Bisnis Jasa Penulisan Artikel: Ubah Hobi Jadi Ladang Uang

Di era ini, bisnis jasa penulisan artikel bisa disebut sebagai bisnis yang “seksi”. Meski pelaku bisnis ini sudah banyak, kamu tetap memiliki peluang untuk bersaing dengan mereka.

Kamu hanya perlu menawarkan konten-konten yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan market.

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap pebisnis mengharapkan website-nya masuk di halaman pertama mesin pencari. Bagaimana cara mewujudkannya? Salah satu elemen paling pentingnya adalah konten yang berkualitas.

Dalam hal ini, keahlianmu dalam menulis pun bisa dijadikan aset yang menjanjikan untuk berbisnis.

Lalu, sudah siapkah kamu untuk terjun ke bisnis penulisan konten ini?

Kalau kamu masih ragu, pembahasan ini mungkin bisa menguatkan kamu sebelum benar-benar berkecimpung di dunia penulisan artikel.

Berikut ini saya paparkan beberapa alasan mengapa jasa penulisan artikel adalah bisnis yang sangat potensial.

Alasan Membuka Jasa Penulisan Artikel

Alasan Membuka Jasa Penulisan Artikel

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuka bisnis adalah yakin. Kalau sudah yakin dengan bisnis yang akan ditekuni, kamu pun akan lebih mudah untuk mengembangkannya.

Lalu, kenapa kamu harus membuka usaha jasa penulisan artikel?

1. Konten Artikel Dibutuhkan oleh Semua Pelaku Bisnis

Selama teknologi online tidak mati, akan selalu ada orang-orang yang membutuhkan jasa ini. Asal kamu tahu, hampir semua pelaku bisnis di dunia online membutuhkan artikel. Artikel yang berkualitas adalah kunci untuk mendongkrak bisnis.

Karena pasar akan selalu ada, peluang kamu untuk terus berkembang pun semakin besar.

Pada awalnya, kamu mungkin hanya menjalankan bisnis online ini sebagai bisnis perorangan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa bisnismu pun akan berkembang semakin besar.

2. Sebagai Sarana untuk Membangun Branding

Mengapa pelaku usaha membutuhkan artikel yang berkualitas? Jawaban dari pertanyaan ini mungkin bisa banyak. Namun, satu hal yang pasti adalah artikel yang bagus dijadikan sebagai salah satu cara perusahaan untuk membangun branding.

Dalam dunia penulisan artikel, ada banyak sekali jenis artikel yang bisa dibuat. Pebisnis bisa membangun branding dengan mengunggah artikel-artikel edukasi.

Lalu, untuk promosi, mereka bisa melakukan soft selling dengan memesan artikel-artikel copywriting dengan bahasa promosi yang lebih kreatif dan tidak terkesan memaksa.

3. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Artikel yang berkualitas juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Dengan menargetkan kata kunci tertentu untuk masuk ke halaman pertama mesin pencari, pengunjung yang masuk ke halaman web kamu pun akan lebih banyak.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, kamu tentu sudah semakin yakin untuk terjun di bisnis online ini, bukan?

Yuk pelajari step by step untuk mengembangkan bisnis penulisan artikel.

Tahapan Membuka Bisnis Jasa Penulisan Artikel secara Online

Membuka Bisnis Jasa Penulisan Artikel secara Online

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis penulisan artikel pun butuh tahapan-tahapan tertentu sebelum menjadi besar.

Kamu mungkin bisa memulai karir menjadi penulis artikel online. Setelah cukup paham dunia penulisan website, kamu bisa mulai membangun bisnis kamu sendiri.

Berikut tahapan-tahapan yang perlu kamu siapkan sebelum membuka jasa penulisan artikel.  

1. Bangun Personal Branding, Kumpulkan Portofolio

Personal branding adalah hal penting yang harus kamu bangun dari sekarang. Klien yang menggunakan jasa penulisan artikel online pasti menginginkan penyedia jasa yang profesional. Jika kamu tidak terlihat meyakinkan, klien pasti akan mundur perlahan.

Cara meyakinkan klien bukan dengan kata-kata, tetapi fakta. Kumpulkan portofolio tulisan kamu. Kemudian, presentasikan portofolio tersebut kepada klien untuk membuktikan bahwa kamu adalah orang yang berpengalaman di bidang ini.

Jadi, tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan portofolio. kamu bisa mulai mengumpulkan portofolio dengan menulis berbagai jenis artikel. Buat artikel sebagus mungkin agar klien percaya dengan kemampuan kamu.

2. Pelajari dan Selalu Update Tentang SEO, Asah Terus Skill Menulis Artikel Website

Selain belajar menulis, kamu juga perlu skill lainnya, yakni SEO. Artikel dan SEO bagaikan dua sisi mata uang. Keduanya seakan-akan tidak terkait. Namun, kenyataannya, artikel dan teknik SEO tidak bisa dipisahkan.

Artikel yang bagus memang menjadi kunci utama untuk membangun website. Namun, jika artikel tidak dioptimasi dengan teknik SEO, artikel yang bagus pun akan susah masuk ke halaman pertama Google.

Jadi, jangan hanya fokus pada pengembangan skill penulisan, ya. Kamu juga perlu belajar lebih banyak tentang SEO dan selalu update dengan aturan terbaru.

3. Buat Website Sendiri, Targetkan untuk Masuk Halaman Pertama

Jika kamu sudah yakin untuk menekuni bisnis yang lebih profesional, mulailah untuk membangun blog atau website.

Membangun website adalah langkah tepat untuk scale up bisnis penulisan artikel. Bisnis yang awalnya personal kini berkembang menjadi sebuah brand. kamu tidak lagi bergerak atas nama diri sendiri, tetapi atas nama brand yang kamu bangun.

Ketika sudah sampai pada keputusan ini, kamu tak boleh bersantai-santai. Kalau ingin cuan berdatangan, kamu harus membangun web dengan serius. Targetkan website kamu agar bisa masuk ke halaman pertama Google.

Hal ini mungkin tidak mudah, terutama untuk kamu yang masih pemula. Tetapkan keyakinan hati, kamu. Jangan menyerah sampai target kamu tercapai.  

4. Buat Paket Produk Layanan yang Saling Menguntungkan

Sambil membangun website, kamu juga perlu melakukan riset pasar. kamu perlu meneliti tren artikel apa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh pelanggan. Berapa kira-kira pasaran harga jasa penulisan artikel.

Semakin detail riset yang kamu lakukan, kamu akan bisa membuat paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Karena pelaku bisnis ini cukup banyak, kamu juga perlu meriset apa kelebihan jasa penulisan artikel kamu jika dibandingkan dengan jasa lainnya. Tidak perlu menjatuhkan yang lain, kamu hanya perlu menjelaskan nilai lebih kamu.

5. Kerja Sama dengan Brand yang Terpercaya

Setelah cukup yakin dengan website dan portofolio kamu, jangan menunggu pelanggan datang. kamu bisa menjadi orang yang menjemput pelanggan.

Kamu bisa bekerja sama dengan brand-brand terpercaya untuk menawarkan layanan kamu.

Nantinya, pebisnis yang memakai jasa kamu bisa dicantumkan di website sebagai portofolio. Ini juga akan memberikan keuntungan sendiri bagi kamu, yakni jasa kamu terlihat lebih berpengalaman.

Baca juga:

6. Lakukan Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset

Bagaimana agar pelanggan bisa terus datang? kamu juga perlu melakukan berbagai macam strategi digital marketing.

Sama seperti jenis usaha lainnya, promosi adalah bagian penting agar perusahaan kamu bisa tetap hidup.

Karena kamu bergelut di bidang online, pemasaran yang dilakukan pun harus disesuaikan dengan dunia digital. Pelajari lagi bagaimana caranya melakukan strategi digital marketing.

Untuk bisa meraih kesuksesan dalam bisnis, kamu mungkin harus melewati banyak tahapan. Belum lagi ujian-ujian yang harus dihadapi sebelum menuju ke tingkatan selanjutnya. Butuh tekad kuat untuk menjadi sukses.

Oleh karena itu, dalam membangun bisnis jasa penulisan artikel, jangan mudah menyerah atau cepat puas dengan proses yang kamu jalani saat ini, ya. Agar bisnis tetap maju, kamu harus terus belajar.

Saya siap menemani kamu untuk terus belajar dan sukses bersama-sama.

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Saya seorang Ayah dari 3 Anak dan Suami dari Seorang Istri yang Penuh Cinta. Profesi saya sebagai Fulltime Internet Marketer dan Onlinepreneur yang juga masih terus belajar.

Tulisan Terbaru

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here