Cara Hapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara

Jika kamu merasa jenuh dan perlu beristirahat dari media sosial seperti Instagram, kamu bisa menghapusnya kok, baik secara permanen atau sementara. Artikel kali ini saya berbagi tips mengenai cara hapus akun Instagram. Baca sampai selesai ya.

Pada dasarnya, kamu bisa menghapus akun Instagram melalui PC/laptop serta smartphone dengan mudah. Namun, menghapus akun Instagram tidak bisa dilakukan lewat aplikasinya.

Buat kamu yang ingin tahu cara menghapus akun Instagram, simak penjelasan saya berikut ini:

Cara Hapus Akun Instagram Permanen Melalui PC/Laptop dan HP

Cara Hapus Akun Instagram Permanen Melalui Laptop dan HP

Jika kamu merasa Instagram semakin membosankan, maka tidak ada salahnya menghapus akun secara permanen. Cara menghapusnya pun tidak terlalu sulit, tetapi kamu tetap mengikuti beberapa langkahnya.

Ada dua metode yang bisa kamu gunakan untuk menghapus akun Instagram secara permanen, yaitu lewat PC/laptop dan HP.

Cara Hapus Akun Instagram di PC/Laptop

Jika ingin menghapus akun Instagram via PC/laptop, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini:

Cara Hapus Akun Instagram di PC Laptop
  1. Pertama, kamu bisa buka situs https://help.instagram.com/ untuk memulai hapus akun Instagram.
  2. Lalu, pilih menu “Mengelola Akun Anda” untuk proses berikutnya.
  3. Selanjutnya, pilih “Hapus Akun Anda” dan kamu akan diarahkan ke bagian pilihan deactive Instagram.
  4. Nantinya, ada dua pilihan yang tersedia, kamu hanya perlu memilih “Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?”.
  5. Jika sudah diklik, kamu bisa memilih bagian “Halaman Menghapus Akun Anda”. Kemudian, pilih satu alasan mengapa kamu ingin menghapusnya.
  6. Pada tahap terakhir, kamu harus memasukkan password akun Instagram untuk menghapusnya secara permanen. Caranya, klik “Permanently Delete My Account”.

Setelah itu, kamu sudah berhasil menghapus akun Instagram secara permanen. Sebelum menghapus akun Instagram secara permanen, sebaiknya kamu pikirkan terlebih dahulu. Sebab, jika sudah kamu hapus, maka kamu tidak akan bisa menggunakannya lagi.

Cara Hapus Akun Instagram di HP

Setelah mengetahui cara menghapus akun Instagram di PC/laptop, maka kamu juga bisa menggunakan smartphone. Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal mengikuti petunjuknya di bawah ini.

  1. Cara hapus akun Instagram di aplikasi adalah masuk ke profil kamu. Lalu, pilih ikon tiga garis di bagian kanan atas dan pilih saja menu “Settings”.
  2. Setelah itu, kamu bisa memilih menu “Help” dan “Help Centre”.
  3. Kemudian, kamu akan diarahkan ke website help.instagram.com. Dalam situs tersebut, kamu bisa memilih “Mengelola Akun Anda”.
  4. Selanjutnya, pilih menu “Hapus Akun Anda” untuk menghapus akun Instagram secara permanen di smartphone.
  5. Lalu, pilih bar “Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya” dan opsi “Halaman Menghapus Akun Anda”.

Nantinya, kamu hanya perlu memilih satu alasan mengapa ingin menghapus akun Instagram. Pada langkah terakhir, kamu bisa memasukkan kata sandinya dan pilih “Hapus Akun Saya Secara Permanen”.

Cara Hapus Akun Instagram Sementara dari PC/Laptop dan HP

Cara Hapus Akun Instagram Sementara dari Laptop dan HP

Jika kamu hanya ingin beristirahat dari media sosial, maka bisa menghapus akun Instagram untuk sementara. Setelah sudah cukup beristirahat, kamu bisa mengaktifkannya kembali.

Saat menghapus akun Instagram secara sementara, maka profil, komentar, likes, dan foto kamu akan disembunyikan hingga login kembali. Untuk mengetahui caranya, kamu bisa mengikuti langkah ini:

  1. Masuk ke situs Instagram.com dari PC/laptop dan smartphone. Sebagai informasi, kamu hanya bisa menonaktifkan akun Instagram melalui website dan tidak bisa dilakukan di aplikasi.
  2. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman profil Instagram. Kemudian, kamu bisa pilih “Edit Profile” dan scroll sampai bawah.
  3. Pada bagian kanan paling bawah, nantinya ada pilihan “Temporarily Disable My Account” atau “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”.
  4. Setelah itu, kamu hanya perlu memilih satu alasan mengapa ingin menonaktifkan akun Instagram.
  5. Masukkan kembali kata sandi akun Instagram kamu. Lalu, klik pilihan “Temporarily Disable Account”.

Setelah berhasil, akun Instagram kamu akan disembunyikan hingga diaktifkan kembali. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu memasukkan username dan kata sandi yang digunakan.

Cara Hapus Akun Instagram yang Lupa Kata Sandi

Cara Hapus Akun Instagram yang Lupa Kata Sandi

Buat kamu yang ingin menghapus akun Instagram tetapi lupa password, maka masih ada cara yang bisa dilakukan. Cara ini juga bisa dilakukan oleh kamu yang sering mengganti password akun Instagram.

Sebelumnya, kamu harus melakukan reset kata sandi yang ingin dipakai. Kemudian, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Berikut ini adalah cara menghapus akun Instagram yang lupa password dan email:

  1. Buka situs Instagram.com melalui browser di PC/laptop dan smartphone kamu.
  2. Klik bagian “Forgot Password” untuk masuk ke halaman selanjutnya dan pilihan menghapus akun Instagram.
  3. Kamu bisa memasukkan email, username, atau nomor handphone untuk mengikuti petunjuk berikutnya.
  4. Nantinya, pihak Instagram akan mengirimkan email untuk melakukan reset password. Kamu hanya perlu membuka link tersebut di email.
  5. Ikuti langkah berikutnya untuk melewati proses tersebut.

Setelah menyelesaikan langkah di atas, kamu sudah bisa menghapus akun Instagram lewat website atau aplikasi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi jika lupa password.

Alasan Mengapa Banyak Orang Mulai Tinggalkan Instagram

Alasan Mengapa Banyak Orang Mulai Tinggalkan Instagram

Pada 2016 lalu, perusahaan keamanan cyber Kaspersky Lab melakukan penelitian di 12 negara. Penelitian tersebut terkait dengan alasan mengapa banyak orang mulai meninggalkan media sosial, salah satunya adalah Instagram.

Alasannya adalah media sosial dianggap membuang-buang waktu saja. Dilansir dari KompasTekno, Kaspersky Lab melakukan survei online terhadap 4.831 responden. Kemudian, survei tersebut disebarkan melalui promosi berbayar di Facebook dan Twitter. Berikut ini adalah alasannya:

1. Media Sosial Hanya Membuang Waktu

Sebanyak 39& responden menganggap, bahwa mereka hanya membuang waktunya di media sosial. Hampir 78% responden menyatakan, kalau mereka sudah mempertimbangkannya secara matang untuk meninggalkan media sosial.

2. Tidak Ingin Aktivitasnya Dipantau

Lalu, 30% responden menyatakan, bahwa mereka tidak ingin aktivitasnya dipantau oleh perusahaan teknologi. Seperti yang kita ketahui, sebagian besar data pribadi pengguna media sosial dibagikan ke media sosial, seperti nomor handphone, email, dan lainnya.

3. Akun Media Sosial Diretas

5% persen responden mengatakan, bahwa alasan mereka meninggalkan media sosial adalah karena akunnya telah diretas oleh pihak tak bertanggung jawab.

4. Mengalami Tindakan Bullying

Selanjutnya, 4% responden meninggalkan media sosial karena lelah dengan netizen yang selalu mem-bully mereka. Seperti yang diketahui, kebanyakan orang menggunakan media sosial untuk berkomentar negatif.

62% responden menyatakan, bahwa mereka akan kehilangan komunikasi dengan teman-temannya jika meninggalkan media sosial. Lalu, 21% responden tidak merasa khawatir dengan teman-temannya, namun lebih takut meninggalkan kenangan seperti foto dan video yang sudah diunggah sebelumnya.

Baca Juga:

Kesimpulan

Sebagai media sosial paling populer, Instagram memang menawarkan berbagai keunggulan dibanding platform lainnya. Tapi. jika suatu ketika kamu merasa bosan dan perlu beristirahat, maka tidak ada salahnya untuk menghapus Instagram kamu.

Itulah cara hapus akun Instagramyang bisa kamu lakukan lewat PC/laptop dan smartphone. Kamu bisa menghapus akun Instagram secara permanen dan sementara. Namun, pastikan kamu sudah memikirkannya terlebih dahulu sebelum menghapusnya.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here