7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna internet. Namun mungkin kamu masih bertanya bagaimana sih cara membangun bisnis online yang baik?

Ya, setiap orang tentunya mendambakan kesuksesan, tak terkecuali kesuksesan di dalam bisnis online.

Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang terjun di dalam bisnis online tidak menghasilkan apa-apa sehingga banyak yang akhirnya “MunTaBer” alias Mundur Tanpa Berita. Hehe..

Oleh karena itu, sangat penting sekali kamu pahami mengenai cara membangun bisnis online yang benar, agar kamu tidak menjadi bagian dari mereka yang Muntaber tadi.

Tapi sebelum lebih jauh kita membahasnya, terlebih dahulu kita bahas sedikit beberapa hal mendasar berikut ini..

Apa Itu Bisnis Online

cara membangun bisnis online pemula

Sederhananya, yang dimaksud dengan Bisnis Online adalah segala aktivitas bisnis yang dilakukan secara online, mulai dari pemasaran, hingga transaksi yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media perantaranya.

Bisnis online sendiri terdiri dari 2 kata yaitu Bisnis dan Online. dimana makna dari setiap kata adalah:

  • Bisnis, yaitu usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang ataupun perorangan( individual), untuk memperoleh keuntungan dengan cara memproduksi produk atau jasa untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan konsumen.
  • Online, kata online ini mempunyai penafsiran sebagai suatu aktivitas yang tersambung melalui jaringan komputer yang bisa diakses lewat jaringan komputer yang lain.

Bagi saya pribadi, bisnis online tak ubahnya seperti kita berbisnis konvensional pada umumnya seperti punya toko, kios, atau outlet, namun di dalam bisnis online kantor atau toko kamu berada di internet, dan Toko di Internet adalah berupa website. (Baca: Apa Itu Website?)

Keuntungan Bisnis Online

cara membangun bisnis online pemula 2

Saya yakin dan percaya bahwa kamu sudah mengerti seberapa besar potensi bisnis online dan seberapa menggiurkan hasilnya, namun perlu juga kamu ingat bahwa tantangan yang akan kamu hadapi dalam prosesnya pun tidak semudah yang dibayangkan.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh jika menekuni bisnis online, yaitu:

  • Menghemat dana operasional seperti sewa tempat, gaji karyawan, dsb
  • Bisa jual produk apa saja, bahkan Batu Kali pun bisa dijual
  • Market atau pangsa pasar lebih luas, kamu bisa menjangkau market lokal hingga market luar negeri.
  • Konsumen bisa mengakses produk atau jasa kamu kapan saja dan di mana saja, 24 jam 7 hari dalam seminggu.
  • Bahkan dengan teknologi website yang professional, bisnis online kamu bisa berjalan otomatis meski tanpa kehadiran kamu.
  • Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya

Akan tetapi, bisnis online juga memiliki tantangan yang mau tidak mau harus kamu hadapi jika sudah serius mau menjalankan bisnis kamu di Internet, diantaranya, seperti:

  • Kamu harus punya Soft dan Hard Skill yang mendukung aktivitas bisnis online kamu, seperti membuat website, copywriting, customer relationship, advertising seperti Facebook ads dan Google Ads, SEO, dan banyak lagi.
  • Tentunya kamu perlu tambahan modal untuk gadget (HP), PC/Laptop dan software pendukung lainnya, jika sebelumnya kamu belum punya. Tapi kalau sudah ada, maka itu lebih baik.
  • Resiko penipuan online. Bukan hanya pembeli yang sering menjadi korban penipuan, sekarang penjual online pun sering kena tipu. Ada yang kirim Screen Shot pembayaran palsu lah, ada yang menggunakan nama dan rekening kita untuk dipakai menipu orang lain lah, dan banyak lagi.

Terkait poin pertama, kamu bisa meningkatkan skill-skill tersebut dengan banyak mengikuti training, seminar atau workshop bahkan kelas-kelas online.

Misalnya membuat website, kamu bisa belajar di eCourse saya. Kamu bisa melihatnya di halaman ini < (klik). Atau bisa membaca tutorial-tutorial tentang website yang sudah saya tulis di Blog ini.

Tapi sebagai pengusaha, tentu jauh lebih baik jika fokus pada bisnis kamu saja dan tidak terlalu menghabiskan waktu pada hal-hal teknis seperti yang saya sebutkan di atas.

Karena, pekerjaan seperti membuat copywriting, advertising, dan SEO bisa kamu serahkan ke pihak ketiga. Sama juga jika mau membuat website, kamu bisa serahkan pengerjaannya kepada pihak lain atau bisa menghubungi saya. Hehehe…

Kecuali jika budget kamu masih terbatas untuk menggunakan jasa orang lain, maka sudah sepatutnya kamu menguasai hal-hal yang sudah saya sebutkan di atas.

Cara Membangun Bisnis Online untuk Pemula

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman sekitar 10 Tahunan di Bisnis Online, serta banyak bergaul dengan para pebisnis online yang lebih sukses, saya akhirnya menyimpulkan bahwa ada 7 cara yang patut dilalui oleh para pemula jika mau berhasil membangun Bisnis Online.

Apa saja?

Kita bahas aja satu-satu ya…

1. Punya Mindset yang Benar

cara membangun bisnis online pemula 3

Pola pikir lebih sering disebut orang dengan ‘Mindset’. Ini nih yang paling penting dan paling utama yang harus kita bangun. Karena inilah yang menjadi pijakan buat kita untuk bergerak melakukan sesuatu.

Umumnya kita tergerak melakukan sesuatu setelah menerima informasi dari luar.

Celakanya dalam bisnis online, belum tentu semua informasi yg masuk itu benar. Jika info tersebut salah, maka secara otomatis Mindset kita akan terbentuk dengan pola yang salah pula. Dan secara otomatis, kita akan menjalankan bisnis online dengan cara yang tidak tepat pula.

Sejak awal, di manapun dan kapan pun saya bertemu orang, jika ditanya bagaimana sih om memulai bisnis online itu? Jawaban saya selalu sama yaitu mulailah dengan Mindset yang benar.

Orang yg sudah tersetting dg pola pikir yg salah sejak dulu, maka tindakan yang dilakukannya mengikuti pola yg salah.

Misalnya, kamu merasa tidak memiliki kelebihan apa-apa, merasa miskin dari lahir dan merasa sudah ditakdirkan seperti itu, selalu merasa sulit, merasa hutang tidak bisa lunas, merasa gaptek, serta banyak lagi pikiran negatif lainnya.

Jika pola pikir itu terus dipelihara, maka selamanya kehidupan kamu akan susah, tidak ada solusi. Keberhasilan yg diidamkan tidak pernah terwujud.

Kenapa bisa demikian? Itulah dahsyatnya pola pikir yang kita bentuk..!

Kalau mau dipelajari, sebenarnya otak kita mengikuti apa yang kita gambarkan di kepala.

Jika gambaran settingan di otak kita adalah hal-hal yang susah, tidak punya kelebihan apa-apa, merasa miskin selamanya, pasrah pada keadaan, merasa gaptek terus, berpikir saya tidak mungkin bisa seperti dia, saya orang kecil, dsb, maka wujud kehidupan kita akan persis seperti gambar di settingan otak kita.

2. Memilih Sumber Penghasilan di Internet

cara membangun bisnis online pemula 4

Jika mindset kamu sudah siap, selanjutnya kamu bisa mulai mengidentifikasi dan merencanakan bisnis online seperti apa yang akan kamu tekuni.   

Ada banyak model bisnis di internet. Jika memang sebelumnya kamu belum ada usaha lain, maka cara terbaik dan saran terbaik dari saya adalah pilihlah peluang bisnis online yang sesuai dengan jiwa, hobi, minat, kesukaan, keahlian, cita-cita, atau latar belakang kamu.

Secara umum, sumber penghasilan di internet ada 2 sumber, yaitu dengan menjual produk/jasa sendiri atau dengan menjual dan memasarkan produk/jasa orang lain.

Produk sendiri bisa berupa produk fisik, seperti baju, sepatu, kaca mata, dan lain sebagainya. Bisa juga produk digital seperti Ebook, Video, desain, dll.

Selain produk, jika kamu punya keahlian tertentu, kamu bisa menjual keahlian tersebut dan menawarkannya ke orang lain, seperti jasa pembuatan website, jasa wedding organizer, jasa translate, jasa desain logo, dan lain sebagainya. 

Menjual atau memasarkan produk orang lain di internet dikenal dengan istilah Reseller, Dropshiper dan Affiliate Marketing. Masing-masing punya defenisi masing-masing.

Baca di sini: Affiliate Marketing; Menghasilkan Uang dengan Cara Paling Mudah

Jika kamu sudah memilih dan menentukan ingin menekuni produk sendiri atau produk orang lain, maka lanjutkan dengan melakukan Riset Produk dan Risat Pasar.

Riset bisnis bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar produk kamu.

Untuk melakukan riset market di internet, kamu bisa menggunakan beberapa Tools baik yang Gratis maupun yang berbayar.

Riset pasar di Internet umumnya adalah dengan melakukan riset keyword atau melakukan riset tentang apa saja kata kunci yang dicari orang di internet berkenaan dengan produk/jasa yang kamu tawarkan.

Dengan melakukan riset, kamu bisa memahami berapa volume atau market size dari produk kamu, di mana saja target market kamu berada, dan apa saja yang sering mereka ketikan di Search Engine seperti Google.

Secara teknis mengenai riset tentunya akan Panjang pembahasannya, maka dari itu di sini belum dapat saya jelaskan.

3. Action, Action dan Action

cara membangun bisnis online pemula 5

Setelah kamu menentukan model bisnis online seperti apa yang akan kamu tekuni, dan sudah tahu pangsa pasarnya setelah melakukan riset, maka Langkah selanjutnya adalah ACTION!

Lakukan persiapan aksi kerja untuk mulai menjalankan bisnis online kamu.

Cara membangun bisnis online kamu selanjutnya adalah Kamu bisa memulainya dengan membuat Akun Sosial Media yang khusus dibuat untuk bisa menjangkau Target Market kamu. Bisa di Facebook, Instagram, Twitter, dll.

Bahkan kamu bisa saja memulainya hanya dengan bermodalkan Akun Social Chat seperti WA, Line atau Telegram jika memang kemampuan kamu hanya bisa kamu mulai dari situ.

Selanjutnya, secara bertahap kamu bisa Belajar dan membuat Blog atau website gratisan. Website adalah aset yang harus kamu bangun dari sekarang, baik jika kamu mau menjual produk sendiri, maupun menjual produk orang lain.

Baca: Cara Membuat Website Gratis di WordPress, Blogger & Wix

Namun jika kamu belum siap membuat website maupun blog sendiri, maka langkah tercepat adalah dengan memanfaatkan link affiliate atau link reseller.

Untuk kasus ini hanya bisa dilakukan jika kamu menjual produk orang lain (yang punya program affiliate/resellernya).

Atau bisa juga dengan memanfaatkan Fasilitas dan Fitur yang disediakan oleh beberapa social media.

Facebook misalnya, ada fasilitas membuat Album foto, bahkan sudah ada Marketplace untuk berjualan, itu bisa kamu manfaatkan untuk membuat katalog online kamu.

4. Membangun Aset Digital

cara membangun bisnis online pemula 6

Membangun aset digital adalah salah satu cara membangun bisnis online yang tepat. dan Aset Digital yang paling berharga menurut saya adalah Website atau Blog.

Namun, Untuk mengonline-kan Website kamu, dan bisa diakses oleh semua orang di seluruh dunia maka kamu butuh domain dan hosting.

Domain adalah alamat website kamu, misal ombaldan.id, sementara hosting adalah ruangan yang menjadi tempat menyimpan file-file website kamu.  

Baca: Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Namun jika kamu hanya membuat Blog gratisan, maka tidak perlu mengeluarkan dan untuk membeli domain dan hosting lagi, karena langsung bisa online secara gratis.

Tapi, menjadikan website sebagai asset digital juga tidak mudah. Ada beberapa poin yang harus kamu pastikan sebelumnya untuk menilai sebuah website akan menjadi asset digital jangka Panjang.

Agar website kamu bisa Jadi Aset Digital, perhatikan ketentuan berikut:

  • Authority Tinggi, Agar website kamu bisa menjadi aset digital, pastikan kamu isi kontennya betul- betul fokus serta bermutu dengan tema ataupun bidang yang dipilih sampai publik telah tahu serta percaya terhadap apa yang dipublikasikan web tersebut.
  • Kelola Website Kamu dengan Baik, Agar website kamu dapat menjadi aset digital yang bernilai tinggi, maka kamu wajib mengelola dan merawatnya dengan baik. Sehingga website kamu bernilai di mata pembaca.
  • Konten yang Berkualitas, Menampilkan website kamu dengan konten yang disusun dengan tulisan dan gambar yang menarik dapat menjadikan website kamu sebagai web yang berkualitas di mata pembaca.
  • Memiliki Traffic yang Besar, Traffic merupakan penentu utama, sebagus apapun website kamu bila tidak memiliki traffic, ibarat membangun toko besar dan lengkap yang terdapat di tengah hutan, tidak ada orang yang tahu selain kamu sendiri.
  • Nominal Konversi yang Dapat Dihitung dengan Angka, dalam artian bahwa berapa estimasi nilai duit yang berputar dalam web kamu, mulai dari hitungan per hari, seminggu, sebulan ataupun per tahun.

Website yang bisa menjadi aset digital kamu adalah yang nilainya jelas serta dapat diukur, baik dari sisi kualitas, utilitas, serta angka yang dapat dihasilkan.

5. Beritahu Target Market Kalau Kamu Ada

cara membangun bisnis online pemula 7

Agar bisa mendatangkan pengunjung, kamu harus memberitahukan ke orang lain yang menjadi target market kamu agar mereka tahu produk atau penawaran kamu.

Minimal mereka sudah tahu alamat website kamu, sehingga ketika mereka membutuhkan informasi yang berkenaan dengan produk atau bisnis kamu, mereka bisa langsung membacanya di website kamu.

Proses memberitahu orang lain tentang produk atau jasa kamu di Internet, bisa saya namakan sebagai Internet Marketing.

Untuk menjangkau market, kamu bisa lakukan pemasaran dengan cara iklan berbayar, bisa juga dengan iklan gratis.

Yang berbayar bisa kamu maksimalkan di FB Ads atau Google Adword, yang Gratis bisa kamu gunakan layanan Iklan Baris Gratis, Status Facebook, FansPage, Instagram, dll.  

Kamu bisa belajar Facebook Ads di sini

Oh ya, selain pemasaran secara online, dan meski bisnis kamu jalankan secara online, namun pormosi secara offline juga perlu dilakukan karena bisa jadi ada market yang belum aktif sebagai pengguna internet. Mungkin, mereka membuka internet seperlunya saja.

Nah, dengan pemasaran offline, orang yg tadinya jarang membuka internet bisa lebih sering membuka internet setelah membaca iklan kamu di media offline.

Contoh Media marketing secara Offline di antaranya bisa menggunakan Flyer, Brosur, Kartu Nama yang berisi Alamat Website dan Akun Sosial Media Bisnis kamu.

6. Otomatisasi Bisnis 

cara membangun bisnis online pemula 8

Coba deh bayangkan bagaimana jika kamu mengendarai Mobil dengan system transmisi AutoMatic, atau bayangkan bagaimana sebuah pesawat bisa Terbang dengan system autopilot. Enak pastinya ya.

Lalu bagaimana jika Bisnis Online kamu berjalan otomatis?

Maukah kamu punya Bisnis yg bisa melayani prospek/pelanggan selama 24 jam non-stop? Bisnis tersebut bisa berjalan otomatis meski kamu tinggalkan seharian jalan-jalan bersama keluarga. Tentu kamu menjawab mau!!!

Jika mau, maka cara membangun bisnis online otomatis adalah gunakanlah mesin Autoresponder.

Autoresponder adalah sebuah mesin follow up otomatis yg bisa mengirim email marketing kamu secara otomatis. Meski jumlah prospek dan pelanggan kamu ada ribuan orang, maka mesin ini akan terus bekerja selama 24 jam sehari sesuai jadwal yang kamu kehendaki.

Hebatnya lagi, mesin ini bisa melakukan pendekatan pribadi ke prospek kamu sehingga lama kelamaan mereka akan menjadi pelanggan.

Meski email yang dikirimkan ke ratusan prospek secara bersamaan di waktu yang sama dalam sehari, akan tetapi email itu akan bersifat pribadi karena menyapa prospek dengan menyebutkan namanya masing-masing.

Jadi calon pelanggan atau konsumen kamu seolah sedang dilayani secara pribadi, padahal email follow up tersebut terkirim ke ratusan atau ribuan orang secara otomatis.

Bisa jadi ketika email dikirim oleh mesin autoresponder, kamu sedang berada di luar kota, sementara prospek menerima email tersebut seolah saat itu kamu sedang mengirimkannya.

Mesin inilah yang menjadi rahasia dapur para internet marketer dan pebisnis online yang menjawab misteri tentang mengapa pebisnis online bisa membangun data audiens hingga ratusan ribu data.

Mesin ini jualah yg merupakan rahasia mengapa ada sebagian pebisnis online bisa meraih omset jutaan rupiah per hari, sementara pebisnis online yang tidak memakainya harus mengeluarkan budget lebih untuk mendapatkan nominal income yang sama.

Kamu bisa menyewa layanan email marketing Autoresponder pada salah satunya yaitu, Mailchimp, Getresponse, dan lain sebagainya. Namun, jika kamu baru memulai, saya sarankan gunakan Autoresponder Gratisan dulu.

Salah satu Provider email marketing Gratisan yang sering saya gunakan adalah SendFox. Meskipun gratis, sudah cukup bisa memenuhi kebutuhan List Building dan email Marketing kamu di awal. Coba aja !

Untuk Penyedia Autoresponder Lokal, kamu bisa coba di MTarget.co, KirimEmail, dan Mailketing.

7. Sediakan Modal Bisnis Online Kamu

cara membangun bisnis online pemula 9

Banyak yang sering bertanya, butuh modal gak untuk berbisnis online? dan berapa sebenarnya modal minimal yang diperlukan untuk memulai bisnis online?

Ya, yang namanya bisnis pasti perlu modal. Begitu juga dengan bisnis online.

Namun kamu yang bermodal pas-pasan juga tidak perlu khawatir.  Modal yg dibutuhkan untuk bisnis online sangat-sangat jauh lebih kecil dibanding modal bisnis konvensional atau offline.

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa kamu bisa memulai bisnis online kamu menggunakan Social Chat (WA, LINE, Telegram) atau Social Media (FB, IG, PINTEREST, Twitter), di mana kesemua itu adalah GRATIS..TIS..TIS..

Nantinya setelah bisnis kamu sudah mulai berjalan, cashflow sudah oke, kamu sudah harus mempertimbangkan untuk membuat Website atau Blog sendiri.

Untuk membangun itu, Modal utama yang diperlukan adalah Biaya Internet, Pulsa, hingga blog, website, domain, dan hosting.

Alamat domain perlu kamu sewa juga, karena setiap website punya identitas sendiri yang bernama domain. Dan itulah yang membedakan antara website yang satu dengan yang lain.

Sewa nama domain sendiri paling harganya juga berkisar Rp. 100.000-Rp. 200.000,- an per tahun.

Sewa Hosting harganya bervariasi. Tergantung kapasitas file website kamu dan seberapa banyak pengunjung kamu kelak.

Analogi sederhananya, jika pengunjung toko kamu ramai dan barang yang kamu jual juga semakin banyak dan bervariasi, maka di saat itulah kamu butuh ruang yang lebih luas agar bisa melayani pelanggan lebih maksimal.

Begitu juga dengan website kamu. Jika file kamu banyak dan pengunjung ramai, maka kamu butuh sewa space hosting yg memadai untuk melayani pengunjung.

Untuk pemula, kamu bisa coba sewa hosting yang harganya berkisar Rp. 400.000,- an per tahun.

Jika target pasar kamu orang Indonesia, maka saran saya sewalah hosting yg pusat servernya di Indonesia. Jika target pasar kamu Internasional, maka sewalah hosting yg pusat servernya dekat dari Negara market kamu berada. Biasanya perusahaan hosting menyediakan 2 macam server terebut

Kalo ditotal, Biaya awal minimal yang kamu butuhkan agar bisa berbisnis online adalah Rp. 1,000.000,-.  Yaa, kurang lebih lah segitu.

Murah sekali bukan? Apalagi modal tersebut kamu butuhkan hanya setahun sekali.

Adakah bisnis offline dg modal semurah ini dengan potensi pelanggan tak terbatas??? Saya sendiri belum pernah menemukannya, selain Bisnis Online.

Nah, Jika nanti website kamu sudah jadi, maka kamu tinggal pilih mau iklan gratis atau berbayar. Jadi modal yang kamu investasikan per bulan sangatlah kecil termasuk dengan adanya iklan sekalipun.

Sedangkan peluang penghasilan kamu dari bisnis online sangatlah tidak terbatas….!

Ya, Berapa bayangan penghasilan yang kamu harapkan dari bisnis online?? Jutaan? Puluhan Juta atau Ratusan juta? Tinggal kamu rencanakan saja dari sekarang.

Asal kamu tahu saja, banyak orang Indonesia yang kaya raya dan sukses usahanya karena kekuatan online.

Ebook Bisnis Online PDF

ebook bisnis online pdf

Penjelasan Panjang mengenai 7 cara membangun bisnis online di atas sebenarnya sudah pernah saya tuangkan ke dalam ebook bisnis online untuk pemula yang dapat kamu download dan simpan di HP atau Komputer kamu.

Dan setelah saya pelajari dari berbagai profil pebisnis online sukses, kebanyakan dari mereka melakukan cara yg hampir sama seperti yang Saya jelaskan dalam ebook singkat ini. Hanya teknik dan redaksinya saja yg berbeda.

Kamu bisa mendownloadnya di sini

Kesimpulan

cara membangun bisnis online pemula 10

Itulah 7 cara membangun bisnis online dari Nol untuk pemula dari saya. Selanjutnya, semua kembali pada diri kamu.

Bisnis online tak ubahnya seperti pekerjaan atau bisnis yang lain. Mengerjakannya membutuhkan komitmen dari kamu sendiri, fokus, disiplin, semangat dan konsisten.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat untuk kamu dan siapa saja yang telah membacanya. Dan jika sekiranya ini bermanfaat, maka kamu boleh memberitahu teman dan kerabat kamu yang juga membutuhkan informasi seperti ini.

Kamu boleh print lalu perbanyak dan berikan ke teman kamu. Bisa juga memberitahu mereka bahwa tips seperti bisa ditemukan di Blog Om Baldan atau memberikan Link artikel ini langsung.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

7 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol untuk Pemula, Lengkap Ebook PDF

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis online. Apalagi di era digital ini serta dengan semakin meningkatnya pengguna...

Bisnis Multi Level Marketing, Pantaskah Ditekuni?

Kalau boleh jujur, saya juga sebenarnya pernah menekuni bisnis Multi Level Marketing mulai dari sejak masih kuliah hingga setelah menikah dan dari...

Pentingnya Website untuk Bisnis Kamu, Ini 9 Alasannya!

Saat ini website sudah merupakan konsumsi publik tiap hari untuk berbagai macam keperluan dengan semakin meluasnya pengguna internet di Indonesia. Kamu selaku...

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Wajib Kamu Tahu

Tulisan kali ini Om Baldan akan membahas topik mengenai apa sih perbedaan penjualan dan pemasaran? Karena, banyak yang sebenarnya nggak benar-benar tahu...

Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Bagi kamu yang punya usaha jasa pembuatan website, web design seperti saya ataupun yang sedang dan sudah pernah belajar mengenai jaringan pasti...

18 Cara Meningkatkan Penjualan Online, Mudah Kamu Lakukan

Memperoleh Omset dan keuntungan yang besar adalah impian setiap pelaku bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun besar. Agar bisa memenuhinya, maka dituntut...

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Peran tim atau sumber daya manusia merupakan hal utama ketika kita membangun bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa menjalankannya dengan baik,...

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here