8 Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Langsung Praktek!

Sejak saya mengenal dunia internet, yaitu sekitar Tahun 2007-2008, Blogging menjadi salah satu kegiatan yang banyak diminati. Umumnya para blogger masa itu sekedar untuk menyalurkan hobi menulisnya. Karena memang pada saat itu belum banyak yang tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari blog.

Kalaupun ada artikel yang membahas tentang menghasilkan uang lewat blog pada saat itu, semuanya masih sering jadi angin lalu, bahkan lebih sering dianggap sebagai SCAM atau penipuan.

Nantilah baru tersadar saat ketemu teman saya yang baru selesai mengikuti Kursus Blogger, yang nantinya saya pun akhirnya tahu dari dia bahwa ternyata Owner Lembaga Kursus tempatnya belajar adalah seorang Blogger Master yang penghasilannya dari Blog pada saat itu sekitar $10.000 per bulan.

Jika kamu sudah bergaul di dunia Internet Marketing pada masa itu, maka kamu tidak akan asing dengan nama Asri Tadda, jebolan Kedokteran Unhas Makassar yang memilih menjadi Blogger.

Beliaulah yang mendirikan Sekolah Blogger di Makassar di bawah benderanya bernama Asta Media pada saat itu. Sayangnya, saat ini sekolah itu sudah tidak ada lagi hari ini.

Nama Asri Tadda memang tidak setenar Mastih Anne Ahira di Indonesia, tapi di jaringan Blogger Luar Negeri, beliau cukup punya nama.

Kamu yang membaca artikel ini mungkin baru pertama kali juga mendengar kedua nama itu.. hehe

Oke, saya tidak mau terlalu banyak berkicau tentang masa lalu…

Tapi saya cuma mau bilang, bahwa saya juga banyak memperoleh inspirasi dan ilmu dari mereka berdua, meski tidak pernah bertemu secara langsung.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Banyak jalan menuju Roma, banyak cara mendapatkan uang dari Blog. Namun ada hal yang sangat penting kamu lakukan sebelum terlalu jauh memikirkan duitnya. Berikut di antaranya:

1. Tentukan Tujuan Ngeblog

Gambar 1 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Menentukan tujuan ngeblog sangat penting di Awal, dan setiap orang tentunya punya tujuan berbeda. Ada yang tujuannya sekedar latihan dan menyalurkan hobinya menulis. Ada juga yang tujuannya agar pemikirannya yang tertuang dalam tulisan dapat menginspirasi orang lain.

Ada juga yang membangun blog dengan tujuan bisa berbagi ilmu dan pengalamannya. Bahkan ada juga yang tujuannya semata-mata hanyalah Uang.

Apapun tujuan kamu, saya hanya ingin menyarankan bahwa jangan pernah menjadikan uang sebagai Tujuan utama.

Karena jika hanya itu yang menjadi targetmu, percayalah kamu akan sering kecewa dan bisa jadi berujung putus asa.

Mungkin kamu pernah dengar ungkapan

“Proses tidak akan mengkhianati hasil”

Maka dari itu, jadikanlah uang sebagai akibat dari kerja kerasmu. Tugas kamu hanya perlu melakukan yang terbaik tanpa harus memikirkan berapa keuntungan yang kamu dapatkan.

Tujuan terbaik adalah menjadikan blog kamu sebagai sumber manfaat bagi orang lain.

2. Memilih Niche Blog

Gambar 2 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Jika kamu sudah punya tujuan yang jelas, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan Niche atau Topik apa yang akan kamu bahas di blog kamu.

Pada dasarnya kamu bisa menulis tema apa saja, tapi saran saya sih jika kamu masih pemula fokuslah pada topik yang memang kamu pahami, senangi atau kuasai.

Misal, kamu suka dunia bisnis, ya Silahkan fokus bahas bisnis dan segala yang berhubungan dengan itu.

Bahkan jika perlu lebih spesifik lagi lebih bagus. Misalnya hanya fokus pada topik Bisnis Kuliner.

Atau mungkin kamu hobi bola. Ya kamu bisa bikin blog tentang LaLiga atau Liga Indonesia saja, Liga Champion saja, atau yang sejenisnya.

3. Memilih Platform

Gambar 3 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk membangun blog pertama kamu. Mulai dari yang Gratis hingga yang membutuhkan Modal seperti hosting dan domain.

Platform yang gratis di antaranya seperti Blogger (blogspot), wordpress.com, wix.com. Jika kamu mau lebih serius lagi kamu bisa gunakan WordPress atau Joomla.

Untuk yang 2 itu, kamu harus menyiapkan Hosting dan Domain kamu sendiri.

4. Memilih Domain

Gambar 4 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Memilih domain kadang sesulit memilihkan nama untuk anak kita yang baru lahir. Butuh perenungan.

Karena nge-Blog tak ubahnya seperti membangun bisnis, domain inilah yang akan menjadi merk dan identitas kamu yang tidak akan sama dengan blogger yang lain.

Tapi saya punya tips dalam memilih domain untuk blog kamu. Tips ini berlaku untuk kamu yang menggunakan Platform gratis yang menggunakan subdomain atau yang menggunakan self hosted.

Berikut tips dari saya:

  • Domain usahakan mengandung 1-3 kata saja. Misal: ombaldan.id, galeridigital.com, multiklinnusantara.com)
  • Domain bisa diambil dari Keyword atau Niche blog yang akan kamu buat. Contoh: duniagadget.net, bisniskuliner.org, dan lain sebagainya)
  • Domain juga bisa dari kombinasi nama/brand dan niche. Contohnya; baldantechno.com, ombaldantraveling.net)
  • Domain tidak mengandung angka. Seperti; blogbisnis789.wordpress.com atau bisniskulinerku789.blogspot.com. Kecuali jika angka itu adalah brand usaha kamu, ya gak apa-apa hehe.
  • Domain usahakan tidak mengandung tanda hubung. Seperti; sekolah-gratis.net, liga-champion.org

Oke saya rasa itu aja tentang domain. Jika ada yang saya lewatkan, silahkan ditambahkan, di kolom komentar.

5. Membuat Blog

Gambar 5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Nah, jika tujuan kamu sudah jelas, topik sudah oke, platform yang dipakai sudah Fix, dan rencana domain sudah siap, maka selanjutnya kamu tinggal membuat Blog kamu.

Untuk membuat Blog, kamu bisa juga ikuti panduan berikut:

Silahkan Praktekkan, jika ada yang mau ditanyakan bisa disampaikan di kolom komentar.

6. Membuat Konten

Gambar 6 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Pada tulisan saya sebelumnya, saya menyebutkan bahwa konten adalah nyawa dari setiap Blog. Tanpa konten yang bagus, blog tersebut boleh dibilang tidak bernilai apa-apa.

Membuat konten yang bagus untuk blog secara konsisten memang tidak mudah. Perlu waktu dan kerja keras. Itulah kenapa saya sangat menyarankan kamu memilih topik blog yang kamu senangi bahkan kamu kuasai.

7. Mendapatkan Trafik

Gambar 7 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Apalah arti konten yang bagus, ditulis berhari-hari, begadang hingga subuh, tapi sayangnya tidak ada yang membacanya. Kan sakit sob, iya gak?

Oleh karena itu, kamu harus bisa mendatangkan Trafik atau pembaca ke blog kamu.

Untuk mendatangkan trafik, maka kamu harus menggunakan semua channel dan sumber trafik yang ada. Di antaranya adalah sebagau berikut:

Trafik Organik.

Trafik ini berasal dari pencarian di search engine. Seseorang mengetikkan kata kunci tertentu untuk mendapatkan informasi, lalu di antara hasil pencarian yang muncul salah satunya adalah blog kamu.

Jika seseorang tersebut mengklik judul artikel kamu, maka kamu mendapatkan Trafik.

Untuk bisa membuat blog kamu tampil di halaman pencarian search engine seperti Google, Bing, Yandex, maka kamu butuh ilmu tambahan yang sering orang sebut dengan Search Engine Optimization (SEO).

Jika kamu mau belajar lebih serius tentang SEO, saya menyarankan kamu untuk belajar di sini.

Trafik Media Sosial

Jika kamu punya akun di Facebook atau Twitter, kamu bisa menjadikan itu sebagai salah satu sumber trafik ke blog kamu. Jika SEO ibaratnya menunggu bola, maka media social adalah menjemput Bola.

Kamu harus sering mempromosikan blog kamu di semua channel media social yang kamu punya.

Termasuk, jika kamu punya grup WhatsApp atau Channel Telegram yang membernya memiliki interest terhadap tema blog kamu, kamu bisa share ke sana.

Trafik Berbayar

Jika kamu mau cepat punya visitor yang banyak, kamu bisa gunakan Paid Traffic. Kamu bisa beriklan di Facebook atau Google Adwords.

Tentunya, kamu harus mengalokasikan dana iklan setiap harinya untuk bisa mencapai target visitor kamu.

Mana yang paling bagus?

Bagi saya, jangan pernah mengandalkan hanya satu sumber trafik. Saya sendiri menggunakan ketiga sumber trafik di atas di blog saya yang lain.

Ini saya tunjukkan penampakan Visitor salah satu blog saya dalam rentang 3 bulan terakhir (juni-agustus 2020).

Gambar 8 Memilih Sumber Trafik Blog
Data Google Analytics

Pada gambar di atas, kita dapat melihat bahwa sumber trafik saya tidak hanya mengandalkan satu saja. Tapi semua potensi sumber trafik saya gunakan. Meskipun, kenyataannya 48% trafik datangnya dari Search Engine.

Jadi, gunakan saja semua…

8. Monetizing

Gambar 9 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Tibalah kita pada inti segala inti, yang sudah dinanti-nanti sejak tadi. Yaitu, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Betulkah blog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dan dollar?

Jawabannya, jelas bisa dong..

Pokoknya, jika konten kamu disukai orang, mereka akan sukarela ikut membagikan ke kanal-kanal media social mereka. Jika demikian, maka trafik pun akan datang dari berbagai penjuru.

Jika trafik sudah bagus, maka di sana sudah ada income yang menanti.

Berikut ini beberapa sumber revenue sebuah blog yang bisa kamu terapkan di blog kamu juga:

1. Adsense / Periklanan

Sumber penghasilan blog kamu bisa didapatkan dengan menyediakan Space iklan. Ini adalah cara dapat duit yang sudah umum digunakan oleh blogger. Dan mungkin karena sudah seringnya mendengar informasi ini maka kamu tertarik cari uang lewat blog. Hehe

Ya, kamu bisa menyewakan space iklan ke pihak ke-3 dengan ketentuan yang kamu buat sendiri tentunya.

Selain itu kamu juga bisa mendaftarkan Blog kamu ke Google Adsense, sehingga nantinya Google akan menerbitkan iklan di Blog kamu. Setiap ada yang klik iklan dari pengunjung kamu, maka dari situlah kamu bisa dapat uangnya.

Jika blog kamu tidak diterima oleh Google Adsense, kamu bisa mendaftar di MGID sebagai alternatif.

Contoh iklan MGID dapat kamu lihat di akhir Artikel ini. Penampakanya seperti gambar berikut:

Gambar 10 Contoh iklan MGID

Cuma gitu doang?

Banyak dong, sama halnya dengan trafik kamu bisa memonetise berbagai jenis sumber income di blog kamu dan tidak hanya bergantung pada Adsense.

2. Affiliate Marketing

Jika kamu belum puas dengan income dari Adsense, kamu juga bisa memanfaatkan blog kamu untuk mendapatkan uang dari program Affiliate Marketing.

Saya tidak perlu menjelaskan lagi lebih jauh mengenai program ini disini. Karena sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Kamu bisa membacanya di Affiliate Marketing; Menghasilkan Uang dengan Cara Paling Mudah

Jika kamu sudah membaca artikel tersebut, selanjutnya cobalah perhatikan beberapa artikel saya di Blog ini, di mana di beberapa artikel saya menyisipkan Link Affiliasi saya yang tanpa orang sadari jika membuka link itu, ia akan diarahkan ke halaman penawaran Produk. Hehe..

Bahkan di dalam artikel yang sedang kamu baca ini pun, ada 1 Link affiliasi yang saya masukkan. Coba aja dicari. Ckcckk

3. Menjual Produk/Jasa Sendiri

Jika kamu punya produk sendiri atau jasa, kenapa kamu tidak menggunakan blog kamu sebagai media promosi?

Misal, blog kamu membahas Tema seputar Bola dan kebetulan juga usaha kamu adalah jualan Jersey bola misalnya, lhaa klop sudah. Jadikan blog kamu sebagai sumber trafik untuk Usaha kamu sendiri.

Seperti di Blog ini, selain Adsense dan Affiliasi, saya juga memasang Banner iklan untuk Jasa pembuatan website saya. Begitupun dengan ecourse saya untuk pemula yang ingin belajar website saya masukkan.

Perhatikan gambar berikut:

Gambar 11 Mempromosikan produk dan jasa di blog

Tidak hanya banner, tapi juga seringkali saya promosikan di dalam artikel yang saya terbitkan. Coba aja cek, ntar juga ketemu kok. Haha..

Kesimpulan

Mengelola blog tak ubahnya seperti mengelola bisnis. Ia harus direncanakan dan dikelola dengan serius, kerja keras, konsisten, serta sabar.

Salah satu langkah awal dalam merencanakan bisnis kamu lewat Blog adalah dengan membuat Business Model Canvas.

Dengan BMC, kamu bisa lebih mengerti ke mana kamu akan mengarahkan Blog kamu sehingga bisa mencapai tujuan dan impian yang kamu harapkan.

Jika ada yang mengatakan bahwa cara mendapatkan uang dari blog itu gampang, segera lah tinggalkan, itu menyesatkan.

Percayalah bahwa blogger sukses itu tidak lahir dalam semalam, mereka ditempa berbagai cobaan dan ancaman setiap saat.

Dan kamu harus siap dengan itu semua jika memang kamu adalah seorang petarung…

Semoga bermanfaat

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here