Cara Membuat Blog di Blogger untuk Pemula (Gratis + Dilengkapi Gambar)

Jika ini adalah kali pertama kamu ingin nge-blog, maka sudah sangat tepat jika kamu memulainya dengan menggunakan Blogger.com. Cara membuat blog di Blogger tergolong sangat gampang dan tentunya Gratis.

Sebenarnya panduan singkat tentang cara membuat blog di Blogger sudah Om Baldan bahas sebelumnya di artikel Cara Membuat Website Gratis di WordPress, Blogger & Wix.

Tapi agar pembahasannya lebih lengkap, kamu bisa mengikuti panduannya dalam artikel yang sedang kamu baca ini.

Apa Itu Blogger.com?

Gambar 1 Cara Membuat Blog di Blogger

Blogger.com merupakan salah satu platform layanan pembuatan blog gratis milik Google sendiri.

Platform ini sebenarnya pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs, namun kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003 lalu.

Hal yang Dibutuhkan

Berikut ini adalah hal-hal yang diperlukan dalam membuat blog di blogger, yaitu:

1. Email Google (Gmail)

Karena platform yang akan kita gunakan membuat blog adalah platform milik Google, maka tentu kamu harus punya email Gmail terlebih dahulu.

Jika memang kamu belum punya, kamu bisa membuatnya sebelum membuat Blog kamu.

2. Akun Blogger.com

Sudah pasti dong harus buat akun di Blogger.com, karena platform inilah yang akan kamu gunakan untuk membuat Blog.

Tapi tidak usah khawatir karena jika kamu sudah punya akun Gmail, kamu sudah bisa langsung menggunakan platform ini.

3. Template

Template Blog bisa diartikan sebagai cetakan desain tampilan blog, di mana pola dari template tersebutlah yang nantinya kamu gunakan untuk menampilkan layout blog kamu secara konsisten.

Sehingga, memudahkan kamu dalam mengelola dan membangun sebuah blog.

4. Konten

Poin keempat inilah yang menurut saya harus kamu juga siapkan dari awal sebelum kamu membuat blog.

Ya jelas dong, masa blog kamu tidak punya konten. Minimal, sebelum kamu memulai membuat blog, kamu sudah menyiapkan terlebih dahulu konten untuk halaman utama Blog kamu.

Biasanya seperti halaman “Tentang” yang mendeskripsikan apa topik yang akan kamu bahas di blog kamu dan penjelasan mengenai diri kamu sebagai pengelola blog.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menyiapkan konten untuk Halaman “Kontak”. Seperti form kontak, atau minimal mencantumkan saluran komunikasi apa saja yang kamu gunakan agar dapat dihubungi.

Bisa melalui Telepon, WA, email, atau Akun Sosmed. Kamu bisa mencantumkan semuanya.

Selanjutnya, kamu juga sebaiknya menyiapkan Artikel perdana yang akan kamu publish di blog baru kamu. Kamu bisa menuliskan sebelumnya di Ms. Word atau Notepad.

Saran saya tulislah minimal 1000 kata dan buatlah artikel perdana itu sebagai artikel terbaik yang siap kamu share ke calon pembaca kamu.

Langkah-langkah Cara Membuat Blog di Blogger

Gambar 2 Cara Membuat Blog di Blogger

Oh iya, nama lain dari blogger.com yang dikenal adalah Blogspot. Jadi kalau ada orang yang kamu dengar bilang blogspot berarti itu maksudnya adalah Blogger.com, begitu juga sebaliknya.

Oke, berikut ini adalah langkah langkah membuat blog di blogspot…

1. Buka Blogger.com

Jika semua yang dibutuhkan sudah siap, maka langsung saja kita mulai membuat blog kamu dengan mengakses terlebih dahulu Blogger.com. Nantinya akan muncul tampilan halaman depan Blogger, seperti ini:

Gambar 3 Cara Membuat Blog di Blogger

Selanjutnya, kamu tinggal klik tombol “Create your Blog”. Nanti kamu akan di arahkan ke halaman login email gmail kamu.

Langsung saja kamu Login dengan mengisi alamat email kamu dan passwordnya, lalu teruskan hingga tampil halaman seperti ini:

Gambar 4 cara membuat blog di blogger

Silahkan kamu Isi judul blog sesuai yang kamu inginkan. Misalnya di sini saya mau membuat blog untuk jualan frozen food.

Oh ya, sebaiknya judul blog gunakan format penulisan yang baik dan benar ya. Saya sarankan huruf pertama menggunakan huruf Kapital.

Langkah selanjutnya adalah Isi alamat blog atau url blog kamu. Saat mengisi alamat blog, jangan menggunakan spasi.

Jika kamu bingung, bisa disamakan dengan judul blog. Misal dalam contoh ini alamat blognya adalah jualfrozenfoodmakassar.blogspot.com.

gambar 5 cara membuat blog di blogger

Selanjutnya, kamu tinggal Isi nama profile blogger yang ingin kamu tampilkan. Bebas kok, kamu bisa menggunakan nama asli, palsu, atau panggilan. Contoh di sini saya menggunakan Om Baldan.

Gambar 6 profil blogger

Setelah klik tombol selesai, maka saat itu juga Blog kamu sudah jadi dan sudah bisa diakses. Nanti tampilan Dashboardnya akan seperti ini:

Gambar 7 dashboard blogger

2. Menu Pilihan di Blogger.com

Saat baru selesai membuat blog, kamu akan langsung melihat tampilan Dashboard blog kamu seperti gambar di bawah.

Gambar 8 menu pada blogger

Pada kolom sebelah kiri, terdapat beberapa pilihan menu dan tombol yang perlu kamu ketahui. Yaitu:

  • Posts: menu ini akan menampilkan seluruh artikel yang ada pada blog kamu, baik yang sudah terbit maupun yang masih draft. Tapi karena blog kamu baru saja dibuat, tentu bagian ini masih kosong.
  • Stats: pada menu ini akan menampilkan informasi statistik blog kamu nantinya, seperti jumlah tayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu juga, di sini kamu bisa mendapatkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog kamu dan lain sebagainya.
  • Comments: bagian ini akan menampilkan komentar-komentar yang masuk ke blog kamu. Mulai dari komentar yang sudah kamu terbitkan, yang masih berstatus pending, dan komentar yang dianggap sebagai spam.
  • Earnings: Menu ini nantinya kamu bisa manfaatkan sebagai sumber penghasilan untuk Blog kamu dari Google Adsense. Kamu bisa menghubungkan akun Google Adsense kamu jika sudah ada.
  • Pages: Menu ini akan menampilkan semua halaman yang ada dalam blog kamu, baik yang masih draft atau yang sudah terbit. Namun tentunya saat awal jadinya blog kamu, pasti masih kosong hingga kamu membuat halaman seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
  • Layout: Layout atau tata letak merupakan bagian yang memungkinkan kamu melakukan kustomisasi tampilan blog kamu, bisa menambahkan widget (gadget), dan lain sebagainya.
  • Theme: pada menu ini kamu akan melihat banyak pilihan tema standar yang sudah disediakan oleh Blogger.com. Kamu bisa memilih tema seperti apa yang ingin kamu gunakan pada blog kamu.
  • Setting: di sinilah segala pengaturan lanjutan untuk blog kamu. Diantaranya pengaturan dasar, pos, komentar, custom domain, meta tag dan lain sebagainya bisa kamu lakukan disini.
  • Reading List: Jika kamu mengikuti blog milik orang lain, di sinilah akan ditampilkan artikel-artikel terbaru dari blog-blog tersebut.

3. Setting Blog

Langkah paling awal yang seharusnya kamu lakukan begitu selesai membuat blog adalah melakukan beberapa pengaturan dasar.

Caranya, klik menu “Setting”. Pada menu ini, ada beberapa bagian mendasar yang harus kamu setting.

Gambar 9 pengaturan dasar di blog

Pada bagian Pengaturan Dasar, yang perlu menurut saya hanyalah:

  • Bahasa di Blog; Jika blog kamu berbahasa Indonesia, silahkan rubah pengaturan bahasanya ke Indonesia
  • Adult Content; pastikan centangnya off
  • Google Analytics; Sebaiknya kamu menghubungkan blog kamu dengan Google Analytics. Tapi untuk sementara kamu bisa skip dulu di awal.
  • Favicon; ini bisa menjadi salah satu identitas Blog kamu. Favicon sebenarnya singkatan dari favorite icon, dia adalah gambar ikon sebuah Website atau Blog. Favicon biasanya muncul di tab dan bookmark browser. Contoh Favicon kamu bisa lihat di Tab Browser kamu saat mengakses blog saya ini.
Gambar 10 pengaturan dasar di blog

Pada bagian bawah Pengaturan Dasar, kamu akan menemukan lagi pengaturan lainnya, yaitu Privacy, Publishing dan Https.

Pada bagian ini sebenarnya tidak ada yang perlu kamu rubah, biarkan saja defaultnya seperti itu. Namun pastikan saja bagian “privacy” centangnya ON agar blog kamu dapat diindeks oleh Search Engine.

Pada bagian “Publishing” juga tidak ada yang perlu dilakukan, kecuali jika kamu ingin menggunakan domain sendiri, maka pengaturannya akan dilakukan pada bagian yang saya tandai dengan kotak merah.

Terkait pengaturan custom domain, akan saya bahas tersendiri.

Pada bagian HTTPS, pastikan saja ia berstatus ON atau Aktif.

Gambar 11 pengaturan dasar di blog

Kalau kamu scroll lagi ke bawah, ada banyak pengaturan lainnya yang akan kamu lihat. Untuk sementara kamu bisa skip dulu yang lain lalu langsung ke pengaturan Meta Tags.

Pastikan bagian “enable search description” ON dan isi Meta Deskripsi Blog kamu di bawahnya dengan mengklik “Search Description”.

Isi dengan deskripsi topik yang kamu bahas di blog kamu dengan singkat padat dan jelas, karena hanya dapat diisi maksimal 150 karakter.

Jika semua sudah, selanjutnya kamu tinggal fokus pada konten blog kamu.

4. Membuat Halaman

Masih ingat halaman yang harus kamu siapkan sebelum kita mulai buat Blog tadi? Jika sudah siap, sekaranglah saatnya untuk diterbitkan.

Caranya, kamu ke menu “Pages” lalu klik “New Page” yang ada pada pojok kiri atas.

Gambar 12 cara membuat halaman blogspot

Setelah kamu klik, nanti akan muncul halaman baru seperti ini:

Gambar 13 cara membuat halaman blogspot
  • Bagian Title, masukkan judul halaman kamu. Seperti Tentang atau kontak
  • Bagian Kotak merah, disitulah kamu memasukkan konten setiap halaman kamu. Bisa berupa text, bisa gambar, video. Jika kamu terbiasa mengetik di MS.Word, saya percaya di sini juga gampanglah. Sama kok, hehe
  • Jika sudah tidak ada lagi yang ingin kamu ubah, kamu bisa langsung klik “Publish” untuk menerbitkan halaman kamu.

Jika bingung mengisi konten halaman About dan Kontak, kamu bisa lihat blog orang lain, contek lalu modifikasi sesuai dengan konten dan data kamu sendiri.

5. Posting Artikel

Tidak jauh beda caranya dengan Halaman, menerbitkan artikel di Blogger.com juga gampang. Kamu hanya perlu ke menu “Posts” lalu “New Post

Gambar 14 cara posting artikel di blogspot

Menerbitkan artikel sama saja dengan menerbitkan halaman. Hanya saja, ada beberapa bagian yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum menerbitkannya. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Gambar 15 cara posting artikel di blogspot
  • Pertama, Judul Artikel (buatlah judul semenarik mungkin sehingga orang tertarik membukanya)
  • Kedua, isilah artikel paling tidak 1000 kata. Lebih bagus lagi jika disertakan gambar atau Video. (Baca: 9 Cara Membuat Konten Website yang Baik dan Berkualitas)
  • Ketiga, Gunakan Labels. Label ini sama dengan kategori. Jadi kamu bisa mengelompokkan artikel kamu berdasarkan Kategori/Label.
  • Keempat, Isi search description, yaitu deskripsi singkat mengenai artikel kamu. Inilah yang akan ditampilkan pada hasil pencarian di search engine, terutama Google.
  • Kelima, bagian Option terdapat pilihan apakah kamu mau mengaktifkan kolom komentar untuk artikel tersebut atau tidak.
  • Keenam, Jika sudah tidak ada lagi perubahan, kamu bisa langsung klik “Publish” untuk menerbitkan Artikel kamu.

Rutinlah mengupdate artikel di Blog kamu, paling tidak sekali sehari. Tapi jika belum bisa, sekali seminggu sudah sangat cukup.

Membuat Blog Lebih Menarik

Terkadang kita bosan melihat tampilan blog kita. Atau mungkin tema default blogger yang tersedia kurang menarik digunakan, maka kamu bisa membuat blog kamu lebih menarik lagi dengan mengganti templatenya.

Kamu bisa mencari template di Google baik yang gratis maupun yang premium (berbayar). Banyak kok yang menyediakan.

Tapi hati-hati saja, karena jangan sampai template yang kamu download mengandung virus atau membahayakn blog kamu.

Di sini saya akan contohkan menggunakan Template Button. Langsung saja ke menu “theme” lalu klik tanda titik 3. Seperti gambar berikut:

Gambar 16 cara mengganti template blogger

Saat kamu mengklik “tanda titik 3” akan muncul kotak. Kamu bisa backup terlebih dahulu blog kamu dengan memilih “BackUp” dan simpan di Komputer kamu.

Jika sudah, bisa langsung klik “restore” untuk mengupload file template yang sudah kamu download sebelumnya.

Gambar 17 cara mengganti template blogger

Jika muncul dialog box lagi, langsung saja klik “Upload”. Cari file Template yang sudah kamu download tadi. Biasanya berupa file xml document. Pilih filenya lalu klik “open”. Lihat gambar berikut:

Gambar 18 cara mengganti template blogger

Jika proses upload selesai, silahkan cek tampilan blog kamu yang baru. Selanjutnya kamu tinggal melakukan penyesuaian tampilan di menu “customize”.

Baca Juga:

Oke, saya rasa cukup sampai disini tutorial dari saya tentang  Cara Membuat Blog di Blogger. Jika nantinya kamu sudah bosan menggunakan Blogger.com, kamu bisa lakukan migrasi blog dari Blogger.com ke WordPress (self hosted). Semoga bermanfaat

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here