Cara Membuat Website dengan WordPress (Tutorial Step by Step)

Banyak orang mengira bahwa membuat website itu sulit, padahal di masa sekarang ini sudah sangat mudah bahkan siapa saja bisa membuatnya tanpa harus punya latar belakang IT.

Saya sendiri backgroundnya bukan seorang developer atau programmer web. Namun, saya bisa membuat website yang menarik dan profesional sesuai kebutuhan klien-klien saya.

Apa Rahasianya?

Yup, saya menggunakan WordPress….

Apa itu WordPress?

WordPress ialah sebuah platform atau software pembuatan website yang bersifat open source, yang dapat digunakan secara Gratis serta bebas dimodifikasi oleh siapa saja. Platform ini dikembangkan oleh Mike Little dan Matt Mullenweg sekitar tahun 2003 silam.

Kenapa Pakai WordPress?

Ada banyak alasan mengapa saya suka membuat website dengan menggunakan wordpress. Di antaranya adalah:

1. Sangat Mudah Digunakan

Alasan paling pertama kenapa saya suka memakai wordpress, karena sangat mudah digunakan. Bisa digunakan oleh siapa saja, dari orang yang memang sudah punya keahlian IT maupun orang awam.

Ya, kamu tidak perlu jago coding atau programming untuk membuat website profesional karena kamu cukup dengan memakai WordPress saja.

2. Banyak Pluginnya

Secara sederhana saya mengartikan plugin itu sebagai kumpulan kode yang disusun oleh para programer dengan beragam fungsi sehingga memudahkan kita dalam membuat dan mengelola website kita.

Saat ini, WordPress telah menyediakan puluhan ribu plugin dalam direktori mereka. Kelebihan ini tentunya tidak akan kamu temukan atau setidaknya sangat jarang dimiliki platform lain.

Menariknya lagi karena plugin-plugin yang tersedia umumnya dapat digunakan secara Gratis!

3. Banyak Template

Selain memiliki plugin yang banyak, template website pun sangat banyak, bahkan umumnya juga dapat digunakan secara gratis. Bahkan, pada beberapa template WordPress yang gratis itu, tidak kalah bagus kok sama template-template yang premium. Alias, banyak template Gratis rasa Premium. hhehe

4. Cepat Bikinnya

Alasan saya yang keempat adalah karena membuat website dengan wordpress itu cepat prosesnya. Jika kamu sudah punya hosting dan domain, kamu hanya perlu 5 Menit saja, website kamu sudah bisa jadi dan langsung online.

Cara Membuat Website dengan WordPress

1. Siapkan Hosting dan Domain

Untuk membuat website dengan wordpress, hal paling pertama yang harus kamu sediakan terlebih dahulu adalah Hosting dan Domain. Untuk penyedia hosting lokal, saya merekomendasikan Niagahoster (Gunakan Kode Kupon “ombaldan” tanpa tanda petik jika kamu mau dapatkan Diskon 5%).

Jika kamu bingung memesan hosting dan domain, kamu bisa konsultasikan langsung ke saya sob….

Oke lanjut, jika sudah punya Hosting dan Domain, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

2. Login ke cPanel Hosting

Jika kamu sudah punya hosting dan domain, silahkan login ke website penyedia hosting kamu, lalu cari Nama Hosting yang kita mau gunakan, lalu klik. Nantinya aka muncul halaman dengan beragam menu shortcut. Pilih cPanel.

Gambar 1 Cara membuat website dengan wordpress

Nanti, kamu akan diarahkan ke halaman cPannel hosting kamu.

3. Install WordPress

Saat kamu sudah di halaman cPanel, kamu cari Icon WordPress dan klik. Seperti gambar berikut:

Gambar 2 Cara membuat website dengan wordpress

Setelah kamu klik, akan muncul halaman baru seperti gambar berikut. Langsung saja klik Install WordPress.

Gambar 3 Cara Install WordPress

Nanti akan muncul halaman baru. Silahkan isi sesuai petunjuk berikut ini:

Gambar 4 Cara Install WordPress
  • Nomor 1: Pilih Versi WordPress yang kamu gunakan
  • Nomor 2: Pilih domain kamu
  • Nomor 3: Kosongkan
  • Nomor 4: Tulis Nama Website kamu
  • Nomor 5: Tuliskan Deskripsi Singkat Website Kamu

Lanjutkan dengan scroll lagi ke bawahnya…

Gambar 5 Cara Install WordPress
  • Nomor 6: masukkan username yang akan kamu gunakan login di website kamu nantinya
  • Nomor 7: masukkan password yang akan kamu gunakan login di website kamu nantinya
  • Nomor 8: masukkan email administrator website kamu
  • Nomor 9: Pilih bahasa website kamu

Jika nomor 1-9 sudah selesai, langsung saja kamu scroll terus sampai ke paling bawah halaman, cari tombol Install lalu klik. Nanti akan muncul proses installasinya seperti ini:

Gambar 6 Proses Installasi Website WordPress

Silahkan tunggu sampai selesai prosesnya. Biasanya hanya butuh beberapa detik saja hingga proses installasi website wordpress kita sudah selesai.

Jika sudah selesai akan muncul seperti berikut:

Gambar 7 Proses Installasi Website WordPress

Installasi website wordpress kamu sudah selesai. Kamu bisa mengeceknya dengan mengakses domain kamu di browser. Tampilan awalnya akan seperti ini:

Gambar 8 Tampilan Website WordPress

Nah, jika sudah seperti itu artinya website kamu sudah jadi dan sudah bisa diakses oleh semua orang. Selanjutnya, kamu tinggal percantik tampilan website kamu dan mengisinya dengan konten yang sesuai dengan tujuan awal kamu membuat website.

Untuk tampilan yang kamu inginkan atau ingin fitur-fitur khusus pada website kamu, tinggal pilih dan sesuaikan saja dengan Themes dan plugin yang tersedia pada direktori wordpress.

Kamu tinggal login saja ke website kamu di alamat domainkamu.com/wp-admin. Masukkan username dan password yang telah kamu buat saat install wordpress tadi.

Selanjutnya, jika sudah login, kamu bisa langsung ke menu Themes untuk memilih Template website kamu dan ke menu plugin untuk mencari plugin-plugin yang ingin kamu tambahkan ke situs kamu.

Baca juga sob:

Masih bingung?

Jika masih bingung, kamu boleh belajar langsung sama saya. Klik di sini untuk info selanjutnya. Atau jika kamu mau terima jadi website kamu, saya bisa bantu kamu membuatkan website yang sesuai keinginan kamu. Langsung saja klik di sini.

Demikianlah tutorial mengenai cara membuat website dengan wordpress dari saya. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di Blog ini.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here