Cara Membuat Link WA, Panduan Paling Lengkap Tahun Ini

Whatsapp adalah salah satu aplikasi chat yang sering digunakan penjual online dalam melayani konsumen. Demi kenyamanan konsumen, menggunakan Link Chat tentu menjadi solusi. Lalu bagaimana cara membuat link WA itu sendiri?

Sebelum kita bahas, penting dipahami bahwa ketika olshop kamu sudah semakin dikenal luas, maka konsumen akan mulai banyak yang menghubungi kamu.

Nah, selain mudah dan praktis, cara ini bisa menjadi solusi bagi konsumen yang enggan menyimpan nomor WhatsApp dari olshop. Jadi, ia cukup mengklik link yang disediakan, lalu akan diarahkan ke saluran chat WhatsApp kamu.

WhatsApp memiliki fitur “Click to Chat” yang memudahkan kamu dalam membuat link chat untuk olshop di medsos kamu.

Fitur ini tentunya sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha untuk berkomunikasi dengan konsumen, termasuk kamu sebentar lagi bisa menggunakan fitur ini.

Apa itu Fitur Click to Chat di WhatsApp?

Apa itu Fitur Click to Chat di WhatsApp

Saat ini, WhatsApp menjadi platform pesan instan yang paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Menurut situs Green Indonesia, 83% pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi.

WhatsApp pun terus mengembangkan fitur dan layanannya untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Salah satu fitur unggulannya adalah Click to Chat yang memudahkan pengguna saat berkirim pesan.

Melalui fitur tersebut, pengguna bisa mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu.

Nantinya, ada tautan (link) yang langsung mengarahkan pengguna ke laman chat. Fitur ini bisa digunakan di seluruh jenis WhatsApp, seperti web dan mobile.

Cara Membuat Link WA untuk Olshop

Cara Membuat Link WA untuk Olshop

Biasanya, link WA akan dipasang di beberapa platform media sosial, seperti Instagram, Facebook hingga WhatsApp Group untuk memudahkan pengguna jika ingin mampir ke fitur chat tersebut.

Buat kamu yang ingin membuat link WhatsApp untuk olshop, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Cara Membuat Link WA Me

Cara ini bisa kamu lakukan melalui fitur yang disediakan oleh WhatsApp sendiri. Dalam fitur ini, kamu akan diberikan shortlink WhatsApp, kemudian disambungkan dengan nomor yang ingin digunakan.

Pertama, buka aplikasi Notes atau sejenisnya untuk menulis link WhatsApp yang ingin dibuat. Setelah itu, kamu bisa copy dan paste kode link ini:

  • https://wa.me/nomortelepon
  • https://api.whatsapp.com/send?phone=nomortelepon

Pada kode link di atas, nantinya kamu akan melihat tulisan “nomor telepon”. Kamu bisa menghapusnya dan mengisi nomor telepon WhatsApp yang akan kamu gunakan.

Namun, cara penulisannya harus sesuai dengan format internasional, yaitu tanpa angka nol, setrip, atau tanda kurung. Contohnya adalah:

  • https://wa.me/62878865743
  • https://api.whatsapp.com/send?phone=62878865743
  • https://wa.me/62878865743

Selanjutnya, kamu sudah bisa mencantumkan link tersebut di bio Facebook atau Instagram yang akan digunakan untuk olshop.

2. Cara Membuat Link Wa di Bitly

Biasanya, konsumen tidak terlalu suka dengan link yang agak panjang. Hal itu dikarenakan mereka susah mengingatnya. Jadi, kamu bisa mempersingkat link tersebut melalui Bitly.

Bitly menawarkan fitur shortener URL yang bisa digunakan dengan mudah oleh siapapun. Selain itu, Bitly juga menyediakan jasa secara cuma-cuma alias gratis!

Namun, pastikan kamu telah membaca “Terms of Service and Privacy Policy” terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jika sudah, kamu tinggal mengakses website Bitly dengan mengetiknya melalui browser.

Cara Membuat Link Wa di Bitly

Setelah itu, salin link WA kamu yang ingin dipersingkat, seperti https://api.whatsapp.com/send?phone=62878865743. Nantinya, kamu hanya perlu menempelnya di bagian “shorten your link” di web Bitly.

Selanjutnya, klik ikon dengan tulisan “Shorten” dan hasil shortlink untuk kodenya akan segera keluar. Kemudian, klik saja “Copy” dan “Paste” di media sosial yang diinginkan.

3. Cara Membuat Link WhatsApp di Linktree

Selain cara di atas, kamu juga bisa membuat link WhatsApp untuk olshop dan medsos di Linktree. Bagi kamu yang sedang mencari cara membuat link WA di IG, maka bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara pertama adalah buka situs Linktree melalui Google Chrome atau browser lainnya. Untuk membuat shortlink di Linktree, kamu harus login terlebih dahulu. Jika belum punya akunnya, kamu bisa klik “Sign Up”.

Jika sudah menyelesaikan proses sign up, kamu bisa klik “Add New Link”. Pada tahap tersebut, kamu hanya perlu memasukkan informasi, seperti judul atau alamat link.

Setelah itu, kamu tinggal memasukkan link wa.me saja dan tunggu hingga indikator di bagian kanan berubah dari warna kuning menjadi hijau. Jika sudah selesai, maka copy dan paste link ke bio Instagram, Facebook, olshop, dan lainnya.

Cara membuat link WA di Bio Instagram juga cukup mudah, kamu hanya perlu meng-copy link saja. Nantinya, konsumen sudah bisa mengklik kontak WA kamu di akun Instagram.

4. Cara Membuat Link WA di Cuttly

Cuttly juga menyediakan layanan untuk memperpendek link WhatsApp secara gratis. Website milik Cuttly juga bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja, karena tampilannya yang simpel.

Jika ingin membuat link WA di Cuttly, kamu hanya perlu mengetik “Cutt.ly” pada bagian address bar di browser, lalu tekan “Enter” saja. Setelah itu, copy link WA yang ingin kamu persingkat.

Contohnya adalah https://api.whatsapp.com/send?phone=62878865743.

Cara Membuat Link WA di Cuttly

Selanjutnya, paste di bagian bar “Paste long URL and shorten it” di situs Cuttly. Lalu, klik ikon “Shorten” dan kamu bisa melihat hasilnya dalam bentuk format “cutt.ly”.

Terakhir, kamu sudah bisa memasangnya di olshop atau website jualan kamu. Para konsumen pun akan lebih mudah untuk menghubungi kamu.

Membuat Link WhatsApp di WA Generator

Membuat Link WhatsApp di WA Generator

WA Generator juga memberikan kemudahan bagi kamu ketika dihubungi oleh konsumen. Seperti yang diketahui, masih banyak konsumen yang enggan menyimpan nomor WA olshop saat ingin membeli produk.

Jadi, WA Generator bisa memudahkan konsumen untuk menghubungi kamu tanpa harus menyimpan nomornya. Kamu bisa membuat barcode WA atau link melalui WA Generator. Berikut ini adalah WA generator yang bisa kamu coba:

WA.Link

Buat kamu yang ingin menaruh link WA di bio Instagram, maka bisa menggunakan WA.Link. Tampilannya sendiri cukup sederhana dan tidak ada iklan.

Berbeda dengan situs lainnya, WA.Link hanya menyediakan dua pilihan saja, yaitu QR code dari nomor WA dan membuat link WA.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan nomor WA dan menuliskan pesan yang ingin dikirim ke konsumen.

Setelah itu, kamu bisa copy link WA dan menaruhnya di bio Instagram. Namun, link tersebut tidak sama dengan Linktree, karena hanya bisa mencantumkan satu link saja.

Wizard.id

Wizard.id memiliki tampilan website yang simpel dan mudah digunakan. Dalam situs ini, kamu bisa membuat link, URL nomor WhatsApp hingga QR code.

Setelah mencantumkan nomor WhatsApp, kamu bisa menyusun pesan otomatis yang akan dikirimkan ke konsumen melalui WA.

Selain itu, Wizard.id juga memberikan pilihan untuk membuat link WA yang dicantumkan di bio Instagram, URL untuk dicantumkan di website, dan QR code yang bisa di-scan.

WASAP

Tampilan WASAP hampir mirip dengan WhatsApp Web. Namun, tampilannya tidak seperti situs lainnya, karena menampilkan beberapa iklan yang mungkin cukup mengganggu.

WASAP pun terbilang cukup lengkap, karena kamu bisa membuat link WA dan pesan otomatis. Sementara itu, ada preview dari tampilan WhatsApp milik konsumen.

Baca Juga:

Kesimpulan

Link WA dapat memudahkan kamu dan konsumen untuk berinteraksi. Bahkan, konsumen tidak perlu repot-repot lagi untuk menyimpan nomor telepon kamu.

Tentunya, hal tersebut juga bisa mempengaruhi omzet penjualan kamu, karena telah memberikan kemudahan bagi konsumen dalam membeli produk.

Panduan mengenai cara membuat link WA di atas bisa langsung kamu praktikkan. Selain itu, kamu bisa menaruh link WA secara langsung di website, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya tanpa harus merepotkan konsumen.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here