Home » Website » Apa Itu Website? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya
Apa Itu Website? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya

Apa Itu Website? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya

Sebagian besar dari kita setiap hari membuka website di internet. Mulai dari Google, Detik, Wikipedia, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Meskipun mengakses website setiap hari, mungkin masih banyak yang bingung ketika ditanya “apa itu website?”

Masih banyak di antara kita yang belum mengetahui pengertian website dengan jelas. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas semua tentang website, mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga manfaatnya.

Apa Itu Website?

Apa Itu Website

Secara sederhana, website adalah kumpulan halaman web yang berisi tulisan/teks, gambar, video, audio, animasi maupun gabungan semuanya, yang dapat diakses melalui sebuah domain.

Website biasanya dibuat dengan tujuan tertentu di mana setiap halaman web (webpage) di dalamnya saling berhubungan.

Perbedaan Website dan Webpage?

Untuk memahami perbedaan website dan webpage, akan lebih mudah jika kita menganalogikannya dengan buku.

Seperti yang sudah kamu ketahui, buku disusun atas lembaran-lembaran kertas di dalamnya. Setiap halaman buku memiliki isi sendiri yang berbeda dari halaman lainnya, tapi masih berkaitan.

Nah, setiap halaman buku ini sama dengan webpage, yaitu berisi suatu informasi.

Jika berdasarkan analogi ini webpage adalah halaman/lembaran yang ada dalam buku, maka website adalah buku itu sendiri.

Karena website merupakan kumpulan dari webpage (halaman web).

Beberapa poin penting perbedaan webpage dan website:

  • Webpage adalah suatu dokumen yang merupakan bagian dari website, sedangkan website merupakan kumpulan dari banyak webpage.
  • Website merupakan tempat untuk menampilkan konten. Sebaliknya, webpage merupakan konten yang ditampilkan di website.
  • Webpage lebih mudah dan cepat untuk dibuat karena hanya satu halaman, sedangkan website membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dibuat karena berisi banyak webpage.

Fungsi Website

fungsi website

Fungsi website biasanya didasarkan sesuai dengan jenis websitenya. Untuk lebih jelas, bisa simak berikut ini.

1. Media Hiburan

Beberapa website yang berisi humor, cerita, gosip, video, memang dibuat dengan tujuan hiburan. Fungsi website-website ini adalah untuk memberikan konten yang bisa menghibur pengunjungnya.

Youtube bisa dibilang adalah salah satu website dengan sebagai media hiburan yang paling populer saat ini. Kita pastinya sudah mengetahui bahwa konten-konten di youtube memang menjadi hiburan yang menarik bagi pengunjungnya.

2. Media Informasi

Salah satu fungsi penting website adalah sebagai media informasi. Banyak sekali website yang dibuat dengan tujuan memberikan informasi yang bermanfaat.

Sudah menjadi kebiasaan bahwa website menjadi sumber informasi atau rujukan banyak orang. Umumnya orang akan mengetikan apapun informasi yang mereka butuhkan di Google. 

Google kemudian menampilkan semua website yang memiliki informasi relevan sesuai dengan kata kunci yang dicari.

Semua yang ditampilkan Google adalah website, bisa website berita, blog pribadi, perusahaan, maupun sosial media.

3. Media Komunikasi dan Sosial

Kamu mungkin salah satu pengguna aktif media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Sebelum akhirnya menjadi aplikasi, pada awalnya sosial media ini hanyalah sebuah website.

Tujuannya sendiri adalah agar orang lebih mudah berbagai, berkomunikasi, dan berinteraksi.

Social media membuat kita mudah untuk berbagi informasi, foto, video, kegiatan sehari-hari, dan masih banyak lagi.

4. Media Jual Beli

Ini merupakan fungsi dari website eCommerce, yaitu sebagai media jual beli. Website eCommerce membuat orang menjadi lebih mudah untuk berbelanja.

Jika dulu ketika ingin membeli sesuatu kita harus datang langsung ke tokonya. Website membuat kamu bisa membeli sesuatu tanpa keluar rumah. Hanya butuh smartphone dan internet untuk melakukan transaksi.

5. Media Belajar

Fungsi ini hampir mirip dengan media informasi. Namun, media belajar lebih spesifik ke pendidikan.

Website yang menyediakan informasi pendidikan dan kursus online masuk ke dalam fungsi ini. Contohnya adalah Ruangguru, Quipper, Zenius, dan lain-lain.

Jenis-jenis Website

jenis jenis website

Website terus berkembang dari waktu ke waktu. Saat ini ada miliaran website yang bisa kamu temukan di internet.

Secara umum, situs web yang ada di internet terbagi menjadi beberapa jenis.

Berikut ini jenis website paling populer yang ada saat ini.

1. Website eCommerce

Website eCommerce adalah situs di mana kamu bisa membeli sebuah produk atau jasa. Situs web eCommerce umumnya dikenal juga sebagai marketplace.

Situs yang isinya berupa produk-produk, ada keranjang belanja, dan kamu bisa melakukan transaksi maka itu sudah cukup untuk disebut sebagai website eCommerce.

Jika kamu berencana membuat sebuah website untuk menjual produk di internet dalam skala besar, maka jenis website ini yang harus dipelajari.

Baca Juga Sob:  10 Website yang Bisa Menghasilkan Uang Secara Online

Contoh website eCommerce:

  • Tokopedia.com
  • Bukalapak.com
  • Lazada.co.id
  • OLX.co.id
  • Shopee.co.id
  • Blibli.com

Perlu diketahui, bahwa website eCommerce berbeda dengan website bisnis.

2. Website Bisnis

Berbeda dengan website eCommerce, website bisnis lebih berupa situs web perusahaan yang bertujuan untuk mengenalkan produk mereka. Biasanya juga berisi informasi-informasi yang dibutuhkan pelanggan atau calon pelanggan.

Ciri yang paling membedakan adalah website bisnis biasanya tidak menjual produk secara langsung. Website ini biasanya digunakan untuk mendorong orang menghubungi kontak yang tersedia atau mengunjungi lokasi bisnis mereka.

Setiap bisnis wajib memiliki website untuk saat ini. Kebanyakan orang akan mencari info di internet tentang suatu bisnis sebelum melakukan transaksi.

Ketika orang mengetik di Google dan menemukan website perusahaan, itu akan membuat bisnis tampak lebih profesional dan terpercaya.

Jika kamu seorang pebisnis, penting sekali untuk mulai memikirkan penggunaan website bagi bisnis atau perusahaanmu.

Contoh website bisnis:

  • coca-colacompany.com
  • bukupedia.com
  • bro.do/id
  • nestle.com

3. Blog Pribadi

Website jenis ini umumnya berisi tentang berbagai hal yang ditulis dengan sudut pandang pribadi. Bisa juga berisi hal-hal yang sifatnya dokumentasi cerita sehari-hari dari kehidupan seseorang.

Orang umumnya menulis blog sesuai keahlian atau hobi. Misal, kamu hobi jalan-jalan maka bisa membuat blog tentang traveling. Kamu expert dalam hal otomotif, membuat blog tentang otomotif.

Blog bisa menghasilkan uang jika memiliki pengunjung yang banyak. Monetisasi blog yang paling umum adalah menggunakan Google Adsense.

Namun, selain adsense blog juga bisa menghasilkan uang melalui afiliasi atau menjual produk kamu sendiri.

Contoh Blog Pribadi:

  • Sugeng.id
  • Ombaldan.id
  • Agusmulyadi.web.id
  • Sudutpandang.com
  • Anakjajan.com
  • naked-traveler.com

4. Website Hiburan

Website jenis ini dibuat murni dengan tujuan hiburan. Bisa berupa lucu-lucuan, bacaan (komik, novel, cerpen), atau konten hiburan lainnya.

Jika kamu suka melihat konten-konten lucu berupa meme, pasti sudah tidak asing lagi dengan website 1cak.com. 1cak merupakan salah satu contoh website hiburan yang isinya adalah konten-konten lucu.

Website-website hiburan ini bisa menghasilkan uang melalui iklan yang tampil di website mereka. Jarang sekali website hiburan menjual produk atau menawarkan layanan tertentu.

Contoh Website Hiburan:

  • 1cak.com
  • wattpad.com
  • komiku.co.id

5. Website Berita

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan website berita. Website media ini menghadirkan informasi-informasi terbaru dari berbagai hal seperti politik, ekonomi, olahraga, kriminal, dan lain-lain.

Jenis website ini tidak bisa dikelola secara perorangan atau hanya sekelompok kecil orang. Butuh tim yang banyak pastinya. Karena website berita memang harus selalu up to date dengan kejadian yang terjadi hari ini.

Website berita atau news bisa mempublish hingga ratusan berita setiap harinya.

Contoh website berita terpercaya dan paling populer di Indonesia adalah:

  • Detik.com
  • Tribunnews.com
  • Kompas.com
  • Tirto.id
  • Republika.co.id
  • Merdeka.com
  • Cnnindonesia.com
  • Bola.net
  • Bola.com

6. Website Portofolio

Jenis website ini cukup mirip dengan website bisnis. Namun, website portofolio biasanya lebih fokus untuk menampilkan contoh hasil kerja yang pernah dilakukan dari individu maupun perusahaan.

Website ini biasanya berguna untuk meyakinkan calon klien tentang kualitas yang ditawarkan oleh individu atau perusahaan.

Contoh kamu adalah Pengacara. Kamu bisa membuat website portofolio berisi berbagai kasus yang pernah kamu tangani dan menangkan. Website portofolio ini akan membuat calon klien merasa lebih yakin untuk bekerja sama denganmu.

Contoh website portofolio:

  • ximenavengoechea.com
  • kristihines.com
  • redrussak.com
  • callieschweitzer.com
  • sarahadler.me

7. Website Brosur

Hampir mirip dengan website bisnis, karena website brosur juga digunakan oleh perusahaan. Hanya saja website ini biasanya berisi sedikit sekali halaman.

Website brosur biasanya digunakan oleh bisnis kecil yang ingin bisnisnya ada di online. Cuma untuk menunjukan bahwa mereka ada. 

Ciri utama dari website brosur adalah tampilannya jarang sekali diperbarui atau malah tidak pernah diupdate sama sekali sejak dibuat.

Website jenis ini banyak dibuat pada awal-awal kemunculan internet. Setelah internet semakin meluas, bisnis-bisnis semakin menyadari pentingnya website dan mengupgrade website mereka ke website bisnis.

Contoh Website Brosur:

  • warefence.co.uk
  • saturninteriors.co.uk

8. Website Forum

Ngomong-ngomong masalah website forum, pasti yang terlintas di kepala adalah Kaskus. Kaskus merupakan contoh website forum yang sangat sukses dan populer di Indonesia.

Website forum adalah tempat di mana orang dapat berkumpul, ngobrol, berkolaborasi, bahkan melakukan jual beli secara online.

Forum umumnya dibuat berdasarkan minat. Contohnya:

  • Ibuhamil.com – Forum yang membahas seputar kehamilan
  • Ads.id – Forum tentang adsense dan digital marketing
  • Kaskus.co.id – Forum tentang hobi dan komunitas

9. Website Crowdfunding

Internet benar-benar merubah banyak hal, termasuk dalam hal crowdfunding atau penggalangan dana. Jika dulu penggalangan dana harus dilakukan secara manual, di jalan, datang ke rumah-rumah, kini tidak perlu lagi.

Website crowdfunding memudahkan kita untuk melakukan penggalangan dana secara online. Contoh yang paling terkenal di Indonesia adalah Kitabisa.com.

10. Website Media Sharing

Sesuai namanya, website jenis ini digunakan untuk berbagi berbagai media seperti foto, video, dan audio.

Salah satu contoh yang paling populer saat ini adalah Youtube. Youtube merupakan website media sharing dengan konten video.

Website media sharing yang juga banyak ada di internet adalah web stock photo.

Contoh Website Media Sharing:

  • Youtube.com – Video
  • Vimeo.com – Video
  • Metacafe.com – Video
  • Pixabay.com – Foto
  • Unsplash.com – Foto
  • Pexels.com – Foto
Baca Juga Sob:  Cara Membuat Website dengan Wordpress (Tutorial Step by Step)

11. Website Social Media

Favorit banyak orang saat ini, social media. Website jenis ini memang sangat menarik dan tidak jarang bikin kecanduan. Konten-konten di dalamnya membuat kita tertarik untuk terus scrol-scrol.

Media sosial adalah tempat orang berbagi banyak hal foto, video, curhat, cerita, jualan, dan masih banyak lagi.

Social media juga menjadi tempat bagi kita untuk berinteraksi dengan teman, keluarga, rekan kerja, saudara, bahkan dengan orang yang tidak kita kenal.

Contoh Website Social Media:

  • Facebook.com
  • Instagram.com
  • Twitter.com
  • VK.com

Setelah mengetahui 11 jenis website paling populer di internet, ada baiknya kamu juga mengetahui manfaat website.

Manfaat Website untuk Bisnis

manfaat website untuk bisnis

Dewasa ini, memiliki website untuk bisnis sangat penting. Jika kamu seorang pebisnis, ini 10 manfaat website yang akan kamu dapatkan.

1. Bisnis Buka 24 Jam

Mempunyai website akan membuat bisnis kamu bisa ditemukan oleh customer kapanpun dan di manapun. Bahkan di luar jam kerjapun, website tetap bisa mendatangkan pelanggan baru.

Berbeda jika bisnis kamu hanya offline, maka mustahil bisa buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Bisnismu bisa buka 24 jam bahkan pada hari libur dengan adanya website.

Data dari internetlivestats.com, menunjukan bahwa 4,6 milyar orang dari seluruh dunia online setiap hari.

Jika bisnis kamu belum go online, artinya kamu melewatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

2. Membuat Bisnis Lebih Terpercaya

Orang semakin pintar dalam berbelanja. Mereka biasanya melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bertransaksi.

Internet merupakan tempat orang mencari data. Ketika mereka mencari di Internet kemudian bisnis kamu tidak memiliki website, kemungkinan besar orang akan ragu.

“Jika saya sudah punya sosial media untuk bisnis, apakah tetap perlu website?”

Jawabannya adalah tetap perlu. Sebuah website akan meningkatkan kredibilitas perusahaan hingga 80% dibanding hanya menggunakan sosial media.

Tentunya kamu harus memiliki website berbayar dengan domain kamu sendiri, bukan website gratisan.

Agar semakin terlihat profesional, sebaiknya gunakan email dengan domain perusahaan.

3. Hemat Biaya

Kamu bisa memanfaatkan website untuk menjual produk atau jasa langsung ke konsumen. Ini bisa menghemat hingga 50% biaya pemasaran. Karena kamu tidak perlu sewa gedung, membeli peralatan dan membayar karyawan untuk jaga toko.

Biaya operasional dan pemasaran yang semakin hemat ini memungkinkan kamu untuk menurunkan harga produk. Sehingga produknya memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dapat bersaing di pasaran.

4. Membangun hubungan dengan pelanggan

Website dapat digunakan untuk membangun hubungan yang erat dengan pelanggan. Selain menyajikan informasi tentang produk, kamu juga bisa berbagi informasi menarik dengan menyediakan kategori “blog” di website.

Kamu bisa berbagi pemikiran dan info-info terbaru yang penting serta bermanfaat untuk pelanggan. Pancing dan ajak mereka untuk meninggalkan komentar di setiap postingan blog.

Sesekali, ajak pelanggan untuk mengisi survey. Biarkan customer mengungkapkan apa kebutuhan dan harapan mereka terhadap bisnis kamu.

Cara-cara ini akan menimbulkan keterikatan antara customer dan perusahaan. Keuntungannya adalah, pelanggan akan menjadi lebih setia dan enggan beralih ke tempat lain.

5. Ekspansi Pasar

Adanya website bisa membuat kamu mendapatkan pelanggan dari manapun. Siapapun, dari daerah manapun, bisa menemukan bisnismu dengan mudah di internet.

Beda halnya dengan bisnis yang masih offline, maka jangkauannya akan sangat terbatas sekali. Hanya wilayah sekitar tempat bisnis kamu berada.

6. Meningkatkan Branding Perusahaan

Semua pebisnis pasti tahu betapa pentingnya branding. Branding yang kuat akan bisnis melekat di hati dan ingatan masyarakat. Jika brand perusahaan sudah melekat di masyarakat, maka akan lebih mudah untuk menjual produk atau jasa.

Masalahnya, membangun brand atau merek bukanlah perkara mudah. Perlu usaha dan waktu yang lama.

Kini, membangun branding tidak melulu melalui brosur, iklan tv, tapi bisa secara online.

Website dan sosial media sangat ampuh untuk melakukan branding. Website bisa membuat merek kamu lebih cepat dikenal oleh masyarakat. Apalagi saat ini 64% penduduk Indonesia sudah memiliki akses internet.

Sehingga branding melalui website sebaiknya dilakukan oleh setiap bisnis.

7. Mendatangkan Lebih Banyak Pelanggan

Seperti sudah dibahas di poin pertama, orang akan mencari informasi di internet sebelum membeli sesuatu.

Sudah menjadi kebiasaan bahwa ketika mencari produk atau jasa, orang akan mencarinya di Google.

Jika bisnismu tidak muncul di Google, maka kemungkinan besar calon pelanggan akan membeli bukan dari kamu.

Manfaat Website untuk Pribadi

manfaat website untuk pribadi

Tidak hanya untuk bisnis, website juga memiliki manfaat untuk pribadi. Apa saja manfaatnya?

1. Menyalurkan Hobi Menulis

Menulis tidak harus selalu di buku harian. Kini kamu dapat menyalurkan hobi menulis kamu di blog pribadi. 

Jika di buku, maka yang berpeluang membacanya adalah kamu. Namun, menulis di website memungkinkan tulisanmu dibaca oleh siapapun.

Bukan tidak mungkin tulisanmu menarik perhatian seseorang. Bisa jadi akan ada seseorang yang menawarimu untuk menjadi penulis profesional.

Perlu kamu ketahui, seorang Raditya Dika juga awalnya hanya menulis di blog pribadi. Sebelum akhirnya menulis buku hingga main film.

2. Sebagai Portofolio

Portofolio penting sekali, setuju ya?

Di era digital seperti saat ini, membangun portofolio online sangat penting.

Misal, kamu adalah seorang yang expert di bidang copywriting. Kamu bisa membuat website pribadi yang membahas tentang menulis iklan, cara menulis penawaran, tips marketing dan sales, dan semua hal yang berkaitan dengan copywriting.

Baca Juga Sob:  Cara Memindahkan Web dari Localhost ke Hosting Agar Bisa Online

Membahas satu hal spesifik seperti ini bisa menjadi portofolio yang sangat berharga. Setelah membaca tulisan-tulisan di blogmu, orang akan memandang kamu sebagai copywriter expert.

Jika sudah begitu, siap-siap ada perusahaan yang akan menghubungi kamu untuk diajak kerjasama.

3. Menghasilkan Uang

Blog pribadi dapat menjadi sumber pemasukan yang menarik jika diseriusi. Kamu bisa memanfaatkan website pribadi untuk menawarkan jasa atau produk. Cocok untuk kamu yang ingin kerja freelance dan tidak terikat dengan perusahaan.

Jika blog yang kamu kelola memilih pengunjung yang banyak, kamu juga bisa memperoleh uang dengan memasang iklan.

Kriteria Website yang Bagus

kriteria website yang bagus

Sebuah website bisa dikatakan bagus jika memenuhi beberapa kriteria berikut ini.

1. Loading yang Cepat

Salah satu hal paling penting yang harus dimiliki oleh website adalah speed yang cepat. Semua orang tidak suka menunggu, begitu juga ketika membuka sebuah website.

Jika waktu loadingnya lama, kemungkinan besar orang akan kabur dan mencari website lain.

Website yang bagus memiliki waktu load di bawah 3 detik.

Speed website ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti hosting, theme, widgets dan plugin (wordpress), dan ukuran gambar.

Jika kamu saat ini sudah memiliki website, coba cek lagi. Apakah websitemu memiliki waktu load di bawah 3 detik atau tidak?

2. Responsif dan Mobile Friendly

Website responsif artinya tampilan website dapat menyesuaikan ketika diakses dengan perangkat apapun. Baik desktop maupun mobile.

Tampilan website harus tetap bagus dan rapi, terutama ketika diakses dengan perangkat mobile. Karena 80% orang mengakses internet dari smartphone.

Responsif atau tidaknya sebuah website akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung. Website yang susah diakses melalui perangkat mobile kemungkinan besar tidak akan mendapatkan banyak pengunjung.

3. Desain Sederhana

Desain dan tampilan website memang penting. Namun, sebagian besar pengunjung datang bukan untuk menilai desain dari sebuah website.

Orang mengunjungi website karena ingin menemukan apa yang mereka butuhkan; informasi, produk, atau hal lainnya.

Hindari menambahkan desain dan elemen yang tidak penting. Jangan sampai desain website kamu justru membuat pengunjung bingung dan kesulitan menemukan apa yang mereka cari.

Jangan gunakan terlalu banyak warna. Dalam satu halaman sebaiknya tidak lebih dari 5 warna. Lebih baik jika hanya ada 3 warna.

Pastikan tulisan yang ada di website jelas dan dapat dibaca dengan mudah.

4. Konten yang Menarik

Inti dari sebuah website adalah konten. Mungkin kamu pernah mendengar ungkapan “content is king”. Ini memang benar, karena konten memang adalah daya tarik utama dari sebuah website.

Sebagus apapun desainnya, jika konten di dalamnya tidak menarik, maka setelah berkunjung dipastikan orang tidak akan kembali lagi.

Konten yang berkualitas, bermanfaat, dan mampu menjawab kebutuhan pengunjung juga akan sangat bagus untuk SEO.

Pertanyaan Seputar Website

Apa yang saya butuhkan untuk membuat website?

Kamu membutuhkan hosting dan domain jika ingin membuat website menggunakan WordPress. Namun, jika kamu membuat website di Blogger.com, maka hanya butuh domain saja.

Apakah bisa membuat website tanpa coding?

Tentu saja bisa, kamu bisa menggunakan yang namanya CMS. Dengan CMS kamu bisa membuat website dengan mudah, tinggal klik dan install. Nggak perlu bingung masalah coding.

Apa saja langkah-langkah dalam pembuatan website?

Secara umum kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Ini merupakan langkah-langkah pembuatan website menggunakan CMS.

  • Tentukan tujuan pembuatan website
  • Tentukan platform yang akan digunakan
  • Beli domain dan hosting
  • Install WordPress
  • Setting tampilan website
  • Install plugins yang dibutuhkan
  • Selesai

Kamu bisa mulai mempublish konten di websitemu.

Apakah ada platform blog gratis yang bisa digunakan?

Ada. Ada banyak sekali platform blog gratisan yang bisa kamu coba. Berikut beberapa diantaranya:

  • Blogger.com
  • WordPress.com
  • Medium.com
  • Wagomu.id
  • Wix.com
  • Weebly.com
  • Tumblr.com
  • Livejournal.com
  • Webs.com

Kapan sebaiknya bisnis mulai membuat website?

Semakin cepat semakin baik. Idealnya adalah sejak bisnis tersebut diluncurkan. Namun, jika memang tidak sempat, maka sebaiknya setelah bisnis berjalan dan mulai dikenal masyarakat.

Karena ketika bisnis mulai dikenal, secara otomatis akan mulai banyak yang mencari info mengenai bisnis kamu di internet.

Dengan memiliki website, maka ketika ada yang mencari info tentang bisnis kamu, mereka akan mendapatkannya dari sumber yang terpercaya yaitu website kamu sendiri.

Di mana saya bisa belajar membuat website?

  • Gratis. Kamu bisa belajar di Youtube. Bisa juga melalui blog yang membahas masalah pembuatan website.
  • Berbayar. Jika ingin lebih cepat mahir, kamu bisa mengikuti kursus online pembuatan website yang banyak ditawarkan di internet. Salah satunya di sini. Keuntungannya adalah kamu akan dibimbing langsung oleh ahlinya dan bisa bertanya  secara langsung jika ada hal yang tidak kamu mengerti.

Kesimpulan

Keberadaan website sangat penting dan bermanfaat untuk berbagai hal. Kehidupan sehari-hari kita juga tidak pernah lepas dari yang namanya website.

Website dapat menjadi tempat untuk mengembangkan bisnis maupun membuat portofolio pribadi. Website juga dapat menjadi jalan untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Kita sudah membahas lengkap mengenai website, mulai dari apa itu website, jenis, fungsi, hingga manfaatnya untuk bisnis dan pribadi.

Jadi, apakah kamu sudah punya website?

Belajar Website Pemula
Tags:

Tanggapan kamu..