Cara Mengatasi URL Diblokir Facebook dan Verifikasi Domain

Kali ini Om Baldan mau share tentang bagaimana cara mengatasi url yang diblokir facebook sekaligus melakukan verifikasi domain kita di FB agar mencegah domain kita diblok kembali.

Saya menuliskan panduan sederhana ini karena sebelumnya salah satu klien saya sedikit gelisah karena domain yang baru ia beli, serta website yang baru dilaunchingnya justru diblok oleh Facebook.

Siapa yang tidak panik, gelisah, jengkel bahkan mungkin marah jika domain atau website yang baru saja kita launching tidak bisa dishare kontennya atau posting tautan di Facebook.

Ditambah lagi, karena pihak FB sendiri tidak memberikan keterangan detail mengenai penyebab sebuah URL diblok.

Ya, Walaupun sebenarnya sudah disebutkan dalam Standar Komunitas sih, namun kasus tertentu seperti yang dialami klien saya, rasanya tidaklah ada hal yang dilanggar, apalagi domainnya masih tergolong sangat Fresh from the oven, alias masih baru gaesss.

Lalu apa yang saya lakukan?
Teruslah membaca…

Cara Mengetahui Domain Diblokir Facebook

Sebelum saya share bagaimana cara saya Mengatasi URL yang Diblokir Facebook, pertama kita perlu ketahui tanda-tanda sebuah Domain diblok oleh FB. Untuk mengetahuinya sangatlah gampang, caranya yaitu:

1. Tidak Bisa Posting Tautan di FB

Ketika sebuah URL/Domain dishare ke Facebook, kemudian ia tidak bisa di publish, tidak bisa diposting baik di Halaman Facebook atau Akun Personal, maka dapat dipastikan domain/URL tersebut telah diblokir oleh Facebook. Biasanya akan muncul tampilan seperti ini:

gambar 1 cara mengatasi url yang diblokir facebook

2. Gunakan Tools Sharing Debugger dari Facebook

Untuk mengetahui sebuah domain/URL telah diblokir facebook, kamu juga bisa menggunakan tools debugger dari facebook sendiri di alamat ini https://developers.facebook.com/tools/debug/. Untuk menggunakannya, pastikan kamu login dulu ke akun facebook kamu.

Masukkan Domain atau URL kamu, lalu klik “Debug

Jika domain kamu diblok, akan muncul seperti ini:

gambar 2 cara mengetahui url diblokir facebook

Penyebab URL Diblokir Facebook

Di antara penyebab sebuah domain/URL diblokir oleh facebook yang mengakibatkan tidak bisa diposting atau tidak bisa share tautan website kamu ke FB, kemungkinannya disebabkan oleh:

  • Ada yang melaporkan Domain/URL kamu sebagai SPAM
  • Situs atau Halaman yang kamu share mengandung malware dan pishing
  • Kamu menggunakan 1 akun Facebook share tautan dengan masif atau terlalu sering

Tapi, jika kasusnya seperti yang dialami klien saya, dimana ia menggunakan Fresh Domain, artikel baru puluhan, dan saat dishare pertama kali ke Facebook langsung terblok, maka di sinilah saya merasa syedih. Apalagi karena website tersebut saya yang buatkan, dan statusnya belum serah terima penuh ke klien. Ckckck…

Oke, jadi inilah yang akhirnya saya lakukan…

Cara Mengatasi URL Diblokir Facebook

Ada beberapa langkah yang saya lakukan. Dan cara ini cukup mudah dilakukan oleh siapa saja. Pertama, melakukan banding. Kedua, menghubungi support center Facebook.

1. Mengajukan Banding

Langkah pertama yang saya lakukan adalah dengan mengajukan banding kepada pihak facebook. Cara ini boleh dikata sebagai bentuk protes kita ke Facebooklah soal pemblokiran.

Caranya, yaitu pada saat muncul kotak informasi blokir seperti gambar di bawah, maka kita bisa langsung klik “beri tahu kami“.

gambar 3 cara mengatasi url yang diblokir facebook

Nanti akan diarahkan ke halaman seperti ini:

gambar 4 cara melakukan banding blokir facebook

Sampaikan saja keluhan dengan baik, jelaskan bahwa kamu tidak merasa melanggar apa-apa. Dan sangat membutuhkan informasi detail mengapa domain/URL kamu diblokir.

Jika sudah, silahkan kirim dan tunggu jawabannya selama 2×24 jam.

Sayangnya, langkah banding yang saya lakukan nampaknya tidak direspon alias tidak mendapat jawaban. Inilah yang bikin saya makin jengkel, karena harapannya bisa mendapat jawaban jelas, malah tidak direspon sama sekali. Saya coba ulangi untuk kedua kalinya pun, tetap tidak mendapat respon. Nyesek gak?

Maka, akhirnya saya melakukan upaya berikutnya…

2. Menghubungi Support Center

Cara mengatasi URL yang diblokir Facebook berikutnya adalah dengan menghubungi Suppor Center Facebook. Di sini saya memanfaatkan bantuan live chat dari Facebook. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

gambar 5 cara mengatasi url yang diblokir facebook
  • Pilih Chat.
  • Isi form yang tersedia, jika ada isian untuk ID akun Iklan, masukkan ID Akun iklan yang sudah kamu buat

Silahkan sampaikan keluhan dengan sopan dan santun melalui Inbox. Di sini kamu akan banyak berbicara dengan bagian support Facebook. Berikut saya sertakan bagian akhir percakapan saya dengan pihak Support FB.

gambar 7 cara mengatasi url yang diblokir facebook
  • Silahkan tunggu hasilnya dengan memperbanyak Doa.

Alhamdulillah, saya sendiri setelah chit chat sama bagian Support, selanjutnya saya menerima email pemberitahuan bahwa Pemblokiran URL Website klien saya sudah dicabut. Bisa saja apa yang saya terima, berbeda hasilnya dengan kamu. Lihat gambar berikut:

gambar 8 cara mengatasi url yang diblokir facebook

Klien saya pun sumringah… hehe

gambar 9 klien yang diblokir facebook

Mencegah Domain/URL Tidak Diblokir Facebook

Seharusnya bagian ini sebagai bagian paling pertama yang sebaiknya kamu lakukan sebelum pertama kali membagikan Tautan Website kamu ke Facebook.

Pada bagian ini, kamu harus melakukan verifikasi domain kamu terlebih dahulu di Facebook. Tujuannya agar domain/URL Website kamu tidak diblokir.

Apalagi saat ini, Facebook lagi garang-garangnya memfilter konten termasuk tautan dari website lain yang dishare ke halaman facebook. Maka, salah satu caranya agar website kamu bisa sedikit aman, yaitu dengan memverifikasi domain kamu di Facebook.

Kelebihan yang dapat diperoleh jika domain sudah terverifikasi adalah website kamu akan terlihat lebih profesional dan menarik saat di share ke facebook.

Salah satu yang saya suka adalah ketika orang membuka informasi tambahan mengenai website dan halaman facebook kita, facebook akan menyuguhkan Artikel kita yang lain. Tentunya, hal ini mampu menambah trafik ke website kita. Lihat gambar berikut:

gambar 10 verifikasi domain di facebook

Cara Verifikasi Domain Website di Facebook

Sebelum melakukan verifikasi domain, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah memenuhi syarat berikut:

  • Sudah punya halaman Facebook / Fanpage
  • Sudah punya akun Bisnis Facebook atau Facebook Business Manager

Jika keduanya sudah siap, selanjutnya sudah bisa melakukan verifikasi domain. Untuk verifikasi domain di Facebook, sebaiknya kamu lakukan sesuai urutannya, yaitu:

1. Menambahkan domain ke halaman facebook yang sudah kamu buat.

Untuk menambahkan domain website di Halaman Facebook yang sudah kamu buat, caranya sangat gampang. Cukup akses halaman kamu, lalu ke menu “Setting” atau “pengaturan” > Info Halaman. (Lihat Gambar di bawah)

gambar 11 verifikasi domain di facebook

Pada kolom Website, masukkan alamat domain website kamu lalu klik Save. Jika sudah, kita dapat langsung ke langkah selanjutnya yaitu verifikasi domain di Business Manager.

2. Verifikasi domain ke Akun FB Manager

Pada bagian ini bisa dikata cukup gampang juga. Sebagaimana syarat yang harus dipenuhi pada tahap sebelumnya, pada tahap ini kamu juga harus pastikan sudah terpenuhi, yaitu Akun Business Manager dan Halaman FB (fanspage). Saya rasa, saya tidak perlu tunjukkan bagaimana cara membuat Halaman di sini. Saya percaya kamu sudah bisa atau bahkan sudah punya.

Jika benar sudah ada, maka kita langsung saja ke tahap Verifikasi…

a. Buka akun Business Manager kamu, lalu ke Pengaturan bisnis, lalu di sebelah kiri pilih menu “Keamanan Merk” > pilih Domain dan klik “Tambahkan

gambar 12 verifikasi domain di facebook

b. Selanjutnya masukkan nama domain kamu, lalu klik “Tambahkan Domain”

gambar 13 verifikasi domain di facebook

c. Tahap berikutnya tinggal verifikasi domain. Untuk memverifikasinya kamu bisa memilih salah satunya, apakah melalui dns, file upload, atau menggunakan tag html. Di sini saya pakai Upload file HTML saja.

gambar 14 verifikasi domain di facebook

Ikuti saja langkah-langkah yang disarankan pada bagian metode verifikasi yang kamu pilih. Jika sudah klik Verifikasi. Jika caranya betul, maka proses verifikasinya akan sukses.

d. Arahakan domain kamu ke halaman facebook.

Jika sudah terverifikasi, sekarang saatnya hubungkan domain tersebut dengan halaman facebook yang sudah kamu buat. Caranya, klik pada domain yang sudah terverifikasi di menu domain, lalu pilih “Tambahkan Aset“. (lihat Gambar)

gambar 15 verifikasi domain di facebook

e. Akan ada popup yang muncul. Silahkan pilih halaman yang ingin dikaitkan dengan domain tersebut dan pilih “Tambahkan“.

gambar 16 verifikasi domain di facebook

Penutup

Sampai di sini, domain website kamu sudah aman. Domain sudah terverifikasi dan sudah dihubungkan dengan halaman Facebooknya. Harusnya tidak ada lagi ancaman domain kamu bisa diblokir, kecuali memang pihak FB menemukan pelanggaran kebijakan konten dari website kamu atau ada perubahan pada standar komunitas Facebook. Jika demikian, itu sudah diluar kuasa kita.

Solusi paling menyedihkan adalah ganti domain hehehe..

Semoga Bermanfaat

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here