Bisnis Kursus Online; Modal Kecil, Menjanjikan, dan Banyak Dicari

Di era digital yang berkembang semakin pesat saat ini peluang bisnis online semakin terbuka lebar. Salah satu bisnis yang menjanjikan dengan modal yang tidak terlalu besar adalah bisnis kursus online.

Bisnis ini terlihat sederhana tapi tahukah kamu bisnis ini hasilnya sangat menjanjikan dan mudah untuk dijalani. Bahkan bisnis kursus online tanpa modal pun bisa kamu jalankan asal mempunyai skill atau keahlian dalam menjalankannya.

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis ini dan bagaimana cara menjalankannya? Simak penjelasan lengkapnya hanya di sini.

Jenis Kursus Online yang Paling Banyak Dicari

Jenis Kursus Online yang Paling Banyak Dicari

Sebelum memulai bisnis ini tentu saja kamu perlu menentukan jenis kursus online apa yang ingin kamu buka. Beberapa jenis kursus online yang paling banyak dicari diantaranya:

1. Kursus Menulis

Jenis kursus yang paling banyak dicari adalah kursus menulis. Kamu yang mempunyai pengetahuan mengenai penulisan bisa memulai usaha kursus online.

Setiap orang memang bisa menulis, namun tidak semuanya bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas. Kamu bisa membuka kursus bagaimana menulis yang benar untuk berbagai jenis tulisan.

Saat ini banyak orang yang mencari kursus menulis secara online untuk menunjang pekerjaan atau menambah skill yang dimiliki.

2. Kursus Bahasa Asing

Jenis kursus online yang paling banyak dicari selanjutnya adalah kursus bahasa asing.

Globalisasi membuat orang harus bisa menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris. kamu yang mempunyai kemampuan dalam berbahasa asing bisa memanfaatkannya dengan membuka kursus online ini.

Para peminat kursus bahasa asing secara online ini biasanya para pebisnis dan para mahasiswa yang ingin meningkatkan skor TOEFL nya.

Bisnis kursus online bahasa asing ini merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan karena banyak yang membutuhkan.

3. Kursus Pajak dan Pembuatan Laporan Keuangan

Kursus pajak dan pembuatan laporan keuangan menjadi salah satu kursus yang paling banyak dicari terutama oleh para pebisnis dan pelaku usaha kecil.

Perkembangan pajak di Indonesia yang semakin pesat membuat semua orang harus paham mengenainya.

Oleh karena hal inilah banyak orang yang mencari kursus pajak secara online. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulai usaha bisnis kursus online pajak.

4. Kursus Coding

Jenis kursus lainnya yang paling banyak dicari adalah kursus coding. Coding menjadi salah satu materi yang paling banyak dicari secara online.

Kamu yang memiliki keahlian dalam coding bisa memanfaatkannya untuk membuka kursus online. Para peminat kursus coding ini didominasi oleh para fresh graduate yang ingin mengembangkan skill nya.

5. Kursus Desain Grafis

Keahlian dalam hal desain grafis  juga banyak diminati saat ini. Desain grafis menjadi salah satu keahlian yang menunjang banyak pekerjaan. Oleh karena hal inilah banyak orang yang ingin mempelajarinya secara online.

Peluang kursus online desain grafis ini sangat besar. Untuk kamu yang mempunyai keahlian ini bisa memanfaatkannya dengan memberikan kursus secara online.

Harga kursus online desain grafis juga tidak murah, jadi keuntungan yang kamu dapatkan bisa besar.

Persiapan Memulai Bisnis Kursus Online

Persiapan Memulai Bisnis Kursus Online

Cara membuka usaha kursus online yang paling utama harus dilakukan terlebih dahulu adalah melakukan persiapan. Persiapan yang perlu kamu lakukan yaitu:

1. Menyiapkan Diri dan Team

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis ini adalah menyiapkan diri dan tim kamu. Bisnis ini bisa dijalankan sendiri maupun dalam bentuk tim. Hal ini tergantung dari kursus online apa yang ingin kamu buka.

Pertama yang perlu kamu siapkan adalah bisnis plan atau rencana bisnis. Isi dari bisnis plan ini mencakup jenis kursus yang akan dibuka, target pasar, dan semua hal yang berhubungan dengan bisnis ini.

2. Merancang Materi dan Metode Penyampaiannya

Setelah persiapan diri dan tim selesai, kamu juga perlu merancang materi dan metode penyampaiannya. Materi yang akan kamu berikan harus terkonsep dengan baik dan didapatkan dari sumber yang terpercaya.

Tidak cukup hanya materi saja, kamu juga harus menyiapkan metode atau cara penyampaian materi tersebut. Ada banyak cara yang bisa digunakan salah satunya yaitu dengan menggunakan modul.

Modul pembelajaran yang kamu buat juga harus mempunyai ciri khusus dan berbeda dengan modul pada umumnya. Hal ini sangat penting dilakukan agar calon costumer kamu tertarik untuk mengikuti kursus online yang kamu buka.

3. Membuat Website untuk Marketing

Persiapan terakhir yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis ini adalah membuat website. Tentu saja karena bisnis ini dijalankan secara online maka kamu membutuhkan website untuk memulainya.

Dalam pembuatan website kamu bisa melakukannya sendiri atau menyewa jasa pembuatan website. Ada banyak cara membuat website yang mudah dan bisa kamu  pelajari sendiri.

4. Alternatif Lebih Mudah: Gunakan Platform Kursus Online

Bisnis kursus online juga bisa dilakukan tanpa menggunakan website sendiri. kamu juga bisa menjual kursus online melalui platform yang sudah ada.

Platform ini memberikan ruang untuk siapapun yang ingin memulai bisnis kursus secara online. Beberapa platform yang bisa kamu gunakan seperti skill academy, udemy, dan sejenisnya.

Melalui platform ini kamu bisa menjual kemampuan atau skill yang kamu miliki dalam bentuk kursus online. Tentu saja jika kamu menggunakan platform ini modal yang diperlukan akan jauh lebih sedikit.

Cara Menjalankan Bisnis Kursus Online

Cara Menjalankan Bisnis Kursus Online

Setelah persiapan dilakukan yang perlu kamu lakukan adalah mulai menjalankan bisnis ini. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan bisnis ini yaitu:

1. Melakukan Promosi Secara Online

Langkah awal dalam menjalankan bisnis adalah melakukan promosi. Hal inilah yang perlu kamu lakukan untuk menjalankan bisnis kursus online.

Kamu bisa melakukan promosi atau iklan melalui media sosial. Agar lebih meyakinkan dan banyak diminati kamu perlu membuat akun sosial media khusus untuk kursus online kamu.

Saat melakukan promosi, sebaiknya menyebutkan kursus apa saja yang bisa kamu layani dan kelebihan dari kursus online kamu. Tidak hanya melalui media sosial saja, kamu juga bisa menawarkan kepada teman, saudara, dan kerabat.

2. Update Materi dengan Perkembangan Terbaru

Keuntungan bisnis kursus online memang menjanjikan jika kamu bisa menjalaninya dengan benar. Agar keuntungan yang kamu dapatkan besar, kamu harus selalu update materi agar sesuai dengan perkembangan terbaru.

Kualitas pelayanan dan materi yang diberikan harus kamu perhatikan. Dalam bisnis ini yang kamu jual bukanlah barang melainkan ilmu.

Penting sekali untuk menjaga kualitas dan up date terbaru dari ilmu yang kamu ajarkan.

Kamu juga harus memastikan materi dan video pembelajaran yang kamu buat juga menarik. Banyak orang mau membayar mahal untuk kursus jika materi yang diberikan berbobot dan bisa mendatangkan manfaat.

3. Lakukan Inovasi Agar Terlihat Berbeda

Inovasi sangat penting dalam menjalankan bisnis ini. Buatlah inovasi yang bisa membuat bisnis kursus kamu semakin maju dan terlihat berbeda dibandingkan bisnis sejenis.

Bisnis kursus online ini tentu sudah banyak bukan? Carilah hal unik yang bisa membedakan kursus online kamu dengan yang lainnya. Misalnya saja materi yang diberikan, cara penyampaian, atau harga.

Keunikan ini akan menjadi ciri khas dari bisnis kamu sehingga orang lebih mudah mengenalinya. Dengan adanya inovasi bisnis kamu juga bisa semakin berkembang menjadi lebih baik.

Modal yang Diperlukan Untuk Memulai Bisnis Kursus Online

Modal yang Diperlukan Untuk Memulai Bisnis Kursus Online

Bisnis kursus online rumahan ini memang terlihat mudah untuk dijalankan. Modal yang diperlukan juga tidaklah besar. Bahkan kamu bisa menjalankan bisnis ini tanpa mengeluarkan modal awal.

Baca Juga:

Modal utama yang perlu kamu siapkan tentu saja skill dan pengetahuan mengenai materi yang akan kamu berikan. Tentu saja modal ini gratis karena ada pada diri kamu sendiri.

Untuk operasional kamu membutuhkan laptop dan kamera untuk membuat video pembelajaran. Spesifikasi laptop yang dibutuhkan juga tidak perlu terlalu tinggi. Perkiraan untuk membeli dua alat ini adalah 5 sampai dengan 7 juta rupiah.

Dengan modal yang kurang dari 10 juta kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Untuk lebih hemat jika kamu sudah mempunyai laptop maka tidak perlu lagi membeli yang baru. Kamera untuk membuat video pembelajaran juga bisa menggunakan kamera handphone kamu.

Operasional lainnya yang perlu kamu persiapkan adalah biaya untuk pembuatan website dan video pembelajaran. Biaya ini diperlukan jika kamu menggunakan pihak ketiga untuk pembuatan website dan video pembelajaran. Modal lainnya yang perlu kamu siapkan adalah biaya internet.

Perkiraan modal untuk mengawali bisnis ini adalah 5 sampai dengan 8 juta rupiah. Dengan modal yang kurang dari 10 juta kamu sudah bisa membuka bisnis ini.

Cukup menarik bukan bisnis kursus online ini? Kamu bisa memulainya dengan membuat website sendiri maupun dengan platform yang sudah ada.

Bisnis ini kemungkinan akan semakin meningkat ke depannya, dengan semakin majunya internet.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here