Cara Mengedit Website yang Sudah di Hosting

Membuat website dengan domain dan hosting berbayar sangat populer saat ini. Umumnya, website-website ini menggunakan WordPress. Untuk yang baru pertama kali membuat website dengan hosting berbayar, biasanya bingung bagaimana cara mengedit website yang sudah di hosting.

Oleh karena itu, kali ini saya kan share cara edit website WordPress yang sudah di hosting.

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengedit website:

  1. Menggunakan Theme Editor 
  2. Menggunakan Fitur Customize
  3. Menggunakan Plugin

Sebelum mulai mengedit, pastikan kamu sudah login ke dashboard WordPress ya.

“Caranya bagaimana om?”

Caranya, masukan alamat website kamu + /wp-admin. Contoh: namawebsite.com/wp-admin. Setelah itu masukan username dan password yang kamu buat saat menginstall WordPress.

Jika berhasil login maka kamu akan otomatis masuk ke dashboard website seperti ini:

cara mengedit website yang sudah di hosting (1)

Sudah login kan? Oke, kita lanjut.

Mengedit Website Melalui Theme Editor

Edit website lewat Theme Editor ini bisa dilakukan oleh kamu yang paham dengan bahasa pemrograman, terutama CSS dan PHP. Jadi, buat kamu yang nggak paham dengan coding website, sebaiknya jangan coba-coba.

Mengedit melalui theme editor jika tidak dilakukan dengan benar justru dapat merusak website.

1. Masuk ke menu Appearance > Theme Editor

cara mengedit website yang sudah di hosting (2)

2. Pilih tema yang akan kamu edit (jika kamu punya lebih dari 1 tema)

cara mengedit website yang sudah di hosting (3)

3. Pilih bagian tema yang akan kamu edit. Misalnya untuk mengedit header kamu bisa memilih file header.php, untuk tampilan website style.css, dll.

cara mengedit website yang sudah di hosting (4)

4. Setelah selesai mengedit file, jangan lupa untuk menyimpannya. Simpan dengan cara klik Update File.

cara mengedit website yang sudah di hosting (5)

Setelah disimpan, maka perubahan yang kamu buat otomatis diterapkan ke tema tersebut. Perubahan juga akan langsung muncul di website jika yang kamu edit adalah tema aktif.

“Buat yang nggak paham coding gimana nih om?”

Tenang, kamu bisa pakai cara kedua.

Mengedit Melalui Fitur Customize

Cara kedua ini bisa kamu lakukan tanpa perlu coding sedikitpun. Jadi, siapapun pasti bisa, termasuk kamu. Melalui fitur customize kita bisa mengedit site title, logo, tampilan website, header, footer, dan lain-lain.

1. Masuk ke menu Appearance > Customize

cara mengedit website yang sudah di hosting (6)

2. Pilih bagian website yang ingin kamu edit.

gambar-7 edit website wordpress

3. Contoh di sini saya ingin mengedit bagian Site Identity, di bagian ini kita bisa mengedit site title, tagline, menambahkan logo di menu, dan menambahkan logo website (favicon).

gambar-8 edit website wordpress

4. Bagian-bagian lainnya bisa kamu coba sendiri. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu coding sama sekali. Biasanya hanya tinggal memilih apa yang sudah disediakan oleh tema website kamu.

5. Setelah selesai mengedit, jangan lupa klik Publish untuk menyimpan semua perubahan yang sudah kamu buat.

6. Mengedit melalui fitur customize ini selain mudah, juga perubahannya bisa kita lihat langsung. Setiap perubahan yang kamu buat, akan langsung muncul di preview sebelah kanan.

gambar-9 edit website wordpress

Bagaimana? Mudah kan?

Mengedit website dengan cara kedua memang mudah, tapi juga sangat terbatas. Misal kamu ingin mengedit tampilan website, ingin membuat landing page, mendesain homepage, maka tidak bisa pakai cara ini.

Tapi tenang, mendesain tampilan website di WordPress ini bisa dilakukan tanpa harus coding.

Penasaran?

Mengedit Website dengan Plugin Page Builder

Ada banyak plugin yang bisa digunakan untuk mengedit dan membuat desain website. Namun kali ini saya akan merekomendasikan beberapa yang terbaik saja.

Elementor

Elementor page builder

Elementor bisa dibilang merupakan page builder paling populer saat ini. Kamu bisa membuat website dengan mudah menggunakan plugin ini. Hanya perlu drag and drop.

Elementor sangat mudah digunakan dan dipelajari. Jadi, pemula sekalipun pasti bisa pake elementor.

Elementor ini gratis, tetapi tersedia juga versi berbayar. Kalo untuk awal-awal, saya sarankan pakai yang gratis saja dulu. Jika sudah mahir, tidak masalah jika ingin menggunakan yang berbayar.

Dengan Elementor kamu bisa mengedit page, header, footer, layout homepage, membuat landing page, dan lain-lain.

Divi Builder

Divi-Builder

Jika Elementor gratis, Divi ini cuma tersedia versi berbayar. Jadi, kamu harus membelinya dulu baru bisa menggunakannya.

Namun, untuk hasil desain dengan Divi ini tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa membuat website dengan desain profesional meski tidak punya keahlian coding sama sekali.

Divi sudah menyediakan berbagai hal yang kamu butuhkan untuk membuat website. Pokoknya builder ini benar-benar mantap. Tapi sekali lagi, asal kamu sudah mahir cara menggunakannya.

Beaver Builder

Beaver-Builder

Salah satu plugin untuk edit tampilan website yang banyak dipilih adalah Beaver Builder. Tenang sob, plugin ini gratis kok.

Konsepnya hampir sama dengan Elementor, yaitu kamu tinggal drag and drop. Meskipun gratis, fiturnya juga cukup lengkap.

Untuk sekedar membuat landing page yang bagus, Beaver Builder ini fiturnya udah cukup banget.

SiteOrigin

SiteOrigin-Page-Builder

Page builder ini penggunaannya bener-benar simple dan gampang banget dipelajari.

Keunggulan plugin ini adalah menyediakan widget-widget yang biasanya hanya bisa kita temukan di page builder berbayar.

Page builder by SiteOrigin juga kompatibel dengan berbagai tema WordPress, baik yang gratis maupun berbayar.

Oxygen Page Builder

Oxygen-Builder

Kali ini saya rekomendasiin yang berbayar lagi sob, yaitu Oxygen Page Builder. Builder ini tergolong baru, tetapi fiturnya jangan ditanya. Bener-bener lengkap banget dan bisa ngebantu kita bikin desain website yang kece abis.

Hasil desainnya juga kompatibel dengan device apapun. Artinya, dibuka lewat hp atau PC, tampilannya bakal bisa menyesuaikan.

Builder ini cocok buat kamu yang udah mahir mendesain website menggunakan page builder gratis. Dengan builder ini skill kamu bisa semakin up lagi.

Solusi Mudah Edit Website yang Sudah di Hosting

Mengedit website memang bukan perkara sepele dan sebaiknya dilakukan memang oleh orang yang ahlinya. Kenapa demikian? Karena jika sampai salah bisa-bisa website kamu malah jadi rusak tampilannya dan mau gak mau harus install ulang.

Saran saya, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan mengedit website sendiri.

  • Apa yang akan diedit?
  • Apakah berhubungan dengan coding atau tidak?
  • Kalo salah edit apa konsekuensinya?

Kalo kamu bingung mengedit website sendiri dan takut salah, sebaiknya serahkan saja kepada yang sudah ahli. Jika kamu butuh bantuan untuk mengedit website, jangan sungkan untuk menghubungi saya di sini.

“Om saya ingin bisa membuat dan mengedit website sendiri, bagaimana caranya?”

Untuk kamu yang ingin mahir dalam pembuatan website, langsung saja klik di sini.

Kesimpulan

Mengedit website yang sudah di hosting sebenarnya mudah jika sudah tahu caranya. Tapi, bagi yang belum tau bisa coba gunakan cara di atas. Tentu kamu harus terus belajar agar mahir mengedit website sendiri.

Sekian tutorial yang bisa saya bagikan mengenai cara mengedit website yang sudah di hosting. Jika ada pertanyaan, silahkan komen langsung di bawah sob. Insya Allah akan saya jawab.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here