Cara Membuat Tabel di Blog dengan Mudah dan Cepat

Terkadang ada konten tertentu yang mengharuskan kita menambahkan sebuah tabel di dalam artikel blog kita, misal tabel harga atau tabel donatur dan lain sebagainya. Cara membuat tabel di blog sangatlah mudah, apalagi jika kamu menggunakan CMS WordPress.

Dengan menggunakan WordPress, kita bisa membuat tabel yang responsive dengan cepat dan mudah tanpa harus memahami Bahasa pemrograman web, tanpa harus diribetkan dengan kode-kode yang rumit.

Itulah kenapa di setiap kesempatan, saya selalu merekomendasikan khususnya kepada yang mau serius membangun website atau blog untuk menggunakan CMS WordPress saja.

Karena wordpress memiliki banyak kelebihan dibanding CMS lain dan sangat newbie friendly alias sangat mudah digunakan oleh pemula sekalipun.

Apa Itu Tabel

Sebelum belajar bagaimana cara membuat tabel di blog, mari kita pahami dulu sedikitlah tentang tabel. Anggap aja materi pengulangan saat sekolah atau kuliah. Hehehe..

Tabel umumnya digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah data secara terstruktur yang terdiri dari baris, kolom dan sel. Nah, adanya Baris, kolom dan sel pada sebuah tabel ini tentu sangat membantu kita dalam melihat dan memahami informasi yang terdapat di dalamnya.

Kalau digambarkan kira-kira seperti inilah:

Cara Membuat Tabel di Blog dengan Mudah

Cara Membuat Tabel di Blog WordPress dengan Editor Gutenberg

Oke langsung saja, untuk membuat tabel di Blog wordpress, yang paling cepat dan sederhana yaitu dengan menggunakan Editor Gutenberg. Gutenberg pada versi WordPress saat ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk membuat tabel.

Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Buat Halaman Baru atau Post Baru seperti biasa dengan mengklik Menu “New Page” atau “New Post
  2. Jika sudah di bagian editor, silahkan buat tulisan atau konten seperti biasanya. Misal di sini saya contohkan artikel dengan judul “Cara Tercepat Membuat Tabel di Blog” dan saya isikan keterangan seperlunya Lalu klik icon (+) atau “Add Block”.
Cara Membuat Tabel di Blog WordPress dengan Editor Gutenberg
  1. Nantinya akan muncul beberapa pilihan block. Biar cepat, pada kolom pencariannya ketik saja “table” lalu klik Icon tabelnya.
Cara Membuat Tabel di Blog WordPress dengan Editor Gutenberg 2
  1. Selanjutnya, kamu tinggal tentukan jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan. Di sini saya contohkan, 3 Kolom dan 5 Baris. Lalu, klik “Create Table
Membuat Tabel di WordPress dengan Gutenberg
  1. Selebihnya, kamu tinggal mengisi tabel dan mengaturnya sesuai kebutuhan kamu dengan menggunakan opsi bar yang berada di atas tabel.
Membuat Tabel di WordPress dengan Gutenberg 2

Gimana, gampang kan?

Tapi, ada tapinya…

Tapi Sayangnya, membuat tabel menggunakan editor Gutenberg versi yang ada saat tulisan ini dibuat (kabari saya jika sudah bisa ya), belum bisa membantu kita melakukan banyak kustomisasi.

Misalnya, kustomisasi ukuran kolomnya, memasukkan gambar, atau yang lainnya.

Oleh karena itu, maka solusi paling praktis, mudah dan cepat adalah dengan menggunakan plugin.

Cara Membuat Tabel di Blog dengan Plugin

Jika sudah bicara plugin, maka wordpress menyimpan ribuan plugin di direktori mereka. Termasuk dalam hal ini plugin table. Ada cukup banyak sekali pilihan plugin table yang bisa kamu gunakan.

Plugin-plugin tersebut tentunya ada yang Gratis dan ada yang Premium alias berbayar. Di antaranya, seperti Plugin WP Table Builder, TablePress, Data Tables Generator by Supsystic, Ninja Tables, Pricing Tables by Supsystic, Easy Table.

Tapi, tentunya pada tulisan ini kita tidak akan banyak membahas satu per satu plugin tersebut.

Karena, yang kamu butuhkan saat ini adalah bagaimana memanfaatkan salah satu dari plugin tabel yang ada untuk memenuhi kebutuhan konten di blog kamu.

Oke, langsung saja.

Saya akan mencontohkan bagaimana cara membuat tabel di blog dengan menggunakan salah satu dari Plugin yang saya sebutkan di atas, yaitu: Plugin TablePress.

Plugin ini merupakan plugin table yang responsif, mudah dan simpel. Meskipun gratis, tapi fiturnya sudah sangat cukup untuk kebutuhan pembuatan tabel pada umumnya.

1. Install Plugin TablePress

Jika kamu sudah biasa menggunakan plugin, silahkan lakukan seperti biasa. Jika kamu masih baru, ikut langkah-langkah berikut ini:

  • Login ke Dashboard admin WordPress kamu
  • Pilih Menu Plugins, lalu klik “Add New”
  • Pada kolom pencarian ketik “TablePress”
  • Install dan Aktifkan Pluginnya
Cara Membuat Tabel di Blog WordPress dengan Plugin TablePress

2. Input Data pada Tabel

Setelah kamu menginstall plugin dan mengaktifkannya maka akan muncul Menu Baru di sisi menu sebelah kiri yaitu TablePress. Untuk mulai membuat tabelnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Arahkan kursor ke menu TablePress, lalu klik “Add New Table
Cara Membuat Tabel di Blog WordPress dengan Plugin TablePress 2
  • Selanjutnya, isi nama tabel, deskripsi tabel, jumlah baris dan kolomnya, lalu klik tombol “Add Table“.
Membuat Tabel di Blog dengan Plugin TablePress
  • Jika sudah, selanjutnya kamu tinggal masukkan data ke dalam tabel pada bagian kolom Table Content sesuai kebutuhan. Dan jika kamu perhatikan pada bagian kanan atas, kamu akan melihat shortcode yang nantinya akan dimasukkan ke dalam postingan.
Membuat Tabel di Blog dengan Plugin TablePress 2
  • Pada bagian bawahnya, kamu dapat menemukan beberapa menu kustomisasi. Kamu bisa melakukan modifikasi atau mengatur tampilan tabel sendiri, seperti menambahkan link, gambar, menambah kolom atau baris, dan lainnya.
  • Untuk melihat tampilannya, kamu bisa klik Tombol Preview dan Jika sudah selesai, jangan lupa Klik “Save

3. Memasukkan Tabel ke Dalam Postingan

Jika segala pengaturan tabel beserta isinya sudah selesai kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah tinggal memasukkan tabel tersebut ke halaman yang diinginkan.

Pada contoh ini akan saya masukkan ke artikel yang sudah saya contohkan sebelumnya. Begini caranya:

  • Silahkan membuat halaman baru atau melanjutkan simulasi halaman sebelumnya (lihat lagi panduan Editor Guttenberg sebelumnya).
  • Pada bagian halaman editor, masukkan Short Code Tabel kamu yang sudah saya sebutkan di poin sebelumnya pada bagian yang kamu inginkan dengan mengklik Icon “+” dan pilih “Shortcode”. Di sini saya sesuaikan dengan punya saya, yaitu “[table id=1 /]“
Membuat Tabel di Blog dengan Plugin TablePress 3
  • Jika kamu ingin melihat seperti apa tampilannya sebelum Publish, kamu bisa preview terlebih dahulu. Jika sudah oke, langsung aja Klik Publish.
  • Setelah dipublish, tampilannya akan seperti berikut.
Membuat Tabel di Blog dengan Plugin TablePress 4

Oh iya, plugin TablePress ini memiliki fitur import dan export Table. Kamu bisa meng-export tabel yang sudah kamu buat atau kamu juga bisa import file Tabel yang sudah kamu buat sebelumnya, baik file berjenis CSV, HTML, JSON, XLS, dan XLSX.

Baca Juga:

Kesimpulan

Demikianlah panduan sederhana mengenai cara membuat tabel di blog. Dalam artikel ini kita sudah sama-sama belajar membuat tabel dengan memanfaatkan fitur editor wordpress dan menggunakan Plugin TablePress dengan tampilan yang lebih responsif.

Jika panduan ini bermanfaat, jangan sungkan-sungkan untuk membagikannya ke kanal-kanal media sosial kamu, karena bisa jadi ada teman kita yang juga membutuhkan panduan seperti ini.

Dan jika mau belajar lebih dalam tentang website, kamu bisa bergabung dengan member saya yang lain di halaman ini.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here