Aplikasi Jenius; Cara Mudah dan Aman untuk Menabung dan Investasi

Akhirnya saya ada kesempatan lagi buat nulis di blog ombaldan.id ini. Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang pengalaman saya menggunakan Aplikasi Jenius dari Bank BTPN. Sebuah aplikasi yang bagi saya sangat powerfull dalam menunjang berbagai kebutuhan saya sehari-hari.

Oh ya perlu saya luruskan dulu nih, kalau tulisan ini saya buat atas dasar kemauan sendiri, tidak dibayar oleh empunya Aplikasi. Murni hanya ingin berbagi informasi saja, siapa tahu bermanfaat buat kamu sob.

Ok, jujur saja sudah sejak 1,5 Tahun lalu saya pengen banget punya aplikasi jenius dari BTPN ini. Hanya saja karena waktu itu proses verifikasinya khususnya di Kota Makassar masih mengharuskan kita ke Cabang Bank BTPN, akhirnya mengurungkan niat (baca: malas) saya untuk mengurusnya.

Tapi, alhamdulillah 2 Bulan yang lalu saya coba kembali ternyata sudah lebih mudah karena verifikasinya sudah bisa melalui Video Call. Dan tidak butuh waktu 1 Hari, akun saya sudah aktif.

Saya kurang tahu persis rilis pertama kalinya kapan, namun aplikasi ini seingat saya sudah mulai banyak yang gunakan sejak Tahun 2016. Terutama oleh teman-teman saya yang berprofesi sebagai Internet Marketer atau Blogger.

Baik kita mulai saja….

Apa Itu Jenius

Aplikasi Jenius BPTN; Menabung, Transaksi dan Berinvestasi Hanya dari Genggaman

Aplikasi Jenius adalah sebuah aplikasi yang merupakan salah satu produk dari bank BTPN yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga, kita tidak perlu khawatir dalam penggunaanya.

Sebagaimana aplikasi perbankan lainnya, Aplikasi ini juga membantu kita melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan. Semua dilakukan dari satu tempat, yaitu smartphone. Aplikasinya sendiri tersedia di Playstore (Android) dan App Store.

Manfaat dan Fitur Jenius

FItur aplikasi jenius om baldan

Menurut pengalaman saya, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Aplikasi Jenius dari bank BTPN ini yang tidak banyak dimiliki oleh Aplikasi Perbankan lainnya. Seperti…

1. Buka Rekening Tidak Perlu ke Bank

Jenius sangatlah berbeda dari bank pada umumnya karena semua aktivitas perbankan dibuat lebih mudah tanpa harus pergi ke bank atau mengantri panjang. Untuk membuka rekening, kamu tidak harus ke Bank BTPN. Semua bisa kamu buat, lihat, tata, dan atur langsung dari dalam smartphone kamu.

2. Satu Rekening untuk Berbagai Transaksi

Dalam aplikasi Jenius ini terbagi menjadi 3 Fitur utama, yaitu Saldo Aktif, Kartu, dan Save It.

Saldo Aktif

Saldo Aktif ini boleh saya bilang sebagai Saldo utama dan pusat penyaluran berbagai transaksi, dari mulai menerima uang yang masuk baik ditransfer maupun setoran tunai, bisa juga buat transfer, dan juga dapat digunakan untuk transaksi offline ataupun online.

Saldo Aktif ini nantinya akan terhubung dengan kartu debit utama (Kartu ATM), dimana kita bisa bertransaksi keuangan seperti pada umumnya baik offline maupun online selama ada saldonya.

Kalau gak ada saldonya, ya mending kartunya jadiin Gantungan kunci sob…Haha

Nah, dari Saldo Aktif inilah biasanya saya akan bagi peruntukannya ke fitur-fitur lainnya, seperti ke Card, Save It, dan Lainnya.

Kartu Jenius

Perlu kamu tahu sob, bahwa nantinya setelah kita mendaftar atau membuka rekening di Jenius kita akan dikirimkan kartu ATM. Kalau di Jenius namanya m-card. Kartu itu nantinya akan dikirim ke alamat yang sudah kamu masukkan saat pendaftaran, jadi pastikan alamat yang Kamu masukkan benar.

Selain kartu utama tersebut kita juga mendapat e-card sebagai kartu debit Virtual yang hanya bisa kamu lihat di dalam Aplikasi. Selain itu, kamu juga boleh mengajukan kartu debit tambahan untuk x-Card.

Seperti saya, saya punya 3 Kartu sekaligus. 1 Sebagai Kartu Utama yang sangat jarang saya gunakan. 2 Kartu x-Card Lainnya saya gunakan untuk kebutuhan belanja Online dan Transaksi di merchant-merchant luar negeri, seperti bayar Hosting, Domain, dan sebagainya. Mau beriklan di Facebook, Instagram, dan Google tidak perlu pakai kartu kredit lagi. Cukup pakai Jenius.

kartu jenius om baldan

Selain itu, salah satu x-Card ini saya gunakan untuk membatasi anggaran entertain saya. Seperti nongkrong di Café atau traktir teman. Jujur saja, saya termasuk boros ketika sudah di luar rumah hahaha…

Kartu-kartu ini berlogo visa, jadi bisa digunakan sebagai pengganti kartu kredit. Bahkan beberapa teman punya pengalaman ternyata bisa juga digunakan di luar negeri, baik penarikan di ATM maupun di Mesin EDC.

Tapi intinya adalah secara umum Kartu-kartu ini cocok digunakan untuk mengatur keuangan dengan memberikan pos-pos anggaran agar bisa diawasi sehingga dananya tidak keluar dari yang sudah direncanakan.

Oh ya, tambahan lagi sedikit…

Kartu debit tambahan itu kan bisa kita request sampai maksimal 3. Jadi, misalnya kamu punya pembantu atau anak. Maka kartu ini bisa kamu kasih satu ke mereka dan kita atur limit-nya.

Atau, kamu lagi malas keluar rumah buat narik duit. Gampang banget, kamu topup saja salah satu x-Card kamu sesuai jumlah yang pengen kamu tarik. Lalu minta tolong sama teman kamu buat bantu ambilkan di ATM. enak kan?

Selain itu, kalau kamu mau blokir kartu kamu apakah karena hilang atau dicuri, kamu gak perlu lagi repot-repot telpon bank buat bantu Blokir. Kita bisa blokir sendiri lewat aplikasi kok.

Save it

Fitur ini sangat berguna banget buat saya terutama sob. Gini, Fitur save it ini adalah fitur murni tabungan dan sangat bermanfaat untuk perencanaan keuangan kita. Ada 3 macam, yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver.

Flexi Saver adalah tabungan yang mirip seperti tabungan pada umumnya. Saya gunakan fitur ini untuk Dana Darurat. Saat mau setor ataupun tarik dana bisa kapan aja tanpa dikenakan biaya apa-apa.

Dream Saver adalah Fitur yang memudahkan kita mengatur perencanaan keuangan untuk mencapai impian tertentu. Seperti tabungan pendidikan anak, Umrah Haji, dan sebagainya. Cuma bedanya, di sini kita bisa atur sendiri berapa setorannya, berapa lama setorannya, dan kapan target waktu tercapainya.

Misalnya: perkiraan Biaya Sekolah Anak 10 Tahun yang akan datang adalah 50juta. Maka pada Fitur Dream Saver ini saya atur target 50juta pada Tahun 2030. Nantinya kita akan diminta masukkan setoran awalnya. Setelah itu akan muncul nilai per bulan yang seharusnya kita setor. Setorannya juga langsung didebet dari Saldo Aktif.

Kalau memang di tengah jalan kita mau tarik dana tersebut karena kebutuhan mendesak, ya tidak apa-apa. Tidak akan dikenakan biaya pinalti. Mau ganti jumlah setorannya, ganti periode setorannya, atau ganti jatuh temponya juga boleh. Pokoknya bebas sob…

Nah Dream Saver ini saya gunakan untuk Tabungan Pendidikan 3 Anak saya, tabungan untuk Hosting dan Domain, Pajak kendaraan.

Cara ini sangat membantu saya yang memang penghasilannya tidak pasti jumlahnya dan waktunya. Jadi saya membiasakan untuk menyicil biaya sehingga nantinya anggaran keuangan yang lain tidak akan terganggu.

Maxi Saver sendiri mirip seperti Tabungan deposito dengan minimal setoran 10 juta. Khusus fitur ini saya sendiri belum pernah pakai. Kalau kamu mau gunakan untuk berinvestasi, ya silahkan sob.

3. Bayar Tagihan Bulanan

Sama seperti fitur aplikasi mobile banking bank lainnya, Aplikasi Jenius bank BTPN juga memiliki fitur untuk membayar tagihan bulanan seperti Kartu Kredit, Listrik, Air, Pulsa & paket data, Tagihan telepon, Transportasi dan TV & Internet. Bahkan mau berdonasi semua bisa dibayar melalui Jenius.

4. Investasi Mata Uang

Yang paling menarik menurut saya dari Jenius adalah, Kita bisa beli dan jual mata uang dunia. Sejauh ini, ada beberapa mata uang dunia yang bisa di transaksikan di Jenius, yaitu: Dollar Amerika (US), Euro (EUR), Poundsterling (GBP), Dolar Hong Kong (HKD), Yen Jepang (JPY), Dolar Singapore (SGD), dan Dolar Australia (AUD).

Hanya saja untuk saya yang jarang ke luar negeri, beli mata uang asing hanya saya jadikan sebagai investasi saja, tapi jika Kamu aktivitas sering ke luar negeri, fitur ini pasti akan bermanfaat sekali untuk switching mata uang dunia ke 7 mata uang diatas tanpa harus ke tempat penukaran uang lagi. Mantep kan?

5. Buka Rekening Bisnis

Jika kamu punya bisnis sendiri dan tidak ingin transaksi tergabung dengan uang pribadi, kamu bisa coba akun bisnis Jenius. Untuk membuka rekening bisnis di Jenius sangat mudah, kamu cukup aktifkan saja fiturnya yang terdapat di sebelah Akun Pribadi kamu.

Saat kamu mengaktifkan akun rekening bisnis, kamu akan punya nomor rekening dan $Cashtag baru lagi atas nama kamu sendiri sesuai dengan akun personal.

Fitur Lainnya

Selain di Fitur yang telah disebutkan di atas, masih ada fitur lain yang juga bermanfaat seperti:

  • Fitur Send It, yaitu mengirim uang ke rekening bank apapun secara gratis (jatah gratis tiap bulan sekitar 25 kali).
  • Flexi Cash, kita juga bisa mengajukan pinjaman jenius untuk keperluan darurat dengan produk ini. Dengan Flexi Cash, kita bisa menarik kapan saja mulai dari Rp 2,5 juta rupiah hingga Rp 50 juta rupiah. Tapi, fitur ini terbatas ke nasabah yang layak saja menurut Jenius.
  • E-Wallet, yaitu fitur terbaru dari Jenius untuk top-up saldo Gojek, T-Cash dan juga Ovo.

Kelebihan Jenius

Keuntungan yang lain memakai Aplkasi jenius dari BTPN ini adalah di antaranya:

  • Bebas biaya admin bulanan: Biasanya bank membebankan biaya admin bulanan, tapi tidak dengan Jenius.
  • Bebas biaya admin transfer dan tarik tunai: Untuk mendapat manfaat ini, seingat saya hanya di 3 bulan pertama (CMIIW). Setelah itu Ada level tertentu yang harus dipenuhi. Seperti ketentuan saldo rata-rata per bulannya.

Yuk Bikin Tabungan Jeniusmu…

Nah sekarang saatnya kamu punya Aplikasi Jenius-mu. Untuk mendaftar di Jenius sangatlah mudah, Kamu bisa langsung mendatangi booth Jenius atau bisa dengan melakukan langkah di bawah ini:

  1. Download dulu aplikasi Jenius di Playstore atau App Store dan masukkan $Cashtag “$ombaldan” di kolom referral tanpa tanda petik.
  2. Siapkan KTP dan NPWP (jika ada) untuk melakukan registrasi;
  3. Isi semua Data yang diperlukan dengan lengkap dan benar sesuai KTP
  4. Lanjutkan proses registrasi dengan menekan tombol Aktifkan pada aplikasi Jenius untuk menghubungi Jenius Crew yang akan membantu aktivasi rekening melalui video call atau meet up;
  5. Setelah rekening Jenius sudah aktif, kamu dapat mengaktifkan kartu debit m-Card atau memesan pembuatan kartu debit x-Card dari dalam aplikasi Jenius.

Baca Juga Sob:

Akhir Kata….

Sebenarnya masih banyak fitur lainnya di Jenius, Kamu bisa lihat sendiri nantinya setelah install. Pelajari satu per satu fiturnya. Yang pastinya, secara pribadi Walaupun bukan sebagai rekening utama saya, Aplikasi Jenius dari bank BTPN ini sangat banyak membantu transaksi finansial dan perencanaan keuangan saya.

Semoga bermanfaat

Mau Belajar Bikin Website Sendiri dan Menghasilkan Uang dari Website Kamu? Sangat Cocok untuk Pemula yang Tidak paham pemrograman dan tidak punya background IT.

KLIK DI SINI UNTUK JOIN

Om Baldanhttps://ombaldan.id
Halo, Saya Om Baldan. Hanya seorang Santri yang terus belajar banyak hal dan berharap keberkahan Ilmu dari Guru-guru saya.

Artikel Terkait

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here