Cara Membuat Akun Facebook Lebih dari Satu dan Aman

Cara membuat akun facebook lebih dari satu pada dasarnya sangat gampang. Jangankan 2 biji, puluhan bahkan ratusan-pun sangat memungkinkan untuk dibuat. Saya sendiri sejak 2016 sudah aktif beternak akun FB. Tapi…

Sekitar akhir tahun 2018, FB memperbaharui kebijakan pengguna sehingga sejak saat itu secara bertahap hingga saat ini, orang-orang yang beternak akun seperti saya rata-rata dibabat habis sama pihak FB.

Kenapa bisa begitu?

Karena saat kebijakan baru tersebut berlaku, FB mengharuskan pengguna untuk memverifikasi akun FB mereka dengan mengupload Identitas asli, seperti KTP, SIM, atau identitas lainnya.

Makanya, tidak heran sejak 2019 sampai saat ini, sudah banyak akun facebook yang dulunya hanya menggunakan nama sapaan, nama panggilan, nama kecil akhirnya berubah nama sesuai dengan yang tercantum pada identitasnya.

Jadi, dari puluhan atau mungkin ratusan akun yang dimiliki mungkin hanya 2-3 akun yang masih bisa diverifikasi identitasnya, meskipun menggunakan Fake KTP yang sudah didesign sedemikian rupa.

Ya, memang aturan mendasar dari Facebook adalah pengguna hanya diperbolehkan memiliki 1 Akun Facebook saja. Kamu bisa membaca kebijakan facebook terkait hal ini atau bisa baca halaman ini.

Jadi, sebelum kamu mengikuti panduan tentang cara membuat akun facebook lebih dari satu di bawah, penting dipahami dulu bahwa itu adalah pelanggaran.

Sehingga, jika setelah kamu mempraktikkan tutorial ini, lalu akun kamu di blokir atau banned, mohon jangan salahkan saya ya. Hehe..

Apa Tujuannya Punya Banyak Akun Facebook?

Apa Tujuannya Punya Banyak Akun Facebook

Mungkin sebagian orang ada yang bertanya, memangnya apa sih tujuannya atau gunanya punya banyak akun di Facebook?

Oke, saya akan coba jelaskan seringkas mungkin..

1. Mengelompokkan Friendlist

Sebagian orang membuat akun ke-2 baik menggunakan nama yang sama ataupun berbeda dengan tujuan untuk mengelompokkan pertemanannya di Facebook.

Mungkin karena mau membagi antara friendlist dari kalangan keluarga, bisnis, atau organisasi. Sehingga dalam penggunaan akun tersebut akan disesuaikan dengan list pertemanannya di Facebook.

2. SPG Online

Tujuan lainnya adalah menggunakan akun-akun tersebut sebagai SPG atau Sales Promotor online. Misalnya, kamu jualan produk dan budget kamu terbatas untuk beriklan di Facebook, maka kamu bisa gunakan Teknik ini.

Kamu hanya perlu membuat akun Facebook yang banyak, lalu setiap akun facebook tersebut kamu bangun friendlist nya sesuai dengan target market produk yang kamu jual.

Nah, Akun-akun ini bisa membantu kamu memviralkan status jualan kamu dengan melibatkan mereka melakukan Share status kamu.

3. Dagang Akun

Ada juga yang kerjaannya membuat akun Facebook sebanyak mungkin karena memang usahanya adalah jual beli akun facebook. Jadi, jika ada yang tidak mau kerepotan membuat akun Facebook, ya tinggal pesan saja jasa mereka.

Saya punya teman yang sampai hari ini masih menjalankan bisnis jual beli akun Facebook tersebut, ada yang akun kosong (belum ada teman) namun ada juga yang bisa direquest sesuai audiens yang kita inginkan.

Jika butuh, kamu bisa menghubungi saya via halaman kontak.

3. Kampanye Politik

Selain tujuan yang sudah saya jelaskan di atas, ada juga orang yang membuat banyak akun untuk kepentingan politik. Hampir mirip fungsinya pada penjelasan mengenai SPG Online di atas.

Intinya sih, mereka yang membuat akun banyak dengan tujuan ini umumnya digunakan untuk membantu proses kampanye digital untuk kepentingan politis.

4. Hate Speech dan Hoax

Nah, selain tujuan positif ada juga yang membuat banyak akun facebook yang tujuannya hanya mau menyebarkan narasi kebencian, provokasi, hate speech bahkan HOAX.

Mungkin karena tidak berani menggunakan akun aslinya, atau agar menjaga hubungan pertemanannya di Facebook, maka mereka memilih membuat akun khusus dengan tujuan seperti itu.

Bahkan ada yang menggunakan dalih agama untuk menyebarkan kebencian dan hoax di media sosial, khususnya Facebook. Banyak tuh berita kasus  penangkapan para penyebar Hoax.

Nah, hal itu pula lah yang membuat Facebook semakin memperketat kebijakannya terkait penggunaan Platform mereka, karena banyaknya oknum-oknum seperti itu yang menggunakan Facebook sebagai media penyebaran ujaran kebencian dan HOAX.

Sebaiknya, kamu tidak membuat banyak akun Facebook jika tujuan kamu untuk hal seperti itu.

Mungkin itu aja sih, jika ada yang mau ditambahkan, kamu bisa kabari saya via kolom komentar di bawah.

6 Cara Membuat Akun Facebook Lebih dari Satu

Oke, selanjutnya kita akan langsung ke topik utama, yaitu Tutorial tentang cara membuat akun facebook lebih dari satu. Tutorial yang saya share berikut ini adalah panduan yang menurut saya paling aman.

Cara ini yang masih saya gunakan hingga saat ini dan membuat saya masih bisa punya beberapa akun Facebook yang bertahan cukup lama.

Sebelumnya, saya anggap kamu sudah punya akun Facebook yang pertama dan kamu cukup aktif menggunakannya.

Oke, Berikut panduannya..

1. Buka Facebook di Browser Berbeda

Hal paling penting untuk kamu lakukan pertama kali saat akan membuat akun Facebook kedua adalah membedakan Browser yang digunakan akun facebook yang pertama.

Jadi, jika selama ini kamu mengakses FB kamu dari Mozilla Firefox, maka untuk akun kedua kamu bisa gunakan Chrome, Microsoft Edge, dan lain sebagainya.

Pada tutorial ini saya contohkan menggunakan Edge. Silahkan buka Facebook di alamat https://www.facebook.com.

cara membuat akun facebook lebih dari satu 1

2. Siapkan Email Baru

Untuk membuat akun Facebook kedua, pastikan email yang kamu gunakan tidak sama dengan email yang sudah kamu gunakan pada akun FB kamu yang pertama.

Oh iya, beberapa tutorial yang kamu temukan diluaran sana mungkin akan memandu kamu menggunakan Email Fake Generator, tapi saya pribadi sangat tidak merekomendasikannya. Kenapa?

Karena email-email seperti itu hanya bisa kamu gunakan sementara saja bahkan hanya bisa digunakan dalam hitungan jam saja.

Sementara jika kamu menginginkan Akun FBkamu bisa bertahan lama, jauh lebih baik menggunakan email asli saja, misalnya Google mail.

Kamu bisa kok membuat beberapa akun Gmail dalam satu HP yang kamu pakai sekarang. Atau mungkin kamu punya email lama yang sudah jarang digunakan tapi masih tahu akses loginnya, ya gunakan saja.

Atau kalaupun hanya ingat alamat emailnya tapi lupa passwordnya, kamu bisa ikuti tutorial saya tentang Cepat dan Mudah, Begini Cara Mengganti Password Google Mail.

3. Buat Akun Facebook Baru

Jika sudah punya email yang ready untuk digunakan, selanjutnya tinggal bikin akun FB baru seperti kamu membuat akun facebook pertama kamu. Isi data pada form registrasi sesuai kebutuhan, lalu klik tombol “Daftar

cara membuat akun facebook lebih dari satu 2

Setelah itu, pastikan cek email kamu untuk verifikasi. Klik URL yang dikirimkan Facebook untuk mulai verifikasi.

4. Lengkapi Profil

Jika sudah selesai proses registrasinya, pastikan kamu mengisi profil facebook kamu dengan lengkap. Mulai dari Foto profil, foto cover, informasi detail yang diperlukan seperti Pendidikan dan pekerjaan, hingga kota domisili.

cara membuat akun facebook lebih dari satu 3

5. Menemukan Friendlist

Nah, bagian inilah yang paling perlu kamu perhatikan. Banyak akun FB yang baru terkena suspend dikarenakan saat menambah pertemanannya terlalu cepat dan banyak.

Saran saya, jika akun FB kamu masih baru, upayakan saat menambah pertemanan kamu lakukan dengan cara:

  • Tambah teman maksimal 20 saja per hari
  • Buat jeda sekitar 15 detik setiap menambahkan 1 teman baru
  • Lakukan dalam 2 sesi yaitu siang dan malam hari. Jadi 10 saat siang, 10 lagi saat malam dengan ritme yang sama
  • Prioritaskan teman yang benar-benar kamu kenali dulu untuk 50 pertama pertemanan facebook kamu.
  • Selanjutnya, pilih teman sesuai dengan audiens atau market yang betul-betul kamu targetkan sesuai tujuan kamu membuat akun kedua tersebut.

6. Verifikasi

Verifikasi melalui email saja tidak cukup membuat akun kedua kamu bisa bertahan lama. Maka dari itu perlu kamu persiapkan kelengkapan verifikasi tambahan agar menjaga akun kamu disuspend kemudian hari.

Di antara yang harus kamu persiapkan adalah Identitas (KTP/SIM/PASSPORT) dan SIM card dengan nomor yang berbeda dengan yang kamu gunakan pada akun FB yang pertama.

Tapi kan KTP saya sudah dipakai di akun pertama sebelumnya?

Untuk masalah ini kamu bisa atasi dengan menggunakan identitas lain seperti SIM atau Passport. Itu jika memang akun kedua kamu menggunakan nama yang sama dengan akun yang pertama.

Yang sulit biasanya jika sudah terlanjur menggunakan nama orang lain atau nama palsu.

Makanya, sebelum membuat akun, sebaiknya direncanakan memang dari awal akan menggunakan nama siapa, nomor hp yang mana dan identitas apa.

Ini hanya untuk jaga-jaga saja sih, jika kemudian hari tiba-tiba facebook melakukan patrol yang mengharuskan kamu mengupload identitas sesuai nama kamu. Jika memang gak ada identitas yang sesuai, mau tak mau pakai saja identitas yang ada.

Bisa pakai identitas istri atau saudara yang belum digunakan di Facebook atau tidak aktif menggunakan Facebook. Tapi minta izin dulu tentunya..

Makanya, hati-hati upload KTP ke internet, karena data Identitas kamu bisa disalahgunakan oleh orang lain. Hehehe..

Biasanya, jika nama di KTP berbeda dengan nama akun, pihak FB akan menerapkan nama akun kamu sesuai yang tercantum di Identitas yang kamu gunakan untuk verifikasi.

Tips Keamanan Akun Facebook

Saya rasa sudah cukup tutorial mengenai cara membuat akun facebook lebih dari satu ini. Cara di atas bisa dilakukan di PC dan juga di HP. Yang terpenting dari semua itu adalah sisi keamanan akun kamu.

Untuk keamanan sendiri, kamu bisa mengaktifkan Autentikasi 2 langkah. Fungsinya, jika kamu atau ada orang yang mencoba login ke akun kamu dengan perangkat yang berbeda, maka akan dibutuhkan verifikasi via SMS atau Email.

Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

  • Klik tanda panah bagian pojok kanan atas
  • Pilih “Pengaturan
tips keamanan akun facebook
  • Pilih keamanan dan info Login
tips keamanan akun facebook 2
  • Klik dan Aktifkan bagian ini:
tips keamanan akun facebook 3
  • Selesai

Selain itu, ada hal lain yang sering diabaikan oleh pengguna facebook sehingga akunnya rawan diambil alih atau dihack oleh orang iseng, yaitu membiarkan data kontak seperti Nomor Hp dan email di profilnya berstatus public.

Agar account facebook kamu lebih aman, pastikan detail informasi kontak kamu tidak bisa dilihat oleh orang lain. Caranya, kamu langsung saja ke bagian “about” atau “tentang” profil Facebook kamu, lalu pilih “Info kontak dan Dasar.”

tips keamanan akun facebook 4

Jika sudah, perhatikan pada bagian email dan ponsel. Jika bagian sebelah kanan kontak kamu masih ber-icon Publik maka itu tandanya data kontak FB kamu bisa dilihat orang lain.

Agar bisa lebih privat dan meningkatkan keamanan akun facebook kamu, maka data kontak tersebut harus dibuat privat. Caranya dengan klik icon Publik dan menggantinya dengan icon privat yang berbentuk Gembok.

Dengan begitu, keamanan akun FB kamu lebih kuat.

Baca Juga:

Penutup

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara membuat akun facebook lebih dari satu dengan Teknik yang paling aman menurut saya. Memang sih ada beberapa Teknik yang sedikit “ekstrim” agar bisa membuat akun FB sebanyak mungkin.

Tapi, saya tidak merekomendasikannya karena cara tersebut tergolong tidak aman dan membuat accountkamu berpotensi kena suspend dengan mudah oleh pihak Facebook.

Ingat, kita hanyalah pengguna yang menggunakan platform orang lain untuk bisa saling terhubung. Kita hanya penumpang yang memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah orang lain, maka sangat penting untuk patuh pada aturan yang berlaku di tempat tersebut.

Percaya saja, mereka yang menggunakan cara-cara yang “nakal” tidak banyak yang bertahan lama. Bahkan umumnya akun mereka sangat berisiko dibanned.

Apalagi pihak facebook sendiri selalu meungupdate kebijakan dan algoritmanya, sehingga hal-hal yang dianggap dapat mengganggu penggunanya akan dibersihkan hingga ke akar-akarnya. Hehehe

Semoga Bermanfaat

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here