, klik menu “Personal Info”. Pada bagian tersebut, pilih “Password” dan login kembali untuk memastikan bahwa pemilik akun adalah kamu sendiri.

Nantinya, kamu hanya perlu memasukkan password Gmail saja. Jika sudah memasukkan password, maka pilih menu “Berikutnya”. Setelah itu, masukkan password Gmail sebanyak dua kali untuk melakukan konfirmasi. 

Jika sudah, tekan saja tombol “Change Password” untuk mengganti password Gmail yang baru. Beberapa langkah di atas juga bisa dilakukan di seluruh merek HP, termasuk cara mengganti password Gmail di HP Xiaomi.

Cara Mengganti Password Gmail yang Lupa

Cara Mengganti Password Google Mail yang lupa

Beberapa cara di atas digunakan untuk mengganti password lama dengan yang baru. Jika kamu lupa password Gmail yang lama, maka harus mengetahui caranya. Kamu tidak perlu membuat akun Gmail yang baru, karena ada trik yang bisa dilakukan. 

Buat kamu yang penasaran, berikut ini adalah cara mengganti password akun Gmail yang lupa:

Pertama, Buka Laman Google

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah buka laman accounts.google.com di browser. Jika lupa password, maka kamu bisa pilih menu “Lupa Kata Sandi” di bagian bawah kolom.

Selanjutnya, masukkan alamat Gmail kamu ke akun Google. Lalu, klik tombol “Berikutnya” dan masukkan password lama yang sebelumnya digunakan. Password lama yang dimaksud adalah jika kamu pernah mengganti kata sandi Gmail sebelum lupa dengan password yang baru.

Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan oleh Google hingga selesai. Petunjuk tersebut harus dilakukan, karena akun akan diverifikasi dan membuktikan kalau kamu adalah pemiliknya. 

Pastikan kamu mengisi data dengan benar agar memudahkan proses berikutnya. Jika sudah selesai dan tidak berhasil masuk ke akun Gmail, maka kamu akan diberikan pertanyaan, pemulihan alamat Gmail, dan nomor telepon.

Kedua, Alamat Gmail untuk Pemulihan

Saat memulihkan akun Gmail, kamu akan diberikan pilihan dengan menggunakan email lainnya. Syaratnya, kamu harus memiliki akun Gmail lain untuk memulihkan akun lama.

Setelah memasukkan akun pemulihan, nantinya kamu akan diminta untuk mengetik ulang alamat Gmail. Pihak Google akan membantu kamu dengan memberikan clue alamat Gmail terkait.

Jika sudah menuliskan alamat Gmail untuk pemulihan, Google akan mengirimkan kode recovery ke email kamu. Dalam tahap ini, kamu bisa membuka inbox email di akun pemulihan.

Selanjutnya, buka pesan kode verifikasi dari Google. Kamu bisa kembali lagi ke halaman pemulihan akun dan masukkan kode verifikasi tersebut. Nantinya, kamu diharuskan untuk mengetik password email yang baru dan lakukan konfirmasi. 

Ketiga, Nomor Telepon untuk Pemulihan

Kamu bisa menggunakan nomor telepon untuk memulihkan akun Gmail. Sama seperti cara di atas, kamu harus masuk ke halaman recovery terlebih dahulu. Kemudian, pilih menu untuk menggunakan nomor telepon.

Masukkan nomor handphone kamu yang sebelumnya dicantumkan di akun Gmail. Pastikan juga nomor handphone kamu masih aktif. Setelah itu, ketik nomor handphone kamu dan klik “Kirim”.

Selanjutnya, kamu bisa mengecek HP untuk mengetahui kode verifikasi melalui SMS. Jika kode tersebut belum masuk, maka kamu bisa klik “Kirim Kode” untuk mengirimkannya kembali.

Jika sudah selesai, masukkan kode verifikasi tersebut. Biasanya, kode verifikasi yang dikirimkan adalah enam digit nomor dengan awalan huruf G-. Namun, kamu tidak perlu mengetik huruf tersebut, karena sudah ada secara otomatis.

Setelah memasukkan kode, kamu bisa klik “Next”. Pada halaman selanjutnya, kamu bisa langsung mengetik password yang baru dan melakukan konfirmasi.

Tips Membuat Password Google Mail yang Aman

Tips Membuat Password Google Mail yang Aman

Setelah mengetahui cara di atas, kamu hanya tinggal melakukannya kurang dari lima menit. Selain itu, kamu juga perlu mengganti password Gmail secara rutin agar akun tetap aman.

Berikut ini adalah tips membuat password Gmail yang aman dan sulit diretas oleh hacker:

  • Buatlah password dengan karakter yang panjang.
  • Membuat password dengan gabungan kata yang susah ditebak.
  • Menggunakan simbol, angka, dan kombinasi huruf kapital/kecil.
  • Jangan menggunakan password yang sama untuk akun Gmail lainnya.

Meski terkesan merepotkan, namun akun Gmail kamu akan terlindungi dan tidak bisa dijebol. Jika password baru terlalu panjang, kamu bisa mencatatnya agar tidak lupa. 

Baca Juga:

Saat memiliki akun Gmail, tentunya kamu harus berhati-hati dari serangan hacker. Dengan mengganti password secara rutin, kamu tidak perlu khawatir dan takut kalau akun Gmail akan diretas.

Cara mengganti password Google Mail sangat mudah dilakukan. Sebab, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah saja. Kamu hanya perlu mempraktikkannya saja lewat HP dan PC/laptop.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here