8 Cara Mendapat Uang dari YouTube (Panduan untuk Pemula)

Saat ini, YouTube menjadi platform digital yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Selain membagikan video, ternyata ada cara mendapat uang dari YouTube yang bisa kamu coba.

Hal itu dikarenakan platform milik Google ini menawarkan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Sudah banyak content creator yang sukses menghasilkan uang dari YouTube.

Buat kamu yang ingin menjadi seorang content creator, maka bisa mencoba kesempatan emas ini. Lalu, bagaimana cara menghasilkan cuan dari YouTube?

Cara Mendapat Uang dari YouTube Bagi Pemula

Jika ingin mendapatkan uang dari YouTube, tentunya kamu harus membuat konten yang berkualitas. Untuk pemula kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat Channel YouTube

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat channel YouTube. Untuk membuat channel, kamu hanya perlu mengisi form saja. Setelah itu, kamu harus menentukan kontennya.

Konten merupakan kunci utama untuk menghasilkan uang dari YouTube. Pastikan juga kamu memiliki nama yang menarik, karena pengguna YouTube akan tertarik untuk subscribe atau berlangganan. 

Ada berbagai jenis konten yang bisa kamu pilih, seperti:

  • Kuliner

Saat ini, banyak pengguna YouTube yang sering menonton konten kuliner. Terdapat beberapa kategori kuliner yang bisa dicoba, yaitu memasak, mukbang hingga review makanan.

Kamu bisa memulai konten ini dengan melakukan review makanan unik di restoran.

  • Kecantikan

Kecantikan menjadi salah satu kategori konten yang cukup populer di Indonesia. Menurut data Google, ada sekitar 1.600 channel YouTube bertema kecantikan.

Jadi, tema konten ini sangat cocok bagi kamu yang suka mengulas produk kecantikan, skin care, dan makeup.

  • Edukasi

Belajar dengan cara membaca artikel atau blog terkesan membosankan bagi sebagian orang. Solusinya adalah mengubah teks pelajaran menjadi sebuah video edukasi. Hal itu dilakukan agar pengguna YouTube lebih mudah memahaminya.

2. Lakukan Riset Keyword

Riset keyword menjadi poin penting dalam proses perjuangan kamu untuk mendapat uang dari YouTube. Hal itu bertujuan agar kamu bisa membuat konten yang sangat dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang.

Kamu bisa melakukan riset keyword dengan menggunakan Google Trends. Caranya pun hampir mirip dengan riset keyword untuk website atau blog. Perbedaannya adalah kamu hanya perlu mengganti kategori pencariannya menjadi “YouTube Search”.

Cara Mendapat Uang dari YouTube

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur pencarian YouTube. Saat menuliskan kata kunci konten di kolom pencarian, nantinya YouTube akan memberikan prediksinya.

Cara Mendapat Uang dari YouTube

Misalnya, kamu mencari kata kunci cara mendapatkan uang dari YouTube, lalu nantinya ada prediksi seperti cara mendapatkan uang dari YouTube 2020 atau 2021, cara mendapatkan uang dari YouTube bagi pemula hingga cara mendapatkan uang dari YouTube channel.

3. Aktifkan Monetisasi Akun YouTube

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah bergabung dengan program YouTube Partner. Nantinya, kamu akan mendapatkan akses khusus di YouTube, seperti monetisasi.

Monetisasi akun YouTube bisa dilakukan dengan masuk ke Youtube Studio di alamat ini https://studio.youtube.com. Dan di bagian sebelah kiri klik “Monetization”.

Cara Mendapat Uang dari YouTube

Nantinya, kamu akan mendapatkan fitur Video Analytic untuk memantau track Video-video kamu dan penghasilan.

Sebelumnya, kamu harus melengkapi YouTube Payment Threshold terlebih dahulu agar track penghasilan bisa dibayarkan.

Supaya persyaratan monetisasi akun terpenuhi, channel YouTube kamu harus memiliki 1.000 subscribers dan 4.000 jam waktu tontonan dalam satu tahun.

Setelah itu, pihak YouTube akan melakukan verifikasi untuk memantau keaslian setiap video yang diunggah.

4. Pasang Akun AdSense di Channel YouTube

Kamu juga perlu memasang akun AdSense untuk menentukan apa saja iklan yang cocok untuk video-mu. Namun, kamu tidak bisa memperkirakan berapa banyak jumlah penghasilan dari iklan.

Hal itu tergantung dari berapa banyak viewers yang menonton iklannya sampai habis, berapa viewers yang menggunakan AdBlocker, dan lainnya.

Umumnya, para YouTuber tidak bergantung dengan iklan untuk menghasilkan uang dari channel-nya. Sebab, nilai AdSense atau Cost Per Miles (CPM) di Indonesia tergolong rendah dibanding beberapa negara lainnya.

CPM merupakan komisi yang akan diperoleh YouTuber setiap 1.000 views di video-nya. Hal ini sangat penting diperhatikan jika kamu ingin mengaktifkan monetisasi iklan di YouTube.

5. Membuat High Retention Video

Pastinya, kamu masih cukup asing dengan istilah ini. High retention video merupakan rata-rata persentase video yang ditonton oleh viewers kamu.

Contohnya, kamu mengunggah video dengan durasi 10 menit dan rata-rata viewers menontonnya selama 5 menit. Artinya, persentase retensi video kamu adalah 50%.

YouTube sendiri sangat mengutamakan video dengan persentase retensi yang tinggi. Strategi cara mendapatkan uang dari YouTube bagi pemula sebisa mungkin membuat orang menghabiskan waktu yang lama di platformnya.

Semakin tinggi persentase retensinya, maka video kamu akan berada di urutan paling atas dalam hasil pencarian YouTube. Jika video kamu menarik dan berkualitas, maka angka retensinya semakin tinggi.

6. Gunakan Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan strategi bisnis yang bisa memberikan keuntungan jika memasang link di dalam deskripsi video. Saat ada orang yang membeli produk di situs tersebut, nantinya kamu akan mendapatkan komisi.

Cara mendapat uang dari YouTube selain AdSense ini cukup mudah dilakukan, karena tidak perlu membuat perjanjian dengan brand terkait. Kamu bisa mengulas suatu produk tertentu di video YouTube, kemudian tambahkan link-nya.

Jadi, kamu memiliki kesempatan untuk mengembangkan sebuah bisnis, sehingga informasinya bisa meluas ke platform YouTube.

7. Mempromosikan Video YouTube di Media Sosial

Share video juga dapat menentukan rating kamu di YouTube. Sebagian besar orang akan membagikan video yang dianggap bagus dan paling banyak ditonton.

Agar memudahkan kamu mendapatkan audiens atau subscriber kamu bisa membagikan video kamu. Dengan begitu, kamu hanya perlu membagikan video-nya di media sosial.

Namun, kamu harus aktif membagikan video YouTube milikmu di media sosial dan platform lainnya. Saat ini, ada banyak media sosial yang bisa kamu gunakan, seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram, LINE, Kaskus, dan lainnya.

8. Bekerjasama dengan Brand

Kamu juga bisa bekerjasama dengan brand tertentu agar menghasilkan uang dari YouTube. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai endorse, karena kamu akan melakukan promosi dan menyisipkan link produknya di deskripsi video.

Nantinya, pihak brand akan memberikan produknya kepada kamu untuk diulas di channel YouTube. Kamu juga mendapatkan produk tersebut secara cuma-cuma, kemudian audiens dari perusahaan brand meningkat.

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu peroleh, yakni voucher diskon, uang tunai, atau produk sample. Hal tersebut tergantung dari kontrak yang kamu tanda tangani dengan pihak brand.

Selain itu, kamu harus memiliki personal branding terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar ada banyak perusahaan yang ingin bekerjasama dengan kamu.

Syarat Agar Bisa Mendapatkan Uang dari YouTube

Supaya dibayar oleh YouTube, kamu harus memiliki saldo minimal sebesar $100 atau view yang banyak. Artinya, kamu harus mengumpulkan sebanyak 20.000 views jika ingin memperoleh $5 per 1.000 tampilan video.

YouTube telah menyediakan Program Mitra YouTube agar kamu bisa dibayar melalui iklan di halaman. Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi jika ingin diterima dalam program tersebut, yaitu:

  • Memiliki 1.000 subscribers di channel YouTube.
  • Mencapai 4.000 tontonan dalam satu tahun terakhir.
  • Menandatangani dan menyetujui persyaratan.
  • Memiliki akun AdSense.
  • Sudah disetujui atau diverifikasi.

Setelah itu, kamu sudah bisa menghasilkan uang dari YouTube melalui iklan. Ada dua cara yang bisa kamu pilih, yaitu per 1.000 tampilan video dan per klik tampilan.

Untuk per 1.000 tampilan, kamu bisa mendapatkan uang. Sedangkan untuk per klik, kamu akan mendapatkan uang sesuai jumlah viewers yang mengklik iklan di video.

Nantinya, Google akan memberikan 68% dari pendapatan saat kamu menampilkan video melalui AdSense. Jika video YouTube kamu menghasilkan $1.000 dari AdSense, maka kamu akan menerima $680.

Mengapa Harus Menghasilkan Uang dari YouTube?

Mengapa harus menghasilkan Uang dari YouTube

Pastinya, kamu penasaran kenapa Youtube bisa jadi pilihan buat kamu untuk menghasilkan uang di internet. Seperti yang diketahui, sudah banyak creator content di Indonesia yang sukses meraup keuntungan dari YouTube. Berikut ini adalah alasannya:

1. YouTube Menjadi Platform Video Terbaik

Saat ini, YouTube menguasai market share untuk platform video di Indonesia. Terdapat sekitar 92% pengguna internet di Indonesia yang mengakses YouTube untuk mencari video.

2. Masyarakat Indonesia Gemar Menonton Video

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), ada 69,64% masyarakat Indonesia yang mengakses internet untuk menonton video.

Hal ini menjadi kesempatan besar untuk mendapatkan audiens lewat video YouTube kamu. Dengan catatan, video YouTube harus berkualitas dan orisinil.

3. Tidak Perlu Memiliki Banyak Subscribers

Kamu tidak diwajibkan memiliki banyak subscribers untuk mendapatkan uang dari YouTube. Memiliki subscribers yang banyak memang bisa membantu kamu untuk bersaing di YouTube.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menghasilkan uang. Kamu bisa menjadi partner YouTube jika sudah memenuhi persyaratan yang diberikan. Selain itu, kamu bisa bekerjasama dengan brand untuk mempromosikan produknya.

4. YouTube Menjadi Pesaing Televisi

Jumlah penonton YouTube diperkirakan akan melebihi jumlah penonton televisi. Menurut data survei dari Kantar pada 2018 lalu, sekitar 57% responden menonton televisi setiap harinya. Sementara itu, 53% responden menonton YouTube setiap hari.

Hasil persentase di atas menunjukkan, bahwa masyarakat Indonesia sering menonton YouTube. Tentunya, hasil tersebut bisa menggeser posisi televisi di mata masyarakat.

Hal itu dikarenakan YouTube menawarkan banyak pilihan jenis konten video dan kebebasan waktu untuk menontonnya. YouTube juga memudahkan penggunanya untuk menonton acara televisi melalui ranahnya.

Saat ini, hampir seluruh kanal televisi Indonesia memiliki channel YouTube agar masyarakat bisa menonton acara dan programnya.

5. Semua Orang Bisa Mendapatkan Uang dari YouTube

Saat tampil di acara televisi, kamu diharuskan untuk melewati audisi atau casting. Dengan adanya YouTube, kamu bisa membuat program sendiri tanpa harus mengikuti casting.

Meskipun harus melakukannya sendiri, namun kamu memiliki kebebasan untuk membuat konten video.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari YouTube. Namun, tidak ada yang instan di dunia ini. Sebab, semuanya membutuhkan kerja keras dan proses yang panjang. Bahkan, seluruh YouTuber terkenal harus memulainya dari bawah.

Jika kamu serius ingin menekuni bidang ini, saya menyarankan kamu untuk tidak belajar sendiri. Jika menginginkan percepatan untuk kesuksesan kamu maka sebaiknya kamu memiliki mentor atau guru.

Untuk belajar Youtube dari Nol hingga kamu bisa mandiri dan menghasilkan uang dari Channel youtube, kamu bisa mengikuti Training Youtube Mastery <- (klik untuk membuka detail informasinya). Sangat cocok bagi kamu yang mengaku pemula dan ingin segera menghasilkan uang dari Youtube.

Baca Juga:

Itulah penjelasan mengenai cara mendapat uang dari YouTube yang bisa dicoba. Selanjutnya, kamu hanya tinggal menentukan jenis konten yang ingin digunakan di channel YouTube milik kamu.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here