Cara Membuat Blog Wallpaper di Blogspot dan WordPress (Paling Dicari)

Kali ini saya mau membahas tentang cara membuat blog wallpaper. Kebetulan saja saat ini saya sedang membangun beberapa blog sekalian aja saya dokumentasikan di Blog ini, siapa tahu kamu juga memang sedang membutuhkannya.

Apa Itu Blog Wallpaper?

Blog wallpaper adalah sebuah jenis blog yang konten utamanya berupa gambar. Jadi tugas kita adalah mengupload gambar-gambar yang kita punya sebagai kontennya.

Tapi kan saya gak punya gambar sendiri?

Sebenarnya mudah, kamu bisa peroleh banyak gambar dari Website lain. Atau kalau mau tenang, kamu bisa kok ambil gambar dari web penyedia free image seperti pixabay, pexel, dan sebagainya.

Tentunya pesan saya, sebaiknya jangan gunakan gambar-gambar yang memang dilarang. Misalnya foto-foto porno, gambar-gambar yang tidak etis atau jenis gambar yang melanggar lainnya.

Mengapa Blog Wallpaper?

Jika ditanya kenapa saya membuat blog wallpaper, ya karena kebetulan aja saya sedang kehabisan ide untuk menulis dan kerjaan lagi kosong. Jadi pelampiasannya ke situ, Haha…

Tapi, memang ada cukup banyak alasan mengapa blog wallpaper menjadi salah satu pilihan, di antaranya seperti:

1. Gampang Dapat Trafik

Jika di blog biasa seperti yang sedang kamu kunjungi ini memerlukan konten artikel dan optimasi yang macam-macam, beda halnya di blog wallpaper yang mudah dan cepat memperoleh pengunjung yang datangnya dari pencarian gambar di Google tanpa harus diberikan nutrisi berupa backlink.

2. Bisa Cepat Dibuat

Dalam pembuatannya, ada banyak tools yang bisa kita gunakan dalam membangun blog wallpaper kita. Meskipun, sebenarnya kamu juga bisa memilih sih apakah mau membuat blog wallpaper kamu secara manual seperti biasa, atau mau menggunakan tools/plugin tambahan.

Kalau saya pribadi, karena mau cepat dan tidak ingin terlalu pusing, maka saya gunakan tools-tools yang bisa mengotomatisasi sebagian besar pekerjaan saya. Dengan begitu saya bisa membuat banyak blog dengan cepat. Konsekwensinya, ya tentu saja perlu investasi yang lebih.

Cara Membuat Blog Wallpaper

Baiklah sob, di bagian ini saya akan share bagaimana saya membuat blog wallpaper dengan cepat dan banyak dengan menggunakan tools, dan dengan tools ini kamu bisa membuat web wallpaper lebih mudah dan bisa digunakan di wordpress maupun di Blogspot.

1. Alat dan Bahan

Sebelum memulai, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan, seperti:

a. Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Kamu boleh membeli domain di provider mana saja yang kamu suka. Kalau saya pribadi, saya suka pakai Namecheap untuk registrar luar, karena pembelian domain sudah include dengan fitur WHois Guardnya. Untuk lokal sendiri saya rekomendasikan Niagahoster (Gunakan Kode Kupon “ombaldan” tanpa tanda petik jika kamu mau dapatkan Diskon 5%).

b. Hosting atau Server

Hosting adalah tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses melalui Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Untuk kebutuhan Blog standar, saya biasanya masih gunakan shared hosting. Tapi untuk kebutuhan Blog Wallpaper, saya sendiri sejak awal sudah memilih dan menyewa VPS agar lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan banyaknya domain atau file web yang akan kita simpan di server VPS tersebut.

Penyedia layanan VPS yang saya gunakan adalah Digitalocean.com. Kamu boleh daftar dengan klik link tersebut agar kamu berpeluang dapat Kredit di akun kamu sebesar $100 sob. Tentunya kamu membutuhkan Kartu Kredit, tapi kalau tidak punya kamu bisa memanfaatkan Aplikasi Jenius.

c. WinSCP

WinSCP adalah client SFTP dan client FTP open source untuk Windows. Legacy SCP protokol juga mendukung WinSCP ini. Fungsi utama dari WinSCP adalah untuk menyalin file antara komputer lokal dan komputer remote.

Kamu bisa mendownloadnya di sini https://winscp.net/eng/download.ph

d. PuTTY

PuTTY adalah sebuah program open source yang dapat kamu gunakan untuk melakukan protokol jaringan SSH, Telnet dan Rlogin. Protokol ini dapat digunakan untuk menjalankan sesi remote pada sebuah komputer melalui sebuah jaringan, baik itu LAN, maupun internet.

Program ini banyak digunakan oleh para pengguna komputer tingkat menengah ke atas, yang biasanya digunakan untuk menyambungkan, mensimulasi, atau mencoba berbagai hal yang terkait dengan jaringan. Program ini juga dapat kamu gunakan sebagai tunnel
di suatu jaringan.

Kamu bisa mendownloadnya di sini https://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/latest.html

e. Tools Autowallpaper

Nah, ini senjata utamanya sob. Kamu harus punya tools yang membantu kamu mengotomatisasi pekerjaan kamu dalam membuat Blog wallpaper. Ada banyak tools atau plugin di Internet mulai dari yang Gratis hingga yang berbayar. Tapi, di sini saya menggunakan tools buatan Master Muhammad Masbuchin, yaitu Shuriken.

Shuriken adalah script ajaib yang bisa mencari ratusan ribu keyword, gambar, dan konten otomatis sob. Cukup dengan satu baris ketikan. Tanpa perlu ribet ​Riset Keyword​, ​Mencari Gambar​ untuk Keyword itu Sendiri, Membuat Konten​ dan hal merepotkan lainya.

Pokoknya, Script ini bisa:

  • Mencari Keyword sendiri.
  • Mencari Gambar sendiri.
  • Membuat Konten Sendiri.

Dan yang lebih kerennya lagi, shuriken tidak hanya terbatas pada satu platform saja tetapi juga kompatibel dengan berbagai platform, bisa di WordPress maupun di Blogspot.

Sampai pada bagian ini, saya anggap kamu sudah punya Shuriken dan sudah kamu install di server kamu. Jika belum punya kamu bisa dapatkan di sini. Panduan Instalasinya di VPS dapat kamu lihat pada halaman dokumentasi Shuriken ya sob.

Oh ya shuriken ini punya saudara kandung yang juga jauh lebih powerfull buat kamu yang mau serius dapat uang dari internet. Yaitu, Videoken dan StupidPie.

2. Mulai Membuat Blog Wallpaper Kamu

Sebelum menggunakan senjata utama di atas, tentunya kamu harus tentukan dan siapkan platform apa yang akan kamu Gunakan. Jika kamu memakai wordpress tentunya kamu akan membutuhkan Domain, Hosting dan CMS WordPress itu sendiri.

Jika kamu hanya mau menggunakan Blogspot, kamu tentunya tidak perlu memikirkan Hosting untuk blog kamu. Terkecuali jika kamu ingin menggunakan custom domain, tentu kamu perlu membeli/menyewa domainnya dulu.

Saya anggap, kamu sudah terbiasa membuat Blog. Entah itu di WordPress atau Blogspot.

3. Saatnya Gunakan Senjata Utama

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, bahwa senjata utama tersebut bisa mencari Keyword sendiri, Mencari Gambar sendiri dan membuat Konten Sendiri. Lalu bagaimana cara menggunakan tool ini untuk membuat blog wallpaper kita? Berikut langkah-langkahnya….

Buka Software ​PuTTY​

Langkah pertama adalah buka Software “​PuTTY​’ untuk mengakses Server/Hosting menggunakan koneksi tipe SSH. Isi kolom “​Hostname​” dengan IP Server kamu sob.

software putty cara membuat blog wallpaper

Setelah “​PuTTY​” Selesai terkoneksi dengan Server/Hosting kemudian Login menggunakan Username dan Password yang ada di menu “​Server Information​”. Atau kamu dapat menemukannya di Email yang dikirimkan penyedia Server sesaat setelah kamu installasi server.

Setelah proses login selesai anda tinggal mengetikkan command berikut:

php import.php “gambar matahari​” ​id id​ 1500

Keterangan :

  • Gambar Matahari di sini adalah contoh Keyword yang saya gunakan, silakan sesuaikan dengan kenginan kamu sob.
  • “id id”​ di sini adalah bahasa dan target negara ​Indonesia​, jadi misalkan target dan bahasa kamu adalah US, maka ganti dengan “en us”
  • “​1500″​ di sini adalah total keseluruhan Keyword turunan yang ingin kamu gunakan, 3000 pun tidak masalah
cara membuat blog wallpaper dengan shuriken

Tunggu sampai total keseluruhan keyword ter-generate sempurna. Nantinya Akan muncul pesan: “​Import finished. Congratulations!“.

Jika sudah, Maka proses Generate Content sudah selesai. Selanjutnya, akan kita generate XML untuk WordPress atau Blogspot.

Generate untuk wordpress, langsung saja Ketikan perintah:

php export-wp.php "17 February 2019​"

dan untuk Blogspot, ketikkan:

php export-blogspot.php "17 February 2019​"

Keterangan: 17 February 2019 adalah pengaturan backdate konten kita. Bagian ini optional bisa kamu ganti sesuai keinginan.

export hasil generate konten shuriken

Tunggu sampai selesai ter generate…

Download Hasil Generate dan Import

Jika proses generate XML untuk worpress atau blogspot sudah selesai, selanjutnya Buka software “​WinSCP​“ lalu login seperti biasa untuk mengakses File Manager. Masukkan IP Server, user dan password.

login-winsCP

di kolom kanan pastikan anda berada di direktori “/ ​​​<root>“ lalu pilih folder “Home​”.

mengakses file manager degan winscp

Lanjutkan dengan membuka direktori “​/export/​“ dan cari file bernama “wp.wxr​“ atau “blogspot.xml” klik kanan lalu Download.

mendownload hasil generate xml di file manager

Login ke wp-admin wordpress kamu atau ke Blogspot lalu import file hasil generate tadi.

import file xml di wordpress
import file xml ke blogpsot

tunggu sampai proses upload selesai, tinggal lihat hasil import nya. dan Lihat hasilnya….

gambar contoh blog wallpaper hasil shuriken

Baca juga sob:

Terakhir….

Jika sudah selesai, kamu bisa membuat blog baru lagi dan mengulangi lagi prosesnya. Demikianlah sharing saya tentang bagaimana cara membuat blog wallpaper di blogspot atau di wordpress dengan menggunakan tools otomatis dari Shuriken.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Artikel Terkait

4 Comments

  1. Kalau aku sih file png dan wallpaper bikin sendiri bekasan gambar yang ditolak di mcrostuck, ku upload di blog jd gk mubazir wkwk